Mengenai Saya

Foto saya
Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Saya berasal dari Singkawang Kalimantan Barat. Saya anak Suku Dayak Salako Garantukng Sakawokng. Saya cinta perdamaian. Saya cinta Indonesia.

Sabtu, 02 November 2019

DASAR PELAKSANAAN MAGANG MAHASISWA SINGKAWANG


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Dasar Pelaksanaan
Program Magang merupakan suatu kegiatan dilaksanakan oleh mahasiswa STKIP Singkawang bekerjasama dengan Pemerintah Kota Singkawang. Dalam rangka menyiapkan tenaga yang profesional tersebut, STKIP Singkawang bekerja sama dengan Dinas pendidikan Kota singkawang memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang berprestasi untuk mengikuti Program Magang pada Sekolah Dasar yang ada di wilayah kecamatan Singkawang Barat dan Kecamatan Singkawang Tengah. Tujuan dari kerja sama ini untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar secara langsung serta sekaligus membantu sekolah-sekolah yang membutuhkan tenaga pendidik khususnya Sekolah Dasar yang mengalami kekurangan guru atau tenaga pendidik.
Adanya kerja sama yang terjalin antara STKIP Singkawang dengan Dinas Pendidikan Kota Singkawang, diharapkan memberikan dampak positif. Diantaranya tidak ada lagi sekolah yang mengalami kekurangan tenaga pengajar atau kekurangan guru, khususnya pada dua kecamatan tersebut agar pendidikan berjalan dengan baik.
Dalam Program Magang ini, mahasiswa diterjunkan langsung ke sekolah-sekolah yang menjadi mitra kampus STKIP Singkawang. Tujuannya untuk mengembangkan dan menerapkan teori dan ilmu yang telah diperoleh mahasiswa selama enam semester saat berada di kampus. Teori dan ilmu yang telah didapatkan, kemudian diterapkan oleh mahasiswa pada sekolah yang memerlukan pengembangan ilmu secara langsung. Jadi selain belajar menguasai medan pendidikan secara langsung, mahasiswa juga memberikan ilmu dan pengetahuan yang dimiliki untuk dikembangkan agar ilmu yang diperoleh tidak sebatas teori belaka.
            Program Magang ini merupakan program lanjutan bagi mahasiswa yang ada di semester tujuh, sehingga diharapkan mahasiswa memperoleh bekal untuk kegiatan selanjutnya atau latihan sebelum benar-benar menjadi guru atau tenaga pendidik. Dengan melaksanakan program ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan, keterampilan, nilai, sikap serta pola tingkah laku sesuai profesinya, dan cakap menggunakan di dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di sekolah maupun di luar sekolah.
            Pada  Program Magang ini mahasiswa harus melaksanakan berbagai aktivitas terencana maupun tidak terencana pada sekolah yang telah ditetapkan. Kegiatan ini berdasarkan koordinasi pelaksanaan antara mahasiswa sebagai mahasiswa magang dengan kepala sekolah maupun guru pamong dalam menjalankan tugas sebagai mahasiswa Program Magang. setiap aktivitas harus dilakukan dengan baik, sesuai yang diharapkan. Secara umum, kegiatan Program Magang ini akan membentuk karakter mahasiswa dan memberikan suatu masalah yang harus diselesaikan. Diantaranya, seorang mahasiswa harus mampu untuk mengerjakan beragam tugas yang dapat dilakukan secara fleksibel dan cekatan.

B.     Tujuan Program Magang
            Secara umum Program magang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan profesionalitas keguruan atau tenaga kependidikan. Sasaran yang ingin dicapai adalah terbentuknya pribadi calon pendidik yang mempunyai seperangkat pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap, serta pola tingkah laku yang diperlukan bagi guru dalam menjalankan profesinya. Sebagai seorang guru tidak hanya mengajar dan mendidik tetapi juga ada hal-hal yang perlu dilakukan di sekolah.
             
