BAB I
PENDAHULUAN
A.
Dasar Pelaksanaan
Program Magang merupakan suatu kegiatan dilaksanakan oleh mahasiswa
STKIP Singkawang bekerjasama dengan Pemerintah
Kota Singkawang. Dalam rangka menyiapkan tenaga yang
profesional tersebut,
STKIP Singkawang bekerja sama dengan Dinas pendidikan Kota singkawang
memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang berprestasi untuk mengikuti Program
Magang pada Sekolah Dasar yang ada di wilayah kecamatan Singkawang Barat dan
Kecamatan Singkawang Tengah. Tujuan dari kerja sama ini untuk memberikan
kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar secara langsung serta sekaligus
membantu sekolah-sekolah yang membutuhkan tenaga pendidik khususnya Sekolah
Dasar yang mengalami kekurangan guru atau tenaga pendidik.
Adanya kerja sama yang terjalin antara STKIP Singkawang dengan Dinas
Pendidikan Kota Singkawang, diharapkan memberikan dampak positif. Diantaranya
tidak ada lagi sekolah yang mengalami kekurangan tenaga pengajar atau
kekurangan guru, khususnya pada dua kecamatan tersebut agar pendidikan berjalan
dengan baik.
Dalam Program Magang ini,
mahasiswa diterjunkan langsung ke sekolah-sekolah yang menjadi mitra kampus
STKIP Singkawang. Tujuannya untuk mengembangkan dan menerapkan teori dan ilmu
yang telah diperoleh mahasiswa selama enam semester saat berada di kampus. Teori dan ilmu yang telah didapatkan, kemudian diterapkan oleh mahasiswa
pada sekolah yang memerlukan pengembangan ilmu secara langsung. Jadi selain
belajar menguasai medan pendidikan secara langsung, mahasiswa juga memberikan
ilmu dan pengetahuan yang dimiliki untuk dikembangkan agar ilmu yang diperoleh
tidak sebatas teori belaka.
Program Magang ini
merupakan program lanjutan bagi mahasiswa yang ada di semester tujuh, sehingga
diharapkan mahasiswa memperoleh bekal untuk kegiatan selanjutnya atau latihan
sebelum benar-benar menjadi guru atau tenaga pendidik. Dengan melaksanakan
program ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan, keterampilan, nilai,
sikap serta pola tingkah laku sesuai profesinya, dan cakap menggunakan di dalam
penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di sekolah maupun di luar
sekolah.
Pada Program Magang ini
mahasiswa harus melaksanakan berbagai aktivitas terencana
maupun tidak terencana pada
sekolah yang telah ditetapkan. Kegiatan ini berdasarkan koordinasi
pelaksanaan antara mahasiswa sebagai mahasiswa
magang dengan kepala sekolah maupun guru pamong dalam
menjalankan tugas sebagai mahasiswa Program Magang.
setiap aktivitas harus dilakukan dengan baik, sesuai yang diharapkan. Secara umum, kegiatan Program Magang ini akan membentuk
karakter mahasiswa dan memberikan suatu masalah yang harus diselesaikan.
Diantaranya, seorang
mahasiswa harus mampu untuk mengerjakan beragam tugas yang dapat dilakukan secara fleksibel dan cekatan.
B.
Tujuan
Program Magang
Secara umum Program magang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan profesionalitas
keguruan atau tenaga kependidikan. Sasaran yang ingin dicapai adalah
terbentuknya pribadi calon pendidik yang mempunyai seperangkat pengetahuan,
keterampilan, nilai dan sikap, serta pola tingkah laku yang diperlukan bagi
guru dalam menjalankan profesinya. Sebagai seorang guru tidak hanya mengajar
dan mendidik tetapi juga ada hal-hal yang perlu dilakukan di sekolah.
C.
Manfaat Program Magang
1.
Bagi mahasiswa, Program Magang
bermanfaat untuk:
a)
Mengenal dan mengetahui
secara langsung proses
pembelajaran dan
kegiatan kependidikan lainnya di SDN 13
Singkawang.
b)
Mengaplikasikan prinsip,
strategi, dan teknik pembelajaran di sekolah satuan pendidikan.
c)
Mengenali pengalaman
nyata dari guru dan tenaga kependidikan dalam pengelolaan kelas dan sekolah,
serta kegiatan penunjang lainnya.
d)
Memperluas wawasan,
nilai, sikap serta pengembangan kepribadian guru yang menunjang
profesionalitasnya dikemudian hari.
e)
Mendewasakan cara
berpikir dan meningkatkan daya nalar dalam melakukan penelaahan, perumusan, dan
pemecahan masalah kependidikan yang ada di sekolah.
