Mengenai Saya

Foto saya
Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Saya berasal dari Singkawang Kalimantan Barat. Saya anak Suku Dayak Salako Garantukng Sakawokng. Saya cinta perdamaian. Saya cinta Indonesia.

Sabtu, 30 Mei 2020

ULANGAN AKHIR SEMESTER GENAP BAHASA INDONESIA KELAS X SMA NEGERI 8 SINGKAWANG GURU HENDRASIUS, S.Pd.


AKCAYA.jpgPEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN BARAT
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 8 SINGKAWANG
TERAKREDITASI “A”
Jalan Pangmilang Kecamatan Selatan Kota Singkawang
Website : www.sma8singkawang@blog.yahoo.com     Email : sma8singkawang@ymail.com Kode Pos : 79163


ULANGAN AKHIR SEMESTER GENAP

Mata Pelajaran           :   BAHASA INDONESIA      
Kelas/Program     :   X/MIA
Tahun Pelajaran   :   2018/2019
Hari, Tanggal       :   ..........
Waktu                  :   07.30 – 09.30 WIB 

Pilihlah jawaban yang tepat!
Teks Negosiasi (Soal No. 1-5)          
1)   Pembeli : “Siang, Mas, di sini jual baju profesi atau anak-anak tidak, Mas?”
2)   Penjual  : “Ada Bu. Ibu mau baju profesi apa, ya?”
3)   Pembeli : “Baju dokter ada, Mas? Untuk anak perempuan usia 8 tahun.””
4)   Penjual : “Ada, untuk baju dokter laki-laki atau perempuan sama saja, Bu, ini harganya 100 ribu.””
5)   Pembeli : “Wah, mahal juga, ya? Tidak 50 ribu saja, Mas? ”
6)   Penjual : “Maaf, belum bisa, Bu, ini bahannya bagus, tebal. Kalau mau 80 ribu, silahkan ambil, bu.””
7)   Pembeli : “75 ribu ya Mas, saya ambil.
8)   Penjual  : “Ya sudah, Silakan, Bu.”
 
 












                                                                                                                                                            
1.         Bagian permintaan dari teks negosiasi di atas ditunjukkan oleh nomor ....
a.    1)
b.    2)
c.    3)
d.    4)
e.    5)

2.         Kalimat nomor 5) merupakan bagian dari teks negosiasi berupa ...
a.    Orientasi
b.    Pemenuhan
c.    Penawaran
d.    Permintaan
e.    Persetujuan

3.         Kalimat yang menunjukkan argumen yang logis pada saat tawar menawar ditunjukkan pada nomor ....
a.    2)
b.    3)
c.    4)
d.    5)
e.    6)

4.         Pasangan tuturan untuk nomor 3) dan 4) adalah .......
a.    Memberi Salam - Menjawab Salam
b.    Meminta - Memenuhi
c.    Menawar - Menolak
d.    Menolak - Permintaan
e.    Tawaran - Meminta

5.         Kalimat persetujuan dalam kutipan teks negosiasi dalam kutipan teks negosiasi tersebut ditunjukkan pada nomor ...
a.    4)
b.    5)
c.    6)
d.    7)
e.    8)

Perhatikan teks berikut!
A: “Bajunya jangan 50 ribu ya Pak 30 ribu saja ya, boleh ya. Saya kan sudah langganan di sini.”
B: “Wah, belum boleh, Bu. Kalau segitu saya tidak dapat untung. Silahkan kalau mau,  40 ribu, Bu. ”

 
 

         





6.         Bagian teks negosiasi di atas merupakan bagian...
a.    Orientasi
b.    Pemenuhan
c.    Penawaran
d.    Permintaan
e.    Persetujuan





7.        
Yth. Kepala SMA Negeri 8 Singkawang
Jln. Pangmilang no. 13
Singkawang
 
 




       Kutipan di atas merupakan bagian Surat Penawaran yaitu...
a.    Alamat surat
b.    Kop surat
c.    Lampiran
d.    Perihal
e.    Salam pembuka

8.         Berikut yang tidak perlu ada dalam surat penawaran, adalah ...
a.    Alamat surat
b.    Kop surat
c.    Pengenalan pengirim surat
d.    Salam pembuka
e.    Salam penutup

9.         Berikut penutup surat penawaran yang tepat, adalah....
a.    Baiklah, kami kira hanya ini yang dapat kami sampaikan semoga pihak sekolah cepat merespon surat ini.
b.    Demikianlah surat dari saya.Terima kasih.
c.    Demikianlah surat ini kami ajukan. Semoga secepatnya terjalin kerjasama. Terima kasih.
d.    Kami berharap, Bapak secepatnya mengajukan surat perjanjian untuk segera kami tanda tangani. Terima kasih.
e.    Sudah dulu, ya sudah ini. Terima kasih atas perhatiannya.