C.    Manfaat  Program Magang
1.             Bagi mahasiswa, Program Magang bermanfaat untuk:
a)             Mengenal dan mengetahui secara langsung proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di SDN 13 Singkawang.
b)             Mengaplikasikan prinsip, strategi, dan teknik pembelajaran di sekolah satuan pendidikan.
c)             Mengenali pengalaman nyata dari guru dan tenaga kependidikan dalam pengelolaan kelas dan sekolah, serta kegiatan penunjang lainnya.
d)             Memperluas wawasan, nilai, sikap serta pengembangan kepribadian guru yang menunjang profesionalitasnya dikemudian hari.
e)             Mendewasakan cara berpikir dan meningkatkan daya nalar dalam melakukan penelaahan, perumusan, dan pemecahan masalah kependidikan yang ada di sekolah.
2.             Bagi sekolah/satuan pendidikan, Program Magang dapat bermanfaat untuk :
a)             Mengimplementasikan keinovatifan dan kreatifitas guru dalam pembelajaran secara kolaboratif dengan mahasiswa.
b)             Memantapkan kemampuan profesionalitas guru dalam melaksanakan pembimbingan dan fasilitas teman sejawat.
c)             Mengoptimalkan kinerja sekolah atau satuan pendidikan, minimal dalam jangka waktu tertentu.
3.             Bagi STKIP Singkawang, Program Magang dapat bermanfaat untuk:
a)             Mendapatkan masukan tentang relevansi kurikulum dan pelaksanaan pembelajaran di kampus dengan tuntutan profesionalitas guru/tenaga pendidikan di lapangan dengan tujuan agar dapat mengembangkan kurikulum dan model-model pembelajaran yang lebih aplikatif dan adaptif.
b)             Mengimplementasikan keinovatifan dan kreatifitas dosen dalam pembelajaran secara kolaboratif dengan guru atau tenaga pendidik dan mahasiswa.
c)             Memperoleh masukan tentang kasus kependidikan dan pembelajaran berharga yang dapat digunakan sebagai bahan pengembangan penelitian.
d)             Memperluas serta meningkatkan jalinan kerjasama dengan sekolah terkait.
4.             Bagi Dinas Pendidikan Kota Singkawang, program magang bermanfaat untuk:
a)             Mengatasi sekolah yang mengalami kekurangan guru atau tenaga pendidik di daerah pinggiran Kota Singkawang.
b)             Memberikan kesempatan bagi sekolah yang ada di Kota Singkawang khususnya sekolah-sekolah yang terpilih agar dapat memberdayakan mahasiswa Magang guna mengembangkan kegiatan sekolah.
c)             Mengetahui sejauh mana sekolah yang bersangkutan memberdayakan generasi muda dalam dunia pendidikan, khususnya guru-guru muda yang memiliki kapabilitas dan integritas yang tinggi dalam memberikan ilmu dan pengetahuan yang dimiliki.























BAB II
PROFIL SEKOLAH
A.    Profil Sekolah
Nama Sekolah      : SD Negeri 13 Singkawang
Alamat                 : Jalan Veteran Gang Mesjid Dalam, Kampung Lama,
  Kelurahan Sekip Baru, Kecamatan Singkawang Tengah,   
  Kota Singkawang
Visi  Sekolah        : Membentuk Peserta didik yang cerdas, berbudi luhur,
   disiplin serta peduli lingkungan.
Misi Sekolah :
1.      Meningkatkan manajemen sekolah dalam mewujudkan visi.
2.      Mengoptimalkan proses pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
3.      Menciptakan suasana kondusif, untuk membentuk kepribadian peserta didik yang cerdas, memiliki iman dan takwa serta berbudi luhur.
4.      Menggalakan budaya disiplin, budaya bersih,dan peduli lingkungan menuju hidup sehat.
5.      Menjalin kerjasama yang harmonis, antara warga sekolah dan lingkungan.
B.     Denah sekolah.
SD Negeri 13 Singkawang terletak di jalan veteran, Gang Mesjid Riyadus Solihin, Kelurahan Roban, Kecamatan Singkawang Tengah. SD Negeri 13 memiliki batas wilayah, yaitu:
Utara  : berbatasan langsung dengan jalan Gang Mesjid.
Timur  : berbatasan langsung dengan rumah warga dan kandang Sapi.
Selatan : Berbatasan dengan Perumahan Warga.
Barat   : Berbatasan dengan lahan kosong milik warga.
           