2.
Bagi sekolah/satuan
pendidikan,
Program Magang dapat bermanfaat untuk :
a)
Mengimplementasikan
keinovatifan dan kreatifitas guru dalam pembelajaran secara kolaboratif dengan
mahasiswa.
b)
Memantapkan kemampuan
profesionalitas guru dalam melaksanakan pembimbingan dan fasilitas teman
sejawat.
c)
Mengoptimalkan kinerja
sekolah atau satuan pendidikan, minimal dalam jangka waktu tertentu.
3.
Bagi STKIP Singkawang, Program Magang dapat bermanfaat untuk:
a)
Mendapatkan masukan
tentang relevansi kurikulum dan pelaksanaan pembelajaran di kampus dengan
tuntutan profesionalitas guru/tenaga pendidikan di lapangan dengan tujuan agar
dapat mengembangkan kurikulum dan model-model pembelajaran yang lebih aplikatif
dan adaptif.
b)
Mengimplementasikan
keinovatifan dan kreatifitas dosen dalam pembelajaran secara kolaboratif dengan
guru atau tenaga pendidik dan mahasiswa.
c)
Memperoleh masukan
tentang kasus kependidikan dan pembelajaran berharga yang dapat digunakan
sebagai bahan pengembangan penelitian.
d)
Memperluas serta
meningkatkan jalinan kerjasama dengan sekolah terkait.
4.
Bagi Dinas
Pendidikan Kota Singkawang, program magang bermanfaat untuk:
a)
Mengatasi sekolah
yang mengalami kekurangan guru atau tenaga pendidik di daerah pinggiran Kota
Singkawang.
b)
Memberikan
kesempatan bagi sekolah yang ada di Kota Singkawang khususnya sekolah-sekolah
yang terpilih agar dapat memberdayakan mahasiswa Magang guna mengembangkan
kegiatan sekolah.
c)
Mengetahui sejauh
mana sekolah yang bersangkutan memberdayakan generasi muda dalam dunia
pendidikan, khususnya guru-guru muda yang memiliki kapabilitas dan integritas
yang tinggi dalam memberikan ilmu dan pengetahuan yang dimiliki.
BAB II
PROFIL SEKOLAH
A.
Profil Sekolah
Nama Sekolah :
SD Negeri 13 Singkawang
Alamat :
Jalan Veteran Gang Mesjid Dalam, Kampung Lama,
Kelurahan Sekip Baru, Kecamatan Singkawang
Tengah,
Kota Singkawang
Visi Sekolah : Membentuk Peserta didik yang cerdas,
berbudi luhur,
disiplin
serta peduli lingkungan.
Misi Sekolah :
1.
Meningkatkan
manajemen sekolah dalam mewujudkan visi.
2.
Mengoptimalkan
proses pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
3.
Menciptakan
suasana kondusif, untuk membentuk kepribadian peserta didik yang cerdas,
memiliki iman dan takwa serta berbudi luhur.
4.
Menggalakan budaya
disiplin, budaya bersih,dan peduli lingkungan menuju hidup sehat.
5.
Menjalin kerjasama
yang harmonis, antara warga sekolah dan lingkungan.
B.
Denah
sekolah.
SD Negeri 13 Singkawang terletak di jalan veteran,
Gang Mesjid Riyadus Solihin, Kelurahan Roban, Kecamatan Singkawang Tengah. SD Negeri
13 memiliki batas wilayah, yaitu:
Utara :
berbatasan langsung dengan jalan Gang Mesjid.
Timur :
berbatasan langsung dengan rumah warga dan kandang Sapi.
Selatan :
Berbatasan dengan Perumahan Warga.
Barat :
Berbatasan dengan lahan kosong milik warga.
C.
Struktur
Organisasi Sekolah
D.
