Mengenai Saya

Foto saya
Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Saya berasal dari Singkawang Kalimantan Barat. Saya anak Suku Dayak Salako Garantukng Sakawokng. Saya cinta perdamaian. Saya cinta Indonesia.

Sabtu, 02 November 2019

RPP BAHASA INDONESIA KELAS 4 TEMA BERBAGAI PEKERJAAN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan         :  SD Negeri 13 Singkawang
Mata Pelajaran                : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester              :  IV (Empat) / 1
Tema 4                             :  Berbagai Pekerjaan
Sub Tema 1                      :   Jenis – Jenis Pekerjaan
Pembelajaran                  :  3
Alokasi Waktu                :  (2 x 35 menit) 1 x Pertemuan


A.         KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  : Menerima, menghargai dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga dan guru.
KI 3  : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.         KOMPETENSI DASAR (KD)
3.5 Menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya).
4.5 Menyajikan petunjuk penggunaan alat dalam bentuk teks tulis dan visual menggunakan  kosakata baku
dan kalimat efektif.
C.        INDIKATOR
1.      Menemukan unsur-unsur yang ada pada cerita Semut dan Belalang.
2.      Menemukan tokoh-tokoh yang ada dalam cerita Semut dan Belalang.
3.      Mengidentifikasi dan memahami sifat-sifat tokoh dalam cerita Semut dan Belalang.
4.      Memberikan penilaian terhadap sifat-sifat tokoh yang ada dalam cerita Semut dan Belalang.
5.      Memahami pesan moral yang ada dalam cerita Semut dan Belalang.
D.          TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Setelah membaca teks cerita, siswa mampu menemukan unsur yang ada pada cerita Semut dan Belalang
2.      Setelah membaca teks cerita, siswa mampu menemukan tokoh-tokoh yang ada dalam cerita Semut dan Belalang.
3.      Setelah membaca teks cerita, siswa dapat mengidentifikasi dan memahami sifat-sifat tokoh pada cerita Semut dan Belalang.
4.      Setelah membaca teks cerita, siswa mampu menilai cerita Semut dan Belalang tersebut dengan detail.
5.      Setelah berdiskusi, siswa mampu menyampaikan pendapatnya mengenai pesan moral cerita Semut dan Belalang secara lisan maupun tulisan dengan sistematis.
E.           MATERI PEMBELAJARAN.
Membaca serta menemukan unsur cerita
         Cerita, dongeng, hikayat, legenda, merupakan bagian dari Sastra. Dalam cerita memiliki unsur-unsur utama yang merupakan penyusun cerita. Unsur-unsur dalam cerita yaitu, judul cerita, tokoh dan penokohan, sifat/karakter tokoh, alur,  latar, dan pesan moral yang bertujuan untuk mendidik pembaca.
Semut dan Belalang
Di tengah hutan, hiduplah seekor semut yang sangat rajin. Setiap hari semut itu selalu bekerja mengumpulkan makanan dan menyimpannya di dalam lumbung. Teriknya matahari dan derasnya air hujan tidak mengurangi semangat Sang Semut untuk mengumpulkan makanan. Dengan bersusah payah, Sang Semut bekerja keras untuk membawa makanan kemudian dikumpulkan dan disimpan di dalam lumbung rumahnya.
Pada suatu hari ketika sedang bekerja, Sang Semut bertemu dengan seekor belalang yang sedang asyik berjemur sambil bermalas-malasan. “Hai Mut, kamu sedang apa?” tanya belalang. “Aku sedang mengumpulkan makanan untuk persiapan musim dingin,” jawab Semut. “Ah, buat apa kamu melakukannya sekarang.Musim dingin masih lama, lebih baik kita bermalas malasan dahulu,” kata belalang lagi. Sang Semut tidak memedulikan belalang tetap saja bekerja mengumpulkan makanan yang dijumpainya. Demikianlah sepanjang hari Sang Semut sibuk bekerja, sementara Sang Belalang bermalas-malasan.
Akhirnya musim dingin tiba. Sang Semut yang rajin itu duduk dengan nyaman di dalam rumahnya yang hangat. Ia menikmati makanannya yang berlimpah. Belalang termenung sedih di rumahnya karena tidak memiliki makanan sedikit pun. Saat Belalang hampir mati kelaparan, Sang Semut datang dan memberinya makanan. Sejak saat itu, Sang Belalang rajin bekerja mengumpulkan makanan seperti Sang Semut.
(Sumber dengan revisi, www.anaknusantara.com)
F.           MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
1)      Model Pembelajaran
a.      Informations search
b.      Peer lesson
c.      Listening team
2)      Metode Pembelajaran
a.    Presentasi
b.    Diskusi
c.    Tanya Jawab
d.    Penugasan
G.          SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Pedoman Guru Tema : Berbagai Pekerjaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
Buku Siswa Tema : Berbagai Pekerjaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).