10.    
Bersama surat ini, kami bermaksud menawarkan jasa petugas kebersihan di PT Muda Karya. Adapun rincian pembiayaan dari jasa petugas kebersihan kami lampirkan dalam surat ini.

 
 





Kutipan tersebut merupakan bagian .....
a.    Isi surat
b.    Pembuka surat
c.    Penutup surat
d.    Perihal
e.    Salam penutup




11.     Berikut yang bukan ciri-ciri negosiasi adalah ....
a.    Mencapai kesepakatan yang dapat diterima kedua belah pihak
b.    Menggunakan muslihat untuk memperjuangkan kepentingan nya
c.    Menghasilkan kesepakatan
d.    Sarana untuk mencapai penyelesaian
e.    Tiap pihak memperjuangkan kepentingan masing-masing

12.          Berikut unsur-unsur pembangun teks negosiasi adalah ....
a.    Kepentingan yang sama
b.    Masing-masing pihak mempertahankan kepentingannya
c.    Membandingkan hal-hal yang diperdebatkan dengan yang lain
d.    Partisipan
e.    Tidak ada kesepakatan

13.     Hengki     : "Kalau begitu saya pulang dulu pak."
Bingki      : "Silahkan. Hati-hati di jalan."
       Hengki     : "Selamat siang."      
       Bingki      : "Selamat siang."
          Kutipan tersebut merupakan bagian .....
a.    Orientasi
b.    Penawaran
c.    Pengajuan
d.    Penutup
e.    Persetujuan

14.          Seorang negosiator harus bersikap......
a.    Berani
b.    Ceria
c.    Ramah
d.    Santun
e.    Tenang

15.          Seorang yang pandai berkomunikasi memiliki kriteria .....
a.    Mampu memahami apa dipikirkan lawan bicara
b.    Mampu membujuk lawan bicara dengan tuturan ia
c.    Mampu menanggapi ucapan lawan bicara dengan tenang
d.    Mampu mengubah opini menjadi sebuah fakta.
e.    Mampu menyusun tuturan sesuai isi kepalanya




16.     Anggukan kepala merupakan contoh bahasa ....
a.    Konvensional
b.    Lisan
c.    Non verbal
d.    Tulis
e.    Verbal

17.    
Chandra, Fitri, dan Dedi adalah anggota Karang Taruna Tunas Harapan Bangsa. Pada sore itu, mereka pergi ke rumah Pak Dirman untuk mencari bantuan dana yang akan digunakan untuk membuat seragam karang taruna. Chandra berbicara dengan serius, Fitri tampak diam-diam saja. Pak Dirman juga menanggapi ucapan Chandra dengan dengan kaku. Untuk mendinginkan suasana, Dedi melontarkan kalimat-kalimat lucu tanpa mengurangi maksud negosiasi tersebut.

 
 








          Tindakan yang dilakukan Dedi adalah trik negosiasi .....
a.    Berbicara dengan santun
b.    Melakukan kontak mata
c.    Membuat suasana menjadi santai
d.    Mengambil kesimpulan dengan tepat
e.    Menggunakan kata ganti kami

18.     Informasi pokok dalam kutipan teks negosiasi tersebut adalah ....
a.    Pak Dirman bersenda gurau untuk menginginkan suasana
b.    Penyumbang dana terbaik kepada perwakilan karang taruna
c.    Perwakilan karang taruna bernegosiasi dengan Pak Dirman
d.    Perwakilan karang taruna mendapatkan dana setelah bernegosiasi
e.    Perwakilan karang taruna menyampaikan salam kepada Pak Dirman

19.          Bacalah teks berikut!
Sering kita mendengar adanya penipuan lewat media sosial. Ada juga yang menggunakan untuk promosi prostitusi secara online. Tentu saja hal ini menjadi pro dan kontra. Dalam penggunaan sosial media kita harus mewaspadai konten apa saja yang akan kita unggah di dalam sosial media, agar tidak menimbulkan niat-niat jahat nantinya.
 