C.      Struktur Organisasi Sekolah   

           
D.      Jumlah Murid Setiap Kelas
TABEL 1.1
Jumlah Murid Setiap Kelas
NO
KELAS
JUMLAH SISWA
WALI KELAS
NIP
L
P
Jum
1
I A
12
14
26
Arisa,S,Pd.SD.
196307311989092001
2
I B
12
16
28
Elly
196210091984082001
3
I C
13
14
27
Supini,S.Pd.SD.
196306261984122006
4
II A
9
11
20
Winda Hotpita Sitompul,S.Pd.SD.
198601232010012019
5
II B
12
14
26
Nurhayani,S.Pd.SD.
196104261983052003
6
II C
12
14
26
Julina,S.Pd.SD.
196107091982102001
7
III A
11
12
23
Utin Yuswanti,S.Pd.SD.
197108151996082001
8
III B
10
13
23
Wardillah,S.Pd.SD.
195904231980122002
9
III C
13
10
23
Yohanna TH Rogalili,S.Th.
195805051977032004
10
IV A
10
14
23
Suryani,S.Pd.SD.
196510041984122002
11
IV B
12
12
24
Idawati,S.Pd.SD.
196004171980092001
12
IV C
10
13
23
Rumayah,S.Pd.SD.
19601281982012020
13
V A
11
14
25
Wardayati,S.Pd.SD
196503251985022003
14
V B
10
12
22
Maswani,S.Pd.SD.
196512031988072002
15
V C
11
11
22
Poibe manurung
195907061982012025
16
VI A
12
15
27
Ngatinah,S.Pd.SD.
196309061984102006
17
VI B
10
16
26
Ernawati,S.Pd.SD.
196411011984032007
18
VI C
12
14
26
Kennan Bintang,S.Pd.SD.
196612161989042000
E.       Alat Pendukung Pembelajaran yang Tersedia
Adapun alat pelajaran yang tersedia di SD Negeri 13 Singkawang adalah sebagai berikut.
1.    Buku
2.    Kapur
3.    Papan Tulis
4.    Penghapus
5.    Spidol
6.    Penggaris Panjang
7.    Penggaris busur
8.    Penggaris Segitiga
9.    Peta
10.    Globe

F.       Keadaan Lingkungan Belajar Murid
Keadaan Lingkungan belajar di SD Negeri 13 Singkawang sudah cukup memadai, namun dari segi fasilitas belajar masih harus dibenahi terutama dalam penyediaan buku pelajaran yang menarik, alat peraga pembelajaran yang berbasis tehknologi terutama media modern seperti komputer, sound system, dan proyektor. Dari segi sarana, kondisi ruang kelas pada SDN 13 Singkawang, sudah cukup baik namun perlu penataan pada ruang kelas, tujuannya agar siswa dapat belajar dengan baik dan penuh semangat. Dari segi prasarana, sebagian besar meja dan kursi dalam keadaan tidak baik. Untuk sarana pendukung lainnya seperti toilet, masih sangat terbatas jumlahnya yang seharusnya memenuhi kriteria kesehatan, namun pada kenyataan belum memenuhi jumlah kapasitas seluruh siswa. Dari jumlah siswa lebih kurang 440 murid, hanya memiliki 4 toilet. Adapun toilet yang berfungsi hanya 2 dan sisanya tidak difungsikan.
Dari segi keamanan, sekolah ini terletak dipemukiman warga, tidak terlalu dekat dengan jalan raya sehingga tidak terganggu dari kebisingan, Untuk kondisi pagar pembatas sekolah dengan rumah warga di sebelah barat perlu adanya renovasi, karena pagar pembatas yang bersangkutan telah roboh.
G.      Latar Belakang Para Murid Secara Umum.
Latar belakang murid pada SD Negeri 13 Singkawang memiliki beraneka ragam suku dan agama serta tingkat ekonomi yang beragam. Adapun jika dihitung secara matematis dapat dipersentasekan sebagai berikut:
                            