Jumlah
Murid Setiap Kelas
TABEL 1.1
Jumlah Murid Setiap Kelas
NO
|
KELAS
|
JUMLAH SISWA
|
WALI KELAS
|
NIP
|
||
L
|
P
|
Jum
|
||||
1
|
I A
|
12
|
14
|
26
|
Arisa,S,Pd.SD.
|
196307311989092001
|
2
|
I B
|
12
|
16
|
28
|
Elly
|
196210091984082001
|
3
|
I C
|
13
|
14
|
27
|
Supini,S.Pd.SD.
|
196306261984122006
|
4
|
II A
|
9
|
11
|
20
|
Winda Hotpita
Sitompul,S.Pd.SD.
|
198601232010012019
|
5
|
II B
|
12
|
14
|
26
|
Nurhayani,S.Pd.SD.
|
196104261983052003
|
6
|
II C
|
12
|
14
|
26
|
Julina,S.Pd.SD.
|
196107091982102001
|
7
|
III A
|
11
|
12
|
23
|
Utin Yuswanti,S.Pd.SD.
|
197108151996082001
|
8
|
III B
|
10
|
13
|
23
|
Wardillah,S.Pd.SD.
|
195904231980122002
|
9
|
III C
|
13
|
10
|
23
|
Yohanna TH Rogalili,S.Th.
|
195805051977032004
|
10
|
IV A
|
10
|
14
|
23
|
Suryani,S.Pd.SD.
|
196510041984122002
|
11
|
IV B
|
12
|
12
|
24
|
Idawati,S.Pd.SD.
|
196004171980092001
|
12
|
IV C
|
10
|
13
|
23
|
Rumayah,S.Pd.SD.
|
19601281982012020
|
13
|
V A
|
11
|
14
|
25
|
Wardayati,S.Pd.SD
|
196503251985022003
|
14
|
V B
|
10
|
12
|
22
|
Maswani,S.Pd.SD.
|
196512031988072002
|
15
|
V C
|
11
|
11
|
22
|
Poibe manurung
|
195907061982012025
|
16
|
VI A
|
12
|
15
|
27
|
Ngatinah,S.Pd.SD.
|
196309061984102006
|
17
|
VI B
|
10
|
16
|
26
|
Ernawati,S.Pd.SD.
|
196411011984032007
|
18
|
VI C
|
12
|
14
|
26
|
Kennan Bintang,S.Pd.SD.
|
196612161989042000
|
E.
Alat Pendukung Pembelajaran yang Tersedia
Adapun
alat pelajaran yang tersedia di SD Negeri 13
Singkawang adalah sebagai berikut.
1. Buku
2. Kapur
3. Papan
Tulis
4. Penghapus
5. Spidol
6. Penggaris Panjang
7. Penggaris busur
8. Penggaris Segitiga
9. Peta
10.
Globe
F.
Keadaan
Lingkungan Belajar Murid
Keadaan
Lingkungan belajar di SD Negeri 13
Singkawang sudah cukup memadai, namun dari
segi fasilitas belajar masih harus dibenahi terutama dalam penyediaan buku
pelajaran yang menarik, alat peraga pembelajaran yang berbasis tehknologi
terutama media modern seperti komputer, sound
system, dan proyektor. Dari segi sarana, kondisi ruang kelas pada SDN 13
Singkawang, sudah cukup baik namun perlu penataan pada ruang kelas, tujuannya
agar siswa dapat belajar dengan baik dan penuh semangat. Dari segi prasarana,
sebagian besar meja dan kursi dalam keadaan tidak baik. Untuk sarana pendukung lainnya
seperti toilet, masih sangat terbatas jumlahnya yang seharusnya memenuhi kriteria
kesehatan, namun pada kenyataan belum memenuhi jumlah kapasitas seluruh siswa.
Dari jumlah siswa lebih kurang 440 murid, hanya memiliki 4 toilet. Adapun
toilet yang berfungsi hanya 2 dan sisanya tidak difungsikan.
Dari segi keamanan, sekolah ini terletak dipemukiman
warga, tidak terlalu dekat dengan jalan raya sehingga tidak
terganggu dari kebisingan,
Untuk kondisi pagar pembatas sekolah dengan rumah
warga di sebelah barat perlu adanya renovasi, karena pagar pembatas yang
bersangkutan telah roboh.
G.
Latar
Belakang Para Murid Secara Umum.