 






Mosi yang sesuai untuk kutipan tersebut adalah.....
a.    Harus lebih giat berhati-hati dalam menggunakan media sosial
b.    Media sosial kini sudah tidak terpakai
c.    Media sosial menjadi simbol sosial seseorang
d.    Penipuan bisa terjadi di mana saja
e.    Perkembangan teknologi semakin pesat

20.     Pernyataan sanggahan yang tepat untuk kutipan tersebut adalah .....
a.    Saudara moderator apa yang disampaikan tersebut tidak sesuai dengan kenyataan ini
b.    Saudara moderator kini media sosial bukanlah hal yang asing bagi lagi jadi semua dapat memakainya
c.    Saudara moderator media sosial juga memiliki dampak positif yang banyak
d.    Saudara moderator media sosial memang berpotensi untuk menimbulkan kejahatan tetapi penggunaan tidak akan terkena kejahatan jika menggunakan media sosial dengan bijak
e.    Saudara moderator tidak semua kejahatan berawal dari media sosial

21.     Pernyataan persetujuan untuk kutipan tersebut adalah .....
a.    Saya setuju dengan pernyataan tersebut karena memang demikian yang terjadi
b.    Saya setuju maraknya kejahatan dan penipuan bisa disebabkan oleh media sosial
c.    Saya setuju sebaiknya anak-anak tidak boleh bermain media sosial
d.    Saya setuju sebaiknya kita mengunggah semua kegiatan sehari-hari kita di media sosial agar tidak memancing kejahatan
e.    Saya setuju seharusnya pemerintah menutup semua media sosial dimilikinya keamanan

22.          Bacalah kutipan teks berikut!
          Seni wayang merupakan seni tradisional yang menjadi salah satu ciri kebudayaan yang menjadi salah satu ciri kebudayaan Indonesia. di dalamnya terdapat pelajaran-pelajaran berharga yang berkaitan dengan kehidupan manusia.
         Masyarakat pada umumnya menyukai seni wayang, karena selain menarik dan pada ceritanya juga mengandung nilai hiburan yang tinggi, bahkan di dunia modern saat ini penyajian seni wayang dipadukan dengan gaya dan cengkok seni modern, misalnya tata lampu, tata musik, dan tata suara.
 
        








 Mosi yang tampak dalam kutipan di atas adalah ...
a.    Generasi muda sudah tidak mengenal wayang.
b.    Wayang adalah seni tradisi yang menjadi ciri kebudayaan Indonesia.
c.    Wayang merupakan nilai budaya yang hampir punah.
d.    Wayang mulai hilang dalam budaya masyarakat.
e.    Wayang sudah tidak menarik lagi di kalangan masyarakat.

23.     Pendapat yang kontra dengan mosi pada kutipan di atas adalah.....
a.    Generasi muda tidak perlu mempelajari seni wayang.
b.    Lestarikan seni tradisional sebagai khazanah kebudayaan.
c.    Sebaiknya seni wayang tidak perlu dikembangkan karena tidak sesuai dengan zaman modern.
d.    Seni wayang merupakan seni asing sebaiknya tidak perlu.
e.    Untuk melestarikan seni tradisional sebaiknya semua seni tradisional disatukan.

24.     Bacalah Teks berikut!
          Masa Orientasi Siswa (MOS), Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPRS) atau kini disebut Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah guna menyambut kedatangan siswa baru. Masa orientasi lazim kita jumpai hampir di tiap sekolah, mulai dari tingkat SMP, SMA, hingga perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Semua jenjang pendidikan menggunakan cara tersebut untuk mengendalikan almamater pada siswa barunya.
          MOS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental disiplin dan mempererat tali persaudaraan. MOS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah, baik perkenalan dengan sesama siswa baru, kakak kelas, guru, hingga karyawan di sekolah. MOS dapat digunakan sebagai ajang pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada di lingkungan sekolah.