H.    DAFTAR NAMA MURID KELAS I (Satu)
Tabel 1.3 Data Siswa Kelas I Tahun 2017/2018
KELAS I A
KELAS I B
KELAS I C
No.
Urut
Nama
Siswa
L/P
No.
Urut
Nama Siswa
L/P
No.
Urut
Nama Siswa
L/P
1
Ahmad Dairobi
L
1
Ade Haris
L
1
A. Khoirul
L
2
Aisyah
L
2
Aldi
L
2
Angga
L
3
Asmarani
P
3
Arani
P
3
Angger
L
4
Daniel
L
4
Brian Jusuf
L
4
Bagaskara
L
5
Fai Dian
L
5
Cahya
L
5
Cia-Cia
P
6
Fania
P
6
Eka
L
6
Faizah
P
7
Hasiana
P
7
Evi Fani
P
7
Felina
P
8
Lutfil
L
8
Farel
L
8
Hazizah
P
9
Miratul
P
9
Galang
L
9
Hidayat
L
10
Monika
P
10
Helga
P
10
Holilul
L
11
M.Koirul
L
11
Ibnu
L
11
Jemi
L
12
M.Syarifudin
L
12
Inayah
P
12
Kelvin
L
13
M.Wildan
L
13
Julia Emi
P
13
Mira
P
14
Naila
P
14
Kevin
L
14
Mudrika
P
15
Nurul Agustin
P
15
Khairul
L
15
M. Indra Yasin
L
16
Nurul Hasanah
P
16
Maulidia
P
16
Naza
P
17
Nyi Leiva
P
17
M. Reza
L
17
N. Agustin
P
18
Reihan Reinaldi
L
18
M.Ridha
L
18
N. Hayatun
L
19
Reihan Dwi
L
19
Nurhafiza
P
19
N. Izzah
P
20
Reihan Zein
L
20
Nuryanto
L
20
Putri Rahayu
P
21
Rizky
L
21
Rama
L
21
Renaldi
L
22
Salima
P
22
Rangga
L
22
Sarah
P
23
Selpi
P
23
Resti
P
23
Serlina
P
24
Septian
L
24
Syafa
P
24
Vitta
P
25
Tiara
P
25
Tiara
P
25
Yuhanita
P
26
Wahdasari
P
26
Tira
P
26
Zahra
P
27
Wanni
P
27
Yemima Ratu
P
27
Zudha
L
28
Zhakiah
L
28
Yuliana
P
28
Wudrika
P



      Tabel 1.4 Data Siswa Kelas III Tahun 2017/2018

Kelas III A
Kelas III B
Kelas III C
No. Urut
Nama Siswa
L/P
No. Urut
Nama Siswa
L/P
No. Urut
Nama Siswa
L/P
1
Aini
L
1
Apriyandi
L
1
Deswita
L
2
Ardan
L
2
Aji
L
2
Dea Fika
L
3
Damar
L
3
Aisyah
L
3
Febiyano
L
4
Dea
L
4
Akbar
L
4
Ferdiansyah
L
5
Dian
P
5
Amelia
P
5
Friza Aulia
P
6
Faris
P
6
Aria
P
6
Haris Prayoga
P
7
Firman
P
7
Dafa
P
7
Ibnu F.
P
8
Fitri
P
8
Dafi
P
8
Juniardi
P
9
Gracea
L
9
Delvianti
L
9
Mersi
L
10
Hana
L
10
Djie Kelvin
L
10
Nova
L
11
Ilman
L
11
Empiri
L
11
Reva
L
12
Keyla Putri
L
12
Gasmin Fikri
L
12
Sulaiman
L
13
Lestari
P
13
Kirana
P
13
Susilawati
P
14
M. Kholil
P
14
M. Iqbal
P
14
U. Andika
P
15
Misnadih
L
15
Nandita
L
15
U. Safitri
L
16
M. Zakaria
P
16
Natasia
P
16
U. Akbar
P
17
Nayli
P
17
Nurjanah
P
17
Vikri
P
18
Nia
L
18
Rizal
L
18
Vincent
L
19
Raisya
P
19
Robi
P
19
Wendy
P
20
Ricky
P
20
Safitri
P
20
Zhian Zulita
P
21
Ririn
L
21
Siti
L
21
Zulfikar
L
22
Urai Amir
P
22
Sopia
P
22

P
23
P
23
Vino
P
23

P








I.         Pembagian Tugas Guru Dalam Administrasi
Pembagian tugas guru dalam pembelajaran dapat dilihat pada tabel berikut:




























BAB III
PELAKSANAAN PROGRAM MAGANG/PPL

A.     Jadwal Pelaksanaan Magang

Pelaksanaan Magang di mulai pada bulan Januari hingga Juni 2018. Selama 5 bulan mahasiswa diturunkan kelapangan secara langsung untuk memberikan pengalaman berdasarkan teori yang telah diperoleh selama di kampus STKIP Singkawang. Adapun jadwal pelaksanaan magang, sebagai berikut:

1.      Mahasiswa datang secara individu ke sekolah tujuan berdasarkan koordinasi kampus STKIP Singkawang yaitu tanggal 16 Januari 2018.

2.      Mahasiswa melakukan komunikasi dengan kepala sekolah tentang maksud dan tujuan pelaksanaan magang tertanggal 17 Januari 2018.