Latar belakang murid pada SD
Negeri 13 Singkawang memiliki beraneka ragam suku dan agama serta tingkat
ekonomi yang beragam. Adapun jika dihitung secara matematis dapat
dipersentasekan sebagai berikut:
H. DAFTAR NAMA
MURID KELAS I (Satu)
Tabel 1.3 Data Siswa Kelas I Tahun
2017/2018
KELAS I A
|
KELAS I B
|
KELAS I C
|
||||||
No.
Urut
|
Nama
Siswa
|
L/P
|
No.
Urut
|
Nama Siswa
|
L/P
|
No.
Urut
|
Nama Siswa
|
L/P
|
1
|
Ahmad
Dairobi
|
L
|
1
|
Ade Haris
|
L
|
1
|
A. Khoirul
|
L
|
2
|
Aisyah
|
L
|
2
|
Aldi
|
L
|
2
|
Angga
|
L
|
3
|
Asmarani
|
P
|
3
|
Arani
|
P
|
3
|
Angger
|
L
|
4
|
Daniel
|
L
|
4
|
Brian Jusuf
|
L
|
4
|
Bagaskara
|
L
|
5
|
Fai
Dian
|
L
|
5
|
Cahya
|
L
|
5
|
Cia-Cia
|
P
|
6
|
Fania
|
P
|
6
|
Eka
|
L
|
6
|
Faizah
|
P
|
7
|
Hasiana
|
P
|
7
|
Evi Fani
|
P
|
7
|
Felina
|
P
|
8
|
Lutfil
|
L
|
8
|
Farel
|
L
|
8
|
Hazizah
|
P
|
9
|
Miratul
|
P
|
9
|
Galang
|
L
|
9
|
Hidayat
|
L
|
10
|
Monika
|
P
|
10
|
Helga
|
P
|
10
|
Holilul
|
L
|
11
|
M.Koirul
|
L
|
11
|
Ibnu
|
L
|
11
|
Jemi
|
L
|
12
|
M.Syarifudin
|
L
|
12
|
Inayah
|
P
|
12
|
Kelvin
|
L
|
13
|
M.Wildan
|
L
|
13
|
Julia Emi
|
P
|
13
|
Mira
|
P
|
14
|
Naila
|
P
|
14
|
Kevin
|
L
|
14
|
Mudrika
|
P
|
15
|
Nurul
Agustin
|
P
|
15
|
Khairul
|
L
|
15
|
M. Indra Yasin
|
L
|
16
|
Nurul
Hasanah
|
P
|
16
|
Maulidia
|
P
|
16
|
Naza
|
P
|
17
|
Nyi
Leiva
|
P
|
17
|
M. Reza
|
L
|
17
|
N. Agustin
|
P
|
18
|
Reihan
Reinaldi
|
L
|
18
|
M.Ridha
|
L
|
18
|
N. Hayatun
|
L
|
19
|
Reihan
Dwi
|
L
|
19
|
Nurhafiza
|
P
|
19
|
N. Izzah
|
P
|
20
|
Reihan
Zein
|
L
|
20
|
Nuryanto
|
L
|
20
|
Putri Rahayu
|
P
|
21
|
Rizky
|
L
|
21
|
Rama
|
L
|
21
|
Renaldi
|
L
|
22
|
Salima
|
P
|
22
|
Rangga
|
L
|
22
|
Sarah
|
P
|
23
|
Selpi
|
P
|
23
|
Resti
|
P
|
23
|
Serlina
|
P
|
24
|
Septian
|
L
|
24
|
Syafa
|
P
|
24
|
Vitta
|
P
|
25
|
Tiara
|
P
|
25
|
Tiara
|
P
|
25
|
Yuhanita
|
P
|
26
|
Wahdasari
|
P
|
26
|
Tira
|
P
|
26
|
Zahra
|
P
|
27
|
Wanni
|
P
|
27
|
Yemima Ratu
|
P
|
27
|
Zudha
|
L
|
28
|
Zhakiah
|
L
|
28
|
Yuliana
|
P
|
28
|
Wudrika
|
P
|
Tabel 1.4 Data
Siswa Kelas III Tahun 2017/2018
Kelas III A
|
Kelas III B
|
Kelas III C
|
||||||
No. Urut
|
Nama Siswa
|
L/P
|
No. Urut
|
Nama Siswa
|
L/P
|
No. Urut
|
Nama Siswa
|
L/P
|
1
|
Aini
|
L
|
1
|
Apriyandi
|
L
|
1
|
Deswita
|
L
|
2
|
Ardan
|
L
|
2
|
Aji
|
L
|
2
|
Dea Fika
|
L
|
3
|
Damar
|
L
|
3
|
Aisyah
|
L
|
3
|
Febiyano
|
L
|
4
|
Dea
|
L
|
4
|
Akbar
|
L
|
4
|
Ferdiansyah
|
L
|
5
|
Dian
|
P
|
5
|
Amelia
|
P
|
5
|
Friza Aulia
|
P
|
6
|
Faris
|
P
|
6
|
Aria
|
P
|
6
|
Haris Prayoga
|
P
|
7
|
Firman
|
P
|
7
|
Dafa
|
P
|
7
|
Ibnu F.