H.          KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡  Guru mengucapkan  salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡  Siswa menjawab serempak.
¡  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangBerbagai Pekerjaan”.
¡  Guru Mengajak siswa untuk menyanyikan lagu ” Si semut yang kecil”
               Si Semut Yang Kecil
Si semut yang kecil,
Sedang apakah kamu,
Di waktu musim panas,
Kumpul rezeki.
Reff.
Meski kau kecil lemah,
Tuhan tetap p’lihara,
Orang yang bekerja,
Diberkati-Nya.
¡  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran serta  tahapan kegiatan pembelajaran yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
¡  Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kecil, setiap kelompok terdiri atas 4–5 siswa. (Mengekplorasi)
¡  Guru menunjukkan gambar semut dan belalang pada white board.
¡  Siswa bersama kelompoknya mengamati gambar Semut dan belalang  yang ada pada white board. (Mengamati).
¡  Guru bertanya kepada siswa seputar gambar, siswa memberikan argument terhadap gambar yang disajikan.
¡  Guru meminta siswa membuka buku tema 4.Berbagai pekerjaan, subtema 1, pembelajaran 3, halaman 24 bteks cerita semut dan belalang.
¡  Siswa membaca senyap (dalam hati) tentang kisah “Semut dan Belalang” yang ada di buku. (Mengamati)
¡  Siswa menjawab pertanyaan di buku. (Menanya)
¡  Siswa bersama guru menyimpulkan arti pekerjaan dan manfaat bekerja. (Mengkomunikasikan)

45 menit
Penutup
¡  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡  Melakukan penilaian hasil belajar
¡  Mengajak siswa menyanyikan lagu penutup
“ Menanam Jagung”
Ayo kawan kita bersama,
Menanam jagung di kebun kita,
Ambil cangkulmu,
Ambil pangkurmu,
Kita bekerja tak jemu-jemu.
Reff.
Cangkul,cangkul,cangkul yang dalam
Tanahnya longgar jagung kutanam,
Cangkul,cangkul,cangkul yang dalam
Tanahnya longgar jagung kutanam.
¡  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

I.             PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Kriteria penilaian
Sangat baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Pendampingan
(1)
Unsur cerita
Semua unsur cerita tepat.
Sebagian besar unsur cerita tepat.
Hanya sebagian kecil unsur cerita tepat.
Belum mampu menentukan unsur cerita dengan tepat.
Menemukan tokoh
Semua tokoh cerita tepat.
Sebagian besar tokoh cerita tepat.
Hanya sebagian kecil tokoh cerita tepat.
Belum mampu menentukan tokoh cerita dengan tepat.
Mengidentifikasi dan memahami sifat tokoh
Semua sifat sesuai yang dilukiskan lewat tokoh.
Sebagian besar sifat sesuai yang dilukiskan lewat tokoh.
Hanya sebagian kecil   sifat sesuai yang dilukiskan lewat tokoh.
Belum mampu mengidentifikasi dan memahami sifat tokoh.
Menilai cerita
Penilaian yang diberikan semua benar sesuai fakta dengan kalimat.
Penilaian yang diberikan sebagian besar  benar sesuai fakta dengan kalimat.
Penilaian yang diberikan hanya sebagian kecil  benar sesuai fakta dengan kalimat.
Belum mampu memberikan penilaian dan berargumentasi terhadap suatu cerita.
Berpendapat tentang pesan moral cerita
Semua pendapat yang disajikan tersusun dengan baikm terkait pesan moral cerita.
Sebagian besar pendapat yang disajikan tersusun dengan baikm terkait pesan moral cerita.
Hanya sebagian kecil   pendapat yang disajikan tersusun dengan baikm terkait pesan moral cerita.
Belum mampu berpendapat dan tidak mampu memahami pesan moral cerita.