3.      Pihak Sekolah memberikan tempat untuk mahasiswa agar dapat melakukan praktek sebagai pengajar pada mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas 1A, 1B, 1C, III A, III B, III C, Pendidikan Budi Pekerti/Pendidikan Karakter pada kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan Ekstra kurikuler Panggung Boneka. Adapun jadwal mengajar tercantum pada tabel berikut:

Tabel 3.1 Jadwal Mengajar Bahasa Inggris

Waktu

Senin

Selasa

Rabu

Kamis

Jumat

07.00-08.20

 

I C

I B

I A

 

13.00-14.20

III C

 

 

III A

III B

 

              Tabel 3.2 Jadwal Mengajar Pendidikan Budi Pekerti/Pendidikan Karakter

Waktu

Senin

Selasa

Rabu

Kamis

Jumat

10.00-11.30

1

5

3

4

2

 

Tabel 3.2 Jadwal Mengajar Ekstrakurikuler Panggung Boneka.

Waktu

Jumat

14.30-17.00

Kelas 4-5

B.      Analisis Hasil Pelaksanaan Magang

Secara keseluruhan hasil pelaksanaan Program Magang untuk mahasiswa STKIP Singkawang tahun 2017/2018 pada SD Negeri 13 Singkawang  berlangsung dengan baik. Dalam melaksanakan Magang terdapat banyak pengalaman baru yang telah diperoleh, baik dari segi manajemen kelas, manajemen perangkat pembelajaran maupun kegiatan lain yang berkaitan dengan siswa  maupun lingkungan sekolah. Kegiatan Magang yang dilaksanakan mulai bulan Januari hingga berakhir bulan Juni, telah memberikan banyak manfaat yang tentunya dapat dijadikan suatu pengalaman yang sangat berarti ketika mahasiswa yang mengikuti Program Magang nantinya telah terjun ke masyarakat sebagai tenaga pengajar di daerah  masing-masing.
Dalam pelaksanaan Magang  di SD Negeri 13 Singkawang, tidak banyak hambatan yang dihadapi. Hal ini dikarenakan pihak sekolah  sebagai mitra STKIP singkawang dapat bekerja sama dengan baik. Kepala sekolah beserta dewan guru memberikan bimbingan dan pengarahan secara terpadu. Adanya pengarahan dan bimbingan tersebut, mempermudah mahasiswa sebagai praktikan  untuk mampu beradaptasi dan bersosialisasi  dengan guru-guru senior, murid maupun warga sekitar sekolah yang merupakan keluarga besar  dari SD Negeri 13 Singkawang. 
Dari  Program Praktek Magang pada SD Negeri 13 Singkawang, Praktikan  telah memperoleh pengalaman antara lain:
a.   Dapat meningkatkan kemampuan untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah.
b.  Dapat memahami karakteristik peserta didik di lapangan yang nantinya dapat dijadikan bekal ketika menjadi seorang guru dalam menyikapi perbedaan individual siswa SD.
c.   Dapat mengembangkan kompetensi calon guru/pendidik yang meliputi kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial.
d.  Dapat menguasai keterampilan dasar mengajar sehingga dapat menyajikan proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Tidak hanya menekankan aspek kognitif tetapi juga aspek afektif dan psikomotorik.


C.     Aktivitas Harian selama Bulan Desember

TABEL 3.2
Aktivitas Harian Selama Bulan Desember


















BAB IV
PENUTUP
A.      Kesimpulan
Dari kegiatan magang yang dilaksanakan pada SD Negeri 13 Singkawang, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan magang berlangsung lancar sesuai tujuan dan kebutuhan warga sekolah. Meskipun pada awalnya, mengalami kendala, akan tetapi pihak sekolah sangat terbuka dalam memberikan saran dan masukan. Pihak sekolah sangat interaktif dan responsive terhadap setiap kesulitan dan keluhan yang dirasakan oleh mahasiswa.
Dari kegiatan PPL ini, ada banyak pengalaman yang telah diperoleh, antara lain: tentang cara mengajar yang baik dari guru - guru senior, cara berinteraksi dengan siswa-siswa, cara mengatasi siswa yang bermasalah,  cara berkomunikasi dan berinteraksi dengan bahasa anak, cara pendekatan terhadap anak, cara penyusunan perangkat mengajar guru, cara mendisiplinkan siswa yang bersifat mendidik, cara membuat alat peraga mengajar, cara merawat lingkungan sekolah, cara memelihara hubungan sosial antara guru,murid dan orang tua serta hal lainnya,  yang  tentunya sangat bermanfaat.
Selain itu juga, selama PPL di SD Negeri 13 singkawang, saya juga telah berbagi pengetahuan dengan guru senior tentang cara mengoperasikan computer, cara mengunduh video pembelajaran, dan mencari data (Browsing data) lewat Internet dan beberapa hal lain yang pernah saya dapatkan ketika di bangku kuliah. Saya sangat bersyukur dapat melaksanakan kegiatan PPL di SD Negeri 13 Singkawang. Semoga hasil dari kegiatan PPL ini bermanfaat bagi saya, apabila kelak berada di lingkungan masyarakat.