|
P
|
8
|
Fitri
|
P
|
8
|
Dafi
|
P
|
8
|
Juniardi
|
P
|
9
|
Gracea
|
L
|
9
|
Delvianti
|
L
|
9
|
Mersi
|
L
|
10
|
Hana
|
L
|
10
|
Djie Kelvin
|
L
|
10
|
Nova
|
L
|
11
|
Ilman
|
L
|
11
|
Empiri
|
L
|
11
|
Reva
|
L
|
12
|
Keyla Putri
|
L
|
12
|
Gasmin Fikri
|
L
|
12
|
Sulaiman
|
L
|
13
|
Lestari
|
P
|
13
|
Kirana
|
P
|
13
|
Susilawati
|
P
|
14
|
M. Kholil
|
P
|
14
|
M. Iqbal
|
P
|
14
|
U. Andika
|
P
|
15
|
Misnadih
|
L
|
15
|
Nandita
|
L
|
15
|
U. Safitri
|
L
|
16
|
M. Zakaria
|
P
|
16
|
Natasia
|
P
|
16
|
U. Akbar
|
P
|
17
|
Nayli
|
P
|
17
|
Nurjanah
|
P
|
17
|
Vikri
|
P
|
18
|
Nia
|
L
|
18
|
Rizal
|
L
|
18
|
Vincent
|
L
|
19
|
Raisya
|
P
|
19
|
Robi
|
P
|
19
|
Wendy
|
P
|
20
|
Ricky
|
P
|
20
|
Safitri
|
P
|
20
|
Zhian Zulita
|
P
|
21
|
Ririn
|
L
|
21
|
Siti
|
L
|
21
|
Zulfikar
|
L
|
22
|
Urai Amir
|
P
|
22
|
Sopia
|
P
|
22
|
|
P
|
23
|
P
|
23
|
Vino
|
P
|
23
|
|
P
|
I.
Pembagian
Tugas Guru
Dalam Administrasi
Pembagian
tugas guru dalam pembelajaran dapat dilihat pada tabel berikut:
BAB III
PELAKSANAAN PROGRAM MAGANG/PPL
A.
Jadwal
Pelaksanaan Magang
Pelaksanaan
Magang di mulai
pada bulan Januari hingga Juni 2018. Selama 5 bulan mahasiswa diturunkan
kelapangan secara langsung untuk memberikan pengalaman berdasarkan teori yang
telah diperoleh selama di kampus STKIP Singkawang. Adapun jadwal pelaksanaan magang,
sebagai berikut:
1. Mahasiswa datang secara individu
ke sekolah tujuan berdasarkan koordinasi kampus STKIP Singkawang yaitu tanggal 16
Januari 2018.
2. Mahasiswa melakukan komunikasi
dengan kepala sekolah tentang maksud dan tujuan pelaksanaan magang tertanggal 17
Januari 2018.