Rumus Penilaian

Nilai :

J.            INSTRUMENT PENILAIAN
         Bacalah Teks Berikut, kemudian jawablah pertanyaan yang telah disiapkan dengan bahasa dan kosakata yang baku dan efektif.
Semut dan Belalang
Di tengah hutan, hiduplah seekor semut yang sangat rajin. Setiap hari semut itu selalu bekerja mengumpulkan makanan dan menyimpannya di dalam lumbung. Teriknya matahari dan derasnya air hujan tidak mengurangi semangat Sang Semut untuk mengumpulkan makanan. Dengan bersusah payah, Sang Semut bekerja keras untuk membawa makanan kemudian dikumpulkan dan disimpan di dalam lumbung rumahnya.
Pada suatu hari ketika sedang bekerja, Sang Semut bertemu dengan seekor belalang yang sedang asyik berjemur sambil bermalas-malasan. “Hai Mut, kamu sedang apa?” tanya belalang. “Aku sedang mengumpulkan makanan untuk persiapan musim dingin,” jawab Semut. “Ah, buat apa kamu melakukannya sekarang.Musim dingin masih lama, lebih baik kita bermalas malasan dahulu,” kata belalang lagi. Sang Semut tidak memedulikan belalang tetap saja bekerja mengumpulkan makanan yang dijumpainya. Demikianlah sepanjang hari Sang Semut sibuk bekerja, sementara Sang Belalang bermalas-malasan.
Akhirnya musim dingin tiba. Sang Semut yang rajin itu duduk dengan nyaman di dalam rumahnya yang hangat. Ia menikmati makanannya yang berlimpah. Belalang termenung sedih di rumahnya karena tidak memiliki makanan sedikit pun. Saat Belalang hampir mati kelaparan, Sang Semut datang dan memberinya makanan. Sejak saat itu, Sang Belalang rajin bekerja mengumpulkan makanan seperti Sang Semut.
(Sumber dengan revisi, www.anaknusantara.com)
Jawablah pertanyaan berikut ini bersama anggota kelompokmu!
1.      Unsur apa saja yang ada pada cerita yang berjudul semut dan belalang?
Jawaban:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2.      Siapa saja tokoh yang ada pada cerita?
Jawaban:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3.      bersama kelompokmu, tentukan sifat-sifat tokoh yang ada pada cerita kemudian berikan alasanmu, sifat tokoh mana yang harus di contoh dan yang tidak boleh di contoh? mengapa?
Jawaban:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4.        Bersama anggota kelompok,berikan penilaianmu tentang isi cerita yang  telah dibaca.
Jawaban:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5.        Apa pesan moral yang dapat kita peroleh dari ceritayang berjudul semut dan belalang?
Jawaban:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...















RUBRIK PENILAIAN
 Bahasa Indonesia
No
Nama Siswa
Kriteria
Jumlah Skor
Nilai Akhir
J.B/16X100=
Kkm (70)
S. Baik
Baik
Cukup
Prlu Bimbingan
T/TT
Keterangan
1
Aldi








2
Arda








3
Awalina








4
Dafa Andrian








5
Dimas Pratama








6
Dindy Adelia Shiffa








7
Elisa








8
Fadillah Akbar








9
Fatimah








10
Ferdi Tri Wardoyo








11
Gendis








12
Hekri Agustian








13
Jun Nyiat








14
Mustaqimul A’rat.M








15
Nazril Khairul Anam








16
Nova Novianti








17
Novy Zahra








18
Qaulan Saqilan








19
Raffi Adnanta Akbar








20
Reny Yulianti








21
Rio Tampati








22
Shinta








23
Zesi Yusnita








24
Andika








Jumlah









Catatan:  ………………………………

Mengetahui,                                                                                        Singkawang, … Nov 2017
Guru Pamong                                                                                      Praktikan


IDAWATI, S.Pd                                                                                 HENDRASIUS
NIP. 19600417 1980092001                                                               NIM. 11308504140059



Tidak ada komentar:

Puisi Ngauk Kapalo karya Hendra Bahari Singkawang 2024

 Ngauk Kapalo (Hendra Bahari Singkawang)   Nanang mato ka oncok bukit, Maok ijook gaik taraboh, Antoh mato dameo, Mato urok taraboh, Ka puhu...