B.       Saran
Dari hasil kegiatan PPL yang telah dilaksanakan, ada beberapa saran yang dapat diberikan dan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi praktikan kedepannya, bagi siswa, bagi STKIP Singkawang, dan bagi SD Negeri 13 Singkawang, yaitu,
1.             Bagi Praktikan
Adapun saran untuk praktikan kedepannya diantaranya :
a)           Sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas, praktikan diharapkan untuk lebih mempersiapkan diri dengan maksimal agar tercipta pembelajaran yang lebih baik.
b)           Sebaiknya praktikan selalu mencari referensi mengenai strategi dan model pembelajaran yang sesuai dengan karakter siswa dan materi agar pembelajaran dapat tersampaikan dengan lebih efektif.
c)           Praktikan harus senantiasa meminta masukan dan kritikan dari segala pihak agar praktikan menjadi lebih baik.
d)           Selalu berinovasi dalam mengembangkan metode pembelajaran agar tercipta suasana belajar yang berbeda.
e)           Praktikan harus cekatan dalam melakukan setiap tugas yang diberikan oleh guru senior yang sewaktu-waktu memerlukan bantuan.
2.             Bagi Siswa
Adapun saran untuk siswa SD Negeri 13 Singkawang diantaranya:
a)             Kepada siswa diharapkan jika waktu istirahat sudah selesai,  sebaiknya para siswa segera masuk ke dalam kelas agar dan mengikuti pelajaran dengan penuh perhatian, seandainya ada guru yang setelah bel masuk belum datang siswa-siswa sebaiknya menjemput gurunya masuk ke kelas  agar  pelajaran dapat segera dimulai dan siswa tidak mengalami ketertinggalan dalam materi pelajaran.
b)             Ketika guru berada di dalam  kelas maupun tidak ada, sebaiknya siswa tidak membuat suasana ruang kelas terasa riuh.
c)             Dalam menjaga kondisi kebersihan sekolah, ada baiknya siswa tetap melaksanakan piket kebersihan lingkungan, agar sekolah tidak menjadi sarang penyakit terutama Nyamuk yang banyak terdapat di sekitar lingkungan sekolah.
d)             Ketika guru mengajak untuk membersihkan lingkungan ada baiknya siswa dengan penuh kesadarannya ikut andil dalam membersihkan lingkungan, tanpa harus di marah terlebih dahulu ataupun di suruh secara paksa.
e)             Dalam menjaga kesehatannya, sebaiknya sebelum berangkat ke sekolah siswa harus sarapan atau makan pagi terlebih dahulu,agar dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik dan terfokus.
f)              Dalam hal kegiatan senam bersama setiap hari sabtu pagi, ada baiknya jika semua siswa mengikuti kegiatan senam dengan baik.
3.             Bagi Pihak Sekolah SD Negeri 13 Singkawang.
Untuk pihak sekolah SD Negeri  13 Singkawang, praktikan berharap agar kerjasama yang telah terjalin dapat terus berjalan.
4.             Bagi Pihak STKIP Singkawang
Untuk pihak STKIP Singkawang, penulis berharap agar dapat terus memberikan bimbingan dan pengarahan  bagi mahasiswa yang mengikuti kegiatan PPL. Dengan adanya  bimbingan dan arahan, tentunya akan memberikan pengaruh yang besar  bagi  praktikan yang melakukan PPL pada SD Negeri 13 singkawang.




DAFTAR PUSTAKA

Martono. 2013. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah.Pontianak: FKIP UNTAN.










































LAMPIRAN











Tidak ada komentar:

Puisi Ngauk Kapalo karya Hendra Bahari Singkawang 2024

 Ngauk Kapalo (Hendra Bahari Singkawang)   Nanang mato ka oncok bukit, Maok ijook gaik taraboh, Antoh mato dameo, Mato urok taraboh, Ka puhu...