3. Pihak Sekolah memberikan tempat
untuk mahasiswa agar dapat melakukan praktek sebagai pengajar pada mata
pelajaran Bahasa Inggris di kelas 1A, 1B, 1C, III A, III B, III C, Pendidikan Budi
Pekerti/Pendidikan Karakter pada kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan Ekstra kurikuler
Panggung Boneka. Adapun jadwal mengajar tercantum pada tabel berikut:
Tabel 3.1 Jadwal Mengajar Bahasa
Inggris
Waktu
|
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jumat
|
07.00-08.20
|
|
I C
|
I B
|
I A
|
|
13.00-14.20
|
III C
|
|
|
III A
|
III B
|
Tabel 3.2 Jadwal Mengajar
Pendidikan Budi Pekerti/Pendidikan Karakter
Waktu
|
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jumat
|
10.00-11.30
|
1
|
5
|
3
|
4
|
2
|
Tabel 3.2
Jadwal Mengajar Ekstrakurikuler Panggung Boneka.
Waktu
|
Jumat
|
14.30-17.00
|
Kelas 4-5
|
B.
Analisis
Hasil Pelaksanaan Magang
Secara keseluruhan hasil pelaksanaan Program Magang untuk mahasiswa STKIP Singkawang
tahun 2017/2018
pada SD Negeri 13 Singkawang berlangsung
dengan baik. Dalam melaksanakan Magang terdapat banyak pengalaman baru
yang telah diperoleh, baik dari segi manajemen kelas, manajemen perangkat
pembelajaran maupun kegiatan lain yang berkaitan dengan siswa maupun lingkungan sekolah. Kegiatan Magang yang dilaksanakan mulai bulan Januari hingga berakhir bulan Juni, telah memberikan banyak manfaat
yang tentunya dapat dijadikan suatu pengalaman yang sangat berarti ketika
mahasiswa yang mengikuti Program Magang nantinya telah terjun ke masyarakat
sebagai tenaga pengajar di daerah
masing-masing.
Dalam pelaksanaan Magang
di SD Negeri 13 Singkawang, tidak banyak hambatan yang dihadapi. Hal ini
dikarenakan pihak sekolah sebagai mitra
STKIP singkawang dapat bekerja sama dengan baik. Kepala sekolah beserta dewan
guru memberikan bimbingan dan pengarahan secara terpadu. Adanya pengarahan dan
bimbingan tersebut, mempermudah mahasiswa sebagai praktikan untuk mampu beradaptasi dan
bersosialisasi dengan guru-guru senior,
murid maupun warga sekitar sekolah yang merupakan keluarga besar dari SD Negeri 13 Singkawang.
Dari
Program Praktek Magang pada SD Negeri 13 Singkawang, Praktikan telah memperoleh pengalaman antara lain:
a.
Dapat meningkatkan kemampuan untuk menerapkan ilmu
pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke
dalam pembelajaran di sekolah.
b.
Dapat memahami karakteristik peserta didik di lapangan yang
nantinya dapat dijadikan bekal ketika menjadi seorang guru dalam menyikapi
perbedaan individual siswa SD.
c.
Dapat mengembangkan kompetensi calon guru/pendidik yang
meliputi kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial.
d. Dapat menguasai keterampilan dasar
mengajar sehingga dapat menyajikan proses pembelajaran yang efektif dan
efisien. Tidak hanya menekankan aspek kognitif tetapi juga aspek afektif dan
psikomotorik.
C.
Aktivitas Harian selama Bulan Desember
TABEL 3.2
Aktivitas Harian Selama Bulan Desember
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari kegiatan magang yang dilaksanakan pada SD Negeri 13 Singkawang, dapat disimpulkan
bahwa pelaksanaan magang berlangsung lancar
sesuai tujuan dan kebutuhan warga sekolah. Meskipun
pada awalnya, mengalami kendala, akan tetapi pihak sekolah sangat terbuka dalam
memberikan saran dan masukan. Pihak sekolah sangat interaktif dan responsive
terhadap setiap kesulitan dan keluhan yang dirasakan oleh mahasiswa.
Dari kegiatan PPL ini, ada banyak pengalaman yang telah
diperoleh, antara lain: tentang
cara mengajar yang baik dari guru - guru senior, cara berinteraksi dengan siswa-siswa,
cara mengatasi siswa yang bermasalah,
cara berkomunikasi dan berinteraksi dengan bahasa anak, cara pendekatan
terhadap anak, cara penyusunan perangkat mengajar guru, cara mendisiplinkan
siswa yang bersifat mendidik, cara membuat alat peraga mengajar, cara merawat
lingkungan sekolah, cara memelihara hubungan sosial antara guru,murid dan orang
tua serta hal lainnya, yang
tentunya sangat bermanfaat.