 
 

         












Mosi debat sesuai teks tersebut adalah ...
a.    Kegiatan MOS adalah kegiatan ini yang umum dilakukan untuk menyambut kedatangan siswa baru.
b.    Kegiatan MOS dilakukan dari jenjang SMP, SMA, hingga perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta.
c.    MOS digunakan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental disiplin dan mempererat tali persaudaraan
d.    MOS digunakan sebagai ajang untuk menunjukkan kekuasaan senior kepada junior.
e.    MOS merupakan sarana pengenalan terhadap lingkungan sekolah yang tidak layak untuk dilaksanakan.

Bacalah teks berikut!(soal no 25-27)
          Di era yang serba modern ini, remaja cenderung lebih menyukai budaya asing daripada budaya Indonesia. Hal ini yang mendorong pemerintah untuk terus memasukkan tema budaya dalam pengajaran sekolah.

 
    




25.     Kalimat yang tepat untuk menanggapi pendapat tersebut adalah ...
a.    Menurut saya, budaya barat memang unik dan menarik.
b.    Menurut saya, budaya kita lebih jauh menarik daripada budaya barat.
c.    Menurut saya, pemerintah sebaiknya membuat event menarik untuk mengenalkan budaya kepada remaja.
d.    Menurut saya, saat ini budaya barat jangan sampai masuk dan ditayangkan di televisi.
e.    Menurut saya, tidak semua remaja menyukai budaya korea selatan.



26.     Bacalah teks berikut ini!
          HP adalah alat untuk mengembangkan pengetahuan para . dengan adanya HP, siswa dapat menggali ilmu sebagai pengganti buku pelajaran. Bahkan, saat ini umumnya siswa menggunakan aplikasi dalam HP untuk membaca buku dan berita dari internet. Selain itu, tampilan smartphone yang canggih dan lebih berwarna membuat para siswa lebih tertarik untuk belajar melalui alat ini daripada buku.

 
 






Mosi untuk argumen tersebut adalah.....
a.    HP saat ini sangat canggih, karena memiliki beberapa fitur yang lebih menarik daripada HP zaman dahulu.
b.    Saat ini siswa lebih senang membaca menggunakan aplikasi di HP daripada membaca buku.
c.    Saat ini buku sudah mandi sudah menjadi barang yang tidak diperbolehkan oleh siswa karena adanya teknologi yang semakin canggih.
d.    Teknologi yang semakin maju membuat para siswa banyak yang memiliki HP berteknologi modern.
e.    HP dengan teknologi modern saat ini lebih banyak dicari oleh para siswa.

27.     Kalimat sanggahan yang tepat untuk teks tersebut adalah...
a.    Buku memang membuat mudah jenuh bagi para siswa.
b.    HP memang menjadi barang yang sudah tidak asing lagi di kalangan siswa.
c.    Membaca buku melalui aplikasi di HP memang menyenangkan.
d.    Meski lebih mengasyikkan, membaca dengan menatap layar HP secara terus menerus akan membuat mata sakit.
e.    Siswa memang harus memiliki HP dengan teknologi canggih agar tidak tertinggal pada masanya.

28.     Paragraf argumentasi adalah...
a.    Paragraf yang digunakan untuk melukiskan atau menggambarkan keadaan suatu hal secara terperinci.
b.    Paragraf yang digunakan untuk memaparkan atau menguraikan suatu gagasan.
c.    Paragraf yang digunakan untuk menceritakan suatu peristiwa secara kronologis.
d.    Paragraf yang digunakan untuk menjelaskan sesuatu agar apa yang dijelaskan itu diikuti oleh orang lain.
e.    Paragraf yang digunakan untuk menyampaikan alasan dalam rangka memperkuat atau menolak suatu pendapat atau gagasan.






29.     Ciri teks biografi menurut tujuannya adalah....
a.    Teks biografi memberikan gambaran kepada pembaca tentang tema dan bobot karya seseorang yang akan dibeli.
b.    Teks biografi memberikan gambaran tentang kehidupan dan riwayat seseorang.
c.    Teks biografi memberikan pengetahuan mengenai kelebihan seseorang penulis dan latar belakangnya
d.    Teks biografi memberikan pengetahuan perjalanan hidup seorang tokoh kepada pembaca dan penulis.
e.    Teks biografi menganalisis dan menerangkan kejadian-kejadian hidup seseorang.

Bacalah teks biografi berikut ini untuk soal no 30-32!

          Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto lahir di Ponorogo pada tanggal 6 Agustus 1882. ayahnya bernama Raden Mas Tjokroamiseno, salah seorang pejabat pemerintahan pada saat itu. kakeknya Raden Mas Adipati Tjokronegoro, pernah juga menjabat sebagai bupati Ponorogo. Tjokroaminoto adalah seorang anak nakal, dan pemberani. Semasa di bangku sekolah, ia sering dikeluarkan dari sekolah satu ke sekolah yang lain. Walaupun demikian, karena kecerdasan otaknya, beliau dapat juga masuk ke sekolah OSVIA di magelang. Pada tahun 1962, ia berhasil menyelesaikan studinya.
       Tjokroaminoto dijodohkan oleh orangtuanya dengan anak Priyayi yaitu Raden Ajeng Soeharsikin putri seorang patih wakil bupati ponorogo bernama Raden Mas Mangoensoemo. namun Tjokroaminoto berselisih dengan mertuanya yang bermula dari perbedaan pandangan diantara keduanya. Tjokroaminoto tidak berhasrat menjadi seorang birokrat, sedangkan mertuanya menginginkan Tjokroaminoto menjadi birokrat.
       Sadar akan kenyataan yang dihadapinya, Tjokroaminoto pun mengambil tindakan nekat. Dia meninggalkan rumah kediaman mertuanya, walaupun istrinya sedang mengadu mengandung anak pertamanya. perbuatan ini menimbulkan kemarahan, bahkan kebencian mertuanya. Mangoensoemo memaksa Soeharsikin untuk bercerai dengan Tjokroaminoto sebab kepergiannya telah mencoreng martabat dan kehormatan keluarganya. Namun, Soeharsikin secara tegas tetap memilih suaminya.
       Pada usia 35 tahun, Tjokroaminoto mencapai puncak kariernya sebagai pemimpin Sarekat Islam selama beberapa periode. Di Surabaya, Tjokroaminoto mulai aktif berorganisasi dan menjadi ketua perkumpulan Panti Harsoyo. Melalui H. Hasan Ali Surati, seorang saudagar kaya dari India yang menjadi ketua Perkumpulan Manikem, Tjokroaminoto diperkenalkan dengan empat pengurus Sarekat Islam yang sedang menjajaki pembukaan cabang di sana. Sejak itulah cokroaminoto menunjukkan ketertarikan nya dan resmi menjadi anggota Serikat Islam untuk kemudian menjadi ketua cabang di Surabaya. Bersama Agus Salim, dan Abdul Muis, Tjokroaminoto bahu-membahu membesarkan Sarekat Islam juga menjadi organisasi pergerakan pertama berskala nasional. Tjokroaminoto, Agus Salim, dan Abdul Muis dikenal sebagai ‘Tiga Serangkai’ pejuang muslim yang amat disegani.

 
      































       Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto lahir di Ponorogo pada tanggal 6 Agustus 1882. ayahnya bernama Raden Mas Tjokroamiseno, salah seorang pejabat pemerintahan pada saat itu. kakeknya Raden Mas Adipati Tjokronegoro, pernah juga menjabat sebagai bupati Ponorogo. Tjokroaminoto adalah seorang anak nakal, dan pemberani. Semasa di bangku sekolah, ia sering dikeluarkan dari sekolah satu ke sekolah yang lain. Walaupun demikian, karena kecerdasan otaknya, beliau dapat juga masuk ke sekolah OSVIA di magelang. Pada tahun 1962, ia berhasil menyelesaikan studinya.
       Tjokroaminoto dijodohkan oleh orangtuanya dengan anak Priyayi yaitu Raden Ajeng Soeharsikin putri seorang patih wakil bupati ponorogo bernama Raden Mas Mangoensoemo. Namun, Tjokroaminoto berselisih dengan mertuanya yang bermula dari perbedaan pandangan diantara keduanya. Tjokroaminoto tidak berhasrat menjadi seorang birokrat, sedangkan mertuanya menginginkan Tjokroaminoto menjadi birokrat.
Sadar akan kenyataan yang dihadapinya, Tjokroaminoto pun mengambil tindakan nekat. Dia meninggalkan rumah kediaman mertuanya, walaupun istrinya sedang mengadu mengandung anak pertamanya. Perbuatan ini menimbulkan kemarahan, bahkan kebencian mertuanya. Mangoensoemo memaksa Soeharsikin untuk bercerai dengan Tjokroaminoto sebab kepergiannya telah mencoreng martabat dan kehormatan keluarganya. Namun, Soeharsikin secara tegas tetap memilih suaminya.
       Pada usia 35 tahun, Tjokroaminoto mencapai puncak kariernya sebagai pemimpin Sarekat Islam selama beberapa periode. Di Surabaya, Tjokroaminoto mulai aktif berorganisasi dan menjadi ketua perkumpulan Panti Harsoyo. Melalui H. Hasan Ali Surati, seorang saudagar kaya dari India yang menjadi ketua Perkumpulan Manikem, Tjokroaminoto diperkenalkan dengan empat pengurus Sarekat Islam yang sedang menjajaki pembukaan cabang di sana. Sejak itulah cokroaminoto menunjukkan ketertarikan nya dan resmi menjadi anggota Serikat Islam untuk kemudian menjadi ketua cabang di Surabaya. Bersama Agus Salim, dan Abdul Muis, Tjokroaminoto bahu-membahu membesarkan Sarekat Islam juga menjadi organisasi pergerakan pertama berskala nasional. Tjokroaminoto, Agus Salim, dan Abdul Muis dikenal sebagai ‘Tiga Serangkai’ pejuang muslim yang amat disegani.

 
           































30.          Aspek menarik dari tokoh  Tjokroaminoto adalah....
a.    Tjokroaminoto anak seorang pejabat pemerintahan.
b.    Tjokroaminoto adalah seorang anak nakal dan pemberani, tetapi cerdas.
c.    Tjokroaminoto menjadi pemimpin Sarekat Islam.
d.    Tjokroaminoto menikah dengan Raden Ajeng Soeharsikin.
e.    Tjokroaminoto mencapai puncak kariernya sebagai pemimpin Sarekat Islam.
                                        








31.     Ide pokok paragraf keempat teks biografi tersebut membahas masalah....
a.    Dia meninggalkan rumah kediaman mertuanya walaupun istrinya sedang mengandung anak pertamanya.
b.    Tjokroaminoto diperkenalkan dengan empat pengurus Sarekat Islam yang sedang menjadi jati pembukaan cabang.
c.    Tjokroaminoto mencapai puncak karirnya sebagai pemimpin Sarekat Islam selama beberapa periode
d.    Tjokroaminoto berselisih dengan mertuanya karena memiliki perbedaan pendapat.
e.    Tjokroaminoto bahu-membahu membesarkan Sarekat Islam bersama Agus Salim, dan Abdul Muis.

32.     Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi teks biografi tersebut adalah ...
a.    Ayahnya bernama Raden Mas Tjokroamisenokro, pernah menjadi Bupati Ponorogo pada saat itu.
b.    Tjokroaminoto berhasil masuk dan menyelesaikan studinya di OSVIA.
c.    Tjokroaminoto mulai aktif berorganisasi dan menjadi ketua perkumpulan Panti Harsoyo.
d.    Tjokroaminoto tidak berhasrat menjadi seorang birokrat.
e.    Tjokroaminoto, Agus Salim, dan Abdul Muis dikenal sebagai Tiga Serangkai.

Bacalah teks biografi berikut (soal no.33-35)
       Tahun 1960-an Pramoedya Ananta Toer ditahan di Pulau Nusa Kambangan dan Pulau Buru tanpa proses peradilan. Selama penahanan di Pulau Buru, Ia dilarang menulis buku.
        Namun, akhirnya bisa menulis kembali setelah memperoleh pena dan kertas. Apalagi ada tahanan lain yang menggantikan pekerjaannya. Selama dalam penjara (1965 - 1979) ia menulis empat rangkaian novel sejarah yang kemudian semakin mengukuhkan reputasinya. Dua di antaranya, Bumi Manusia (1980) dan Anak Semua Bangsa (1980), mendapat perhatian dan kritikan setelah diterbitkan kemudian pemerintah membredelnya.
          Dua volume lainnya dari tetralogi ini, Jejak Langkah dan Rumah Kaca terpaksa dipublikasikan di luar negeri.
          Karya ini menggambarkan secara komprehensif tentang masyarakat Jawa ketika belanda masih memerintah di awal abad 20. Sebagai perbandingan dengan karya awalnya, karya terakhirnya ini ditulis dengan gaya bahasa naratif yang sederhana. Sementara itu, enam buku lainnya disita oleh pemerintah dan hilang untuk selamanya.

 
 























33.     Hal yang istimewa pada diri tokoh Pramoedya Ananta Toer adalah......
a.    Buku-bukunya banyak disita oleh pemerintah Belanda dan hilang untuk selamanya
b.    Dua karyanya mendapat perhatian dan kritikan setelah pemerintah membredelnya.
c.    Gaya bahasa yang digunakan pada karya-karya terakhirnya adalah naratif yang sederhana.
d.    Karya yang ditulisnya menggambarkan masyarakat Jawa ketika Belanda memerintah di awal abad 20.
e.    Saat di penjara, ia tetap menulis dan mampu menghasilkan beberapa karya sastra berbobot.

34.     Masalah yang dihadapi tokoh dalam teks biografi tersebut adalah.......
a.    Dua karya Pramudya yang dipublikasikan di luar negeri hilang
b.    Empat rangkaian novel sejarah karya Pramudya mendapat kritikan.
c.    Pramudya dilarang menuangkan pikirannya dalam tulisan.
d.    Pramudya hanya bercerita tentang masyarakat Jawa di zaman Belanda.
e.    Pramudya kehilangan dua buah novel dan enam buku lainnya.

35.     Hal yang dapat diteladani dari tokoh pramudya adalah .......
a.    Cinta terhadap nusa dan bangsanya meski banyak memiliki kekurangan.
b.    Pantang menyerah untuk menulis meski banyak rintangan.
c.    Patuh kepada pemerintah meski saat itu Belanda sedang berkuasa.
d.    Sayang terhadap anak-anaknya.
e.    Tunduk terhadap hukum yang sedang berlaku saat itu.

36.     Berikut yang tidak perlu ada dalam biografi tokoh adalah....
a.    Karya yang sudah dibuat
b.    Prestasi tokoh
c.    Riwayat hidup istri dan anaknya
d.    Riwayat pekerjaan
e.    Riwayat pendidikan
37.     Bentuk karya sastra yang menggunakan kata-kata indah dan kayak makna adalah
a.    Cerita rakyat
b.    Dongeng
c.    Drama
d.    Legenda
e.    Puisi





Puisi untuk soal nomor 38 - 40
Text Box: Gugur 
Karya: W. S. Rendra 

Ia merangkak 
di atas bumi yang dicintainya 
Tiada kuasa lagi menegak
Telah ia lepaskan dengan gemilang 
pelor terakhir dari bedilnya 
Ke dada ...  yang merebut kotanya 

Ia merangkak 
di atas bumi yang dicintainya 
Ia sudah tua 
luka-luka di badannya 

Bagai harimau tua 
susah payah maut menjeratnya 
Matanya bagai saga 
menatap musuh pergi dari kotanya
 ....

























38.     Tema puisi tersebut adalah ...
a.    Generasi muda yang mengisi kemerdekaan dengan hal positif
b.    Kebahagiaan seorang pahlawan karena musuh telah pergi
c.    Kesedihan seorang karena ditinggal mati
d.    Matinya seorang musuh negara
e.    Perjuangan pahlawan membela kemerdekaan

39.     Suasana yang terdapat dalam puisi tersebut adalah ...
a.    Haru
b.    Kecewa
c.    Rindu
d.    Romantis
e.    Senang

40.     Makna kata Harimau Tua dalam puisi tersebut adalah ...
a.    Hewan yang mengikuti sang pahlawan saat berperang
b.    Orang yang dulunya kuat tetapi sekarang sudah tidak memiliki kekuatan
c.    Orang yang memiliki kekuatan luar biasa
d.    Orang yang sedih karena banyak temannya gugur di medan perang
e.    Pahlawan yang pulang karena kalah di medan laga

41.     Diksi yang tepat untuk melengkapi baik pertama puisi tersebut adalah ...
a.    Musuhnya
b.    Pahlawannya
c.    Pimpinannya
d.    Saudaranya
e.    Temannya

Puisi untuk no 42 – 43
CAP GO MEH
Karya: Ety Syaifurohyani, S.Pd.

Perayaan cap go meh tiba
Para dewa turun ke bumi
Di arak berkeliling, untuk mengusir roh jahat
Bau ratus dan kemenyan semerbak
Para louya duduk di kursi kebesaran
Beralasan pedang tajam

Inilah pesta rakyat
Rakyat bersuka cita
Melupakan sejenak kepenataan hidup


 
 


















42.          Puisi tersebut bertema ...
a.    Ketuhanan
b.    Motivasi
c.    Pendidikan
d.    Percintaan
e.    Sosial budaya

43.     Jenis imajinasi penciuman yang digunakan pada puisi di atas, yaitu ...
a.    Bau ratus dan kemenyan semerbak
b.    Cap go meh
c.    Diarak berkeliling
d.    Ke penataan hidup
e.    Pedang tajam

44.     Panjang pendeknya, keras lembut nya, serta kuat lemahnya suara ketika membaca sebuah puisi disebut ...
a.    Artikulasi
b.    Ekspresi
c.    Intonasi
d.    Penampilan
e.    Rima

Puisi untuk soal no 45-47
Text Box: SAMPAH
 Karya : Fransiska Dilla

Sampah ....
Rupamu tak elok dipandang mata
Rupamu membuat lingkungan ku menjadi kumuh
Menjadi tempat yang mengerikan 

Berbagai kuman penyakit 
Ada, dan beranak-pinak di sekitarmu 
Membuat aku serasa mau muntah

Baumu yang tajam menusuk-nusuk di hidung 
Membuat aku enggan bernafas 
Serasa sesak, dan mau mati bila dekatmu 

Sampah....
Sungguh pilu aku melihatmu 
Engkau ada karena mereka
Orang-orang yang jorok dan kotor

























45.     Tema puisi di atas adalah ...
a.    Budaya
b.    Kasih sayang
c.    Kepahlawanan
d.    Lingkungan
e.    Pendidikan



46.     Baumu yang tajam menusuk-nusuk di hidung. Kutipan tersebut menggunakan majas ...
a.    Alegori
b.    Hiperbola
c.    Ironi
d.    Metafora
e.    Personifikasi

47.     Aspek diksi yang merupakan simbol dari puisi di atas adalah ....
a.    Bau
b.    Bernapas
c.    Kebersihan
d.    Pilu
e.    Sampah

Puisi untuk soal no 48-49
Text Box: Dipo Negoro 
Karya : Chairil Anwar

Di masa pembangunan ini 
Tuan hidup kembali 
Dan bara kagum menjadi api 
Di depan sekali tuan menanti 
Tak gentar.
Lawan banyaknya seratus kali. 
Pedang di kanan, keris di kiri 
Berselempang semangat yang tak bisa mati.














48.     Puisi tersebut menggunakan lambang pedang dan keris yang memiliki arti ...
a.    Keberanian
b.    Kebimbangan
c.    Kejayaan
d.    Kekalahan
e.    Kemenangan

49.     Nada yang digunakan untuk membacakan puisi tersebut adalah ...
a.    Gembira
b.    Kagum
c.    Khusyuk
d.    Santai
e.    Semangat
Perhatikan Ilustrasi berikut !
  
Text Box: Pada hari minggu, kami sekeluarga berlibur di pantai. Pemandangan pantai itu sangat indah. Hamparan pasir putih sangat memesona ditambah debu dan ombak membuat kami betah di sana.





50.     Puisi yang tepat sesuai ilustrasi tersebut terdapat dalam bait ...

a.    Keindahan pantai begitu memesona
     Hamparan pasir putihmu terbentang indah
     Debur ombakmu membuat damai di hati
     Tak ingin aku beranjak darimu

b.    Laut begitu indah
Sungguh kau memesona
Tapi kini berubah
Kotor dan rusak akibat ulah manusia

c.    Saat mentari terbit dari ufuk timur
Aku terbangun dari tidurku
Deburan ombak menyapaku dengan lembut
Pemandanganmu begitu indah

d.    Saat ini
Aku melihat pantai telah rusak
Pantai menjadi kotor
Tak ada lagi keindahan mu seperti dulu

e.    Senang hatiku melihat keindahanmu
Pantai yang indah
Banyak karang yang menghiasi pantai
Dan deburan ombak menenteramkan hati

Tidak ada komentar:

Puisi Ngauk Kapalo karya Hendra Bahari Singkawang 2024

 Ngauk Kapalo (Hendra Bahari Singkawang)   Nanang mato ka oncok bukit, Maok ijook gaik taraboh, Antoh mato dameo, Mato urok taraboh, Ka puhu...