Selain
itu juga, selama PPL di SD Negeri 13 singkawang, saya juga telah berbagi
pengetahuan dengan guru senior tentang cara mengoperasikan computer, cara mengunduh video pembelajaran, dan mencari data (Browsing data) lewat Internet dan beberapa hal lain yang
pernah saya dapatkan ketika di bangku kuliah. Saya sangat bersyukur dapat
melaksanakan kegiatan PPL di SD Negeri 13 Singkawang. Semoga hasil dari kegiatan PPL ini bermanfaat bagi saya, apabila kelak
berada di lingkungan masyarakat.
B. Saran
Dari hasil
kegiatan PPL yang telah dilaksanakan, ada beberapa saran yang dapat
diberikan dan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi
praktikan kedepannya, bagi siswa, bagi STKIP Singkawang, dan bagi SD Negeri 13
Singkawang, yaitu,
1.
Bagi
Praktikan
Adapun saran untuk
praktikan kedepannya diantaranya :
a)
Sebelum
melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas, praktikan diharapkan untuk
lebih mempersiapkan diri dengan maksimal agar tercipta pembelajaran yang lebih
baik.
b)
Sebaiknya
praktikan selalu mencari referensi mengenai strategi dan model pembelajaran
yang sesuai dengan karakter siswa dan materi agar pembelajaran dapat
tersampaikan dengan lebih efektif.
c)
Praktikan
harus senantiasa meminta masukan dan kritikan dari segala pihak agar praktikan
menjadi lebih baik.
d)
Selalu
berinovasi dalam mengembangkan metode pembelajaran agar tercipta suasana
belajar yang berbeda.
e)
Praktikan harus cekatan dalam melakukan
setiap tugas yang diberikan oleh guru senior yang sewaktu-waktu memerlukan
bantuan.
2.
Bagi
Siswa
Adapun saran untuk
siswa SD Negeri
13 Singkawang diantaranya:
a)
Kepada
siswa diharapkan jika waktu istirahat sudah selesai, sebaiknya para
siswa segera masuk ke dalam kelas agar dan mengikuti pelajaran dengan penuh perhatian, seandainya ada guru yang setelah bel masuk belum datang siswa-siswa sebaiknya
menjemput gurunya masuk ke kelas agar
pelajaran dapat
segera dimulai dan siswa tidak
mengalami ketertinggalan dalam materi pelajaran.
b)
Ketika
guru berada di dalam kelas maupun tidak
ada,
sebaiknya siswa tidak membuat suasana ruang kelas terasa riuh.
c)
Dalam menjaga kondisi kebersihan sekolah,
ada baiknya siswa tetap melaksanakan piket kebersihan lingkungan, agar sekolah
tidak menjadi sarang penyakit terutama Nyamuk yang banyak terdapat di sekitar
lingkungan sekolah.
d)
Ketika guru mengajak untuk membersihkan
lingkungan ada baiknya siswa dengan penuh kesadarannya ikut andil dalam
membersihkan lingkungan, tanpa harus di marah terlebih dahulu ataupun di suruh
secara paksa.
e)
Dalam menjaga kesehatannya, sebaiknya sebelum
berangkat ke sekolah siswa harus sarapan atau makan pagi terlebih dahulu,agar
dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik dan terfokus.
f)
Dalam hal kegiatan senam bersama setiap
hari sabtu pagi, ada baiknya jika semua siswa mengikuti kegiatan senam dengan
baik.
3.
Bagi
Pihak Sekolah SD Negeri 13 Singkawang.
Untuk pihak sekolah SD Negeri 13 Singkawang, praktikan berharap agar kerjasama yang telah
terjalin dapat terus berjalan.
4.
Bagi
Pihak STKIP Singkawang
Untuk pihak STKIP Singkawang, penulis berharap agar
dapat terus memberikan
bimbingan dan pengarahan bagi mahasiswa
yang mengikuti kegiatan PPL. Dengan adanya
bimbingan dan arahan, tentunya akan memberikan pengaruh yang besar bagi
praktikan yang melakukan PPL pada SD Negeri 13 singkawang.
DAFTAR
PUSTAKA
Martono. 2013. Pedoman
Penulisan Karya Ilmiah.Pontianak: FKIP UNTAN.
LAMPIRAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar