LAMPIRAN 4. SILABUS
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SD NEGERI 13 SINGKAWANG
Kelas
: IV ( Empat)
Semester : I (Ganjil)
Tahun
Pelajaran : 2017/2018
Alokasi waktu :
66 jam pelajaran
Pembelajaran
|
Kompetensi Dasar yang akan dicapai
|
Materi
Pokok
|
Subtema
1: Keberagaman Budaya Bangsaku (22 jam pelajaran)
|
|
|
· Mengamati
gambar keragaman budaya Indonesia
· Mengidentifikasi
(mengumpulkan data) keberagaman social,
ekonomi, budaya, etnis di lingkungan
sekolah melalui wawancara warga sekolah (komunikasi)
· Mendiskusikan
hasil wawancara tentang keberagaman social,
ekonomi, budaya, etnis dalam
kelompok (berfikir kritis)
· Menyampaikan
hasil diskusi tentang keberagaman social,
ekonomi, budaya baik secara lisan maupun tulisan (Komunikasi dan
kolaborasi)
|
IPS KD
3.2
IPS KD
4.2
PPKn KD
1.4
PPKn KD
2.4
PPKn KD
3.4
PPKn KD
4.4
|
· Keberagaman
sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di lingkungan sekitar
|
· Melakukan
percobaan cara menghasilkan bunyi dari berbagai alat musik dan perambatan
bunyi
· Menjelaskan
tentang cara alat musik tersebut dibunyikan (dipukul, ditiup, digoyang,
dipetik, digesek, dsb) serta berbagai alat yang menunjukkan perambatan bunyi (Komunikasi)
· Memainkan
alat music daerah sebagai inspirasi sikap kerjasama (kreatifitas)
|
IPA KD
3.6
IPA KD
4.6
|
· Syarat
terjadinya bunyi
· Cara
menghasilkan bunyi
|
PPKn KD
1.4
PPKn KD
2.4
PPKn KD
3.4
PPKn KD
4.4
|
·
Keberagaman budaya daerah
|
|
|
|
|
|
|
|
· Membaca
teks tentang keberagaman tarian daerah di Indonesia
· Berdiskusi untuk mnemukan
gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang dibaca
· Mendiskusikan penyusunan
kerangka penulisan berdasarkan gagasan pokok dan pendukung (berfikir kritis)
|
BI KD 3.1
BI KD 4.1
|
·
Gagasan pokok dan pendukung pada teks
|
|
|
|
· Mengamati
tarian daerah sebagai salah satu bentuk kecintaan terhadap keberagaman budaya
Indonesia melalui video
· Mendiskusikan
hasil pengamatan video untuk melakukan langkah langkah menampilkan tari
daerah
· Memainkan
dan menampilkan tarian daerah sebagai salah satu bentuk kecintaan terhadap
keberagaman budaya Indonesia
|
SBdP KD
3.3
SBdP KD
4.3
|
· Gerak
tari
|
Subtema
2: Kebersamaan dalam
Keberagaman (22 jam pelajaran)
|
|
|
|
|
|
· Menyimak teks/gambar/
paparan/vidio tentang sikap toleransi dan kerjasama dalam keragaman suku,
budaya, dan agama
· Mendiskusikan sikap toleransi
dan kerjasama dalam keragaman suku, budaya, dan agama yang ditampilkan dalam
teks/ gambar/ vidio
· Menceritakan atau menuliskan
pengalaman siswa tentang sikap toleransi yang pernah dialaminya
|
IPS KD
3.2
IPS KD
4.2
|
· Keberagaman
sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di lingkungan sekitar
|
· Melakukan diskusi kelompok
tentang pentingnya kerjasama dalam keberagaman
· Mempraktikkan kembali kerjasama
dengan sarana memainkan alat musik daerah
|
PPKn KD
1.4
PPKn KD
2.4
PPKn KD
3.4
PPKn KD
4.4
|
· Keberagaman yang terikat
persatuan
|
|
|
|
|
|
|
·
Melakukan percobaan sederhana untuk membuktikan
tentang asal sumber bunyi hingga sampai ke telinga dan perambatan bunyi dalam
medium berbeda (benda padat, cair, dan gas), pemantulan dan penyerapan bunyi,
tinggi-rendah bunyi, dan keras-lemah bunyi
·
Mendiskusi kan dalam kelompok sifat-sifat bunyi
dari beragam sumber bunyi
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang sifat-sifat
bunyi dari beragam sumber bunyi
|
IPA
KD 3.6
IPA
KD 4.6
|
· Sumber bunyi
· Syarat terjadinya bunyi
|
|
|
|
· Melakukan tanya jawab dengan
tokoh masyarakat yang didatangkan ke kelas tentang budaya masyarakat setempat
· Membuat tulisan tentang
keragaman budaya masyarakat setempat
|
IPS KD
3.2
IPS KD
4.2
|
· Keberagaman
sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di lingkungan sekitar
|
|
|
|
· Mengamati tari kreasi daerah
melalui demonstrasi oleh guru atau vidio
· Melakukan gerak dasar tari
kreasi daerah
|
SBdP KD
3.3
SBdP KD
4.3
|
· Gerak
tari
|
|
|
|
Subtema 3: Bersyukur atas
Keberagaman (32 jam pelajaran)
|
|
|
|
|
|
· Melakukan pendataan semua teman
yang ada di kelas, misalnya suku bangsa, agama, dan kebiasaan
· Mendiskusikan tentang
bentuk-bentuk kerjasama yang membangun persatuan dan kesatuan
· Menuliskan hasil diskusi
tentang bentuk-bentuk kerjasama yang membangun persatuan dan kesatuan
|
PPKn KD
1.4
PPKn KD
2.4
PPKn KD
3.4
PPKn KD
4.4
|
· Keberagaman yang terikat
persatuan
|
|
|
|
|
|
|
· Membaca teks tentang keragaman
suku bangsa, sosial, dan budaya yang ada di Indonesia
· Menceritakan
kembali teks tentang keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya yang ada di
Indonesia
· Membuat kliping tentang
keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya yang ada di
Indonesia
|
IPS KD
3.2
IPS KD
4.2
|
· Keberagaman
sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di lingkungan sekitar
|
|
|
|
|
|
|
· Mendiskusikan dan
mempresentasikan hasil diskusi tentang bagaimana indera pendengaran manusia
bekerja dan bagaimana manusia yang tidak memiliki indera pendengaran dapat
berkomunikasi
|
IPA KD 3.6
IPA KD 4.6
|
·
Telinga sebagai indera pendengar dan cara merawatnya
|
· Mengamati
dan memperagakan tari kreasi daerah dengan penuh penjiwaan
|
SBdP KD
3.3
SBdP KD
4.3
|
· Gerak
tari
|
Alokasi waktu :66
jam pelajaran
Pembelajaran
|
Kompetensi
Dasar yang akan dicapai
|
Materi Pokok
|
Subtema 1: Sumber Energi
(22 jam pelajaran )
|
|
|
· Mengamati gambar tentang
penggunaan sumber energi (misalnya air dan listrik)
· Mendiskusikan tentang hak dan
kewajiban penggunaan sumber energi (misalnya air dan listrik)
|
IPA KD 3.5
IPA KD 4.5
|
· Sumber energi
|
· Menuliskan hak dan kewajiban
individu terkait penggunaan energi (misalnya air dan listrik)
· Mengomunikasikan pentingnya
kerja sama dalam melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat
dalam kehidupan sehari-hari
|
PPKn KD 1.2
PPKn KD 2.2
PPKn KD 3.2
PPKn KD 4.2
|
· Kewajiban dan hak sebagai
anggota masyarakat
|
|
|
|
· Mengamati teks visual/gambar
tentang sumber energi, mendiskusikan, dan menjelaskan isi teks/ gambar
· Menuliskan kembali teks
visual/gambar tentang sumber energi menggunakan bahasa sendiri
· Membaca dan mempraktikkan teks
prosedur tentang membuat kincir angin sederhana sebagai sumber energi
|
IPA KD 3.5
IPA KD 4.5
BI KD 3.2
BI KD 4.2
|
· Sumber energi
· Perubahan bentuk energi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Mengamati konsumsi air minum
dalam botol yang dibawa teman-teman dalam satu kelas
· Mengamati tumbuhan dan cuaca,
melihat keterkaitan antara tumbuhan dan sinar matahari sebagai sumber
energi (manfaat matahari dalam
kehidupan)
· Menuliskan hasil pengamatan
tentang perubahan bentuk energi matahari dalam kehidupan dengan sistematis
· Menuliskan manfaat sinar
matahari bagi kehidupan di bumi dalam bentuk peta pikiran dalam bentuk tulisan
maupun gambar
· Melakukan percobaan tentang
perubahan bentuk energi angin dalam
kehidupan sehari-hari : Membuat kincir angin dan kincir air sederhana
berdasarkan teks prosedur
· Mengamati gambar, membaca teks,
dan mendiskusikan tentang sumber energi yang digunakan untuk mengelola sumber
daya alam
|
IPA KD 3.5
IPA KD 4.5
BI KD 3.2
BI KD 4.2
|
· Sumber energi
· Matahari sebagai sumber energi
· Hubungan antara tumbuhan dan
cuaca
· Perubahan bentuk energi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Diskusi tentang sumber daya
alam dan pemanfaatannya di daerah sekitar
|
IPS KD 3.1
IPS KD 4.1
|
· Kegiatan ekonomi dalam
pemanfaatan sumber daya alam
|
· Membaca teks kemudian
menyanyikan lagu “Menanam jagung” sesuai tinggi rendah nada dengan aba-aba
ketukan dari guru
· Menyanyikan lagu Menanam Jagung
dengan nada dan tempo yang tepat, seperti yang dicontohkan guru
|
SBdP KD 3.2
SBdP KD 4.2
|
· Tanda tempo
· Tinggi rendah nada
|
|
|
|
|
|
|
Subtema 2: Manfaat Energi
(22 jam pelajaran)
|
|
|
· Membaca teks dan berdiskusi
tentang penggunaan sumber daya alam
yang terbatas (misalnya penggunaan kertas)
|
IPS KD 3.1
IPS KD 4.1
|
· Kegiatan ekonomi dalam
pemanfaatan sumber daya alam
|
· Berdiskusi tentang hak dan
kewajiban terkait pemafaatan energi
· Menceritakan pengalaman diri
melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dalam kehidupan masyarakat
dengan benar
|
PPKn KD 1.2
PPKn KD 2.2
PPKn KD 3.2
PPKn KD 4.2
|
· Kewajiban dan hak sebagai
anggota masyarakat
|
|
|
|
|
|
|
· Membuat poster tentang penggunaan
energi yang benar sebagai hak dan kewajiban sebagai individu Melakukan
kampanye tentang hemat energi di lingkungan sekolah menggunakan poster
· Mendiskusikan tentang
pemanfaatan limbah
· Mengamati gambar dan membaca
teks prosedur tentang membuat produk dari limbah
· Mempraktikkan teks prosedur
tentang membuat produk dari limbah
|
IPA KD 3.5
IPA KD 4.5
BI KD 3.4
BI KD 4.4
|
· Penggunaa energi
· Hemat energi
|
|
||
|
||
|
||
· Membaca teks tentang sumber
energi dan perubahan bentuk energi dan
manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
· Mengidentifikasi penggunaan beragam benda elektronik di
rumah (daya yang dibutuhkan dan waktu
yang penggunaannya)
· Menyajikan dalam bentuk tabel
penggunaan benda elektronik di rumah
|
IPA KD 3.5
IPA KD 4.5
|
· Sumber energi
· Perubahan bentuk energi
· Manfaat energi dalam kehidupan
|
|
|
|
|
|
|
· Membaca teks/gambar/ paparan
mengenai sumber daya alam yang
digunakan sebagai sumber energi (misalnya: batu bara, minyak bumi, dan gas
alam)
· Mencari informasi untuk membuat
peta sumber energi (batu bara, minyak bumi, dan gas alam) di Indonesia dengan
menggunakan simbol-simbol
|
IPA KD 3.5
IPA KD 4.5
IPS KD 3.1
IPS KD 4.1
|
· Sumber energi
· Perubahan bentuk energi
· Manfaat energi dalam kehidupan
· Kegiatan ekonomi dalam
pemanfaatan sumber daya alam
|
|
||
· Menyanyikan lagu “Menanam
Jangung” sesuai dengan tempo (sedang) diiringi ketukan dan tepuk tangan
· Menyanyikan lagu Aku Anak
Indonesia dengan tempo dan tinggi rendah nada
|
SBdP KD 3.2
SBdP KD 4.2
|
· Tanda tempo
· Tinggi rendah nada
|
|
|
|
|
|
|
Subtema 3: Energi Alternatif
(22 jam pelajaran)
|
|
|
· Membaca teks tentang ayo hemat
energi
· Melakukan pengamatan di
lingkungan sekitar tentang perilaku hemat energi
|
IPA KD 3.5
IPA KD 4.5
|
· Hemat energi
· Energi alternatif
|
|
|
|
· Mendiskusikan pelaksanaan hak
dan kewajiban dari masyarakat di lingkungannya dengan benar terkait hemat
energi
· Membaca teks/gambar/paparan
tentang ketersediaan sumber energi dari alam yang terbatas
· Membaca teks/gambar/paparan
tentang energi alternatif
· Membuat ringkasan tentang
hubungan ketersediaan sumber energi alam dan energi alternatif
· Membuat teks petunjuk hemat
energi sesuai dengan masalah yang ditemukan di lingkungan
|
IPA KD 3.5
IPA KD 4.5
PPKn KD 1.2
PPKn KD 2.2
PPKn KD 3.2
PPKn KD 4.2
|
· Hemat energi
· Energi alternatif
· Kewajiban dan hak sebagai warga
negara
|
IPA KD 3.5
IPA KD 4.5
BI KD 3.2
BI KD 4.2
|
· Hemat energi
· Energi alternatif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Membaca teks informasi dan
melakukan percobaan tentang sumber energi alternatif dari kentang yang mampu
menghasilkan arus listrik bertegangan rendah
· Mengidentifikasi manfaat
kentang sebagai sumber energi alternatif
dengan tepat
· Menyajikan laporan dalam bentuk
peta pikiran hasil pengamatan
tentang perubahan bentuk energi
alternatif dalam kehidupan
sehari-hari
|
IPA KD 3.5
IPA KD 4.5
BI KD 3.2
BI KD 4.2
|
· Sumber energi
· Perubahan bentuk energi
· Manfaat energi dalam kehidupan
|
|
|
|
|
|
|
· Menemukan dan menuliskan
informasi tentang karakteristik bentang alam: pantai, dataran rendah, dan
dataran tinggi
· Membaca teks, mengamati gambar,
menjawab pertanyaan, berdiskusi dan menuliskan sumber daya alam dan
manfaatnya sebagai pangan lokal dan energi alternatif
|
IPS KD 3.1
IPS KD 4.1
|
· Manfaat energi dalam kehidupan
· Kegiatan ekonomi dalam
pemanfaatan sumber daya alam
|
|
|
|
· Menyanyikan lagu “Aku Anak
Indonesia” sesuai dengan tempo (sedang) diiringi ketukan dan tinggi rendah
nada
· Menyanyikan syair lagu Kring Kring
Ada Sepeda secara berpasangan dengan tempo dan tinggi rendah nada seperti
contoh yang diberikan guru
|
SBdP KD 3.2
SBdP KD 4.2
|
· Tanda tempo
· Tinggi rendah nada
|
|
|
Alokasi waktu :
66 jam pelajaran
Untuk
mencapai sejumlah Kompetensi Dasar tersebut di atas dilakukan melalui Materi
Pokok dan Pembelajaran pada beberapa subtema berikut ini.
Pembelajaran
|
Kompetensi Dasar yang akan
dicapai
|
Materi
Pokok
|
Subtema
1: Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
(22 jam pelajaran)
|
|
|
· Mengamati
teks/gambar tentang hewan dan tumbuhan di lingkungan sekitar
· Berdiskusi
dan tanya jawab tentang hak dan kewajiban secara seimbang ketika memanfaatkan
hewan dan tumbuhan di lingkungan sekitar
|
IPA KD
3.8
IPA KD
4.8
|
· Keseimbangan
dan pelestarian sumber daya alam
|
|
|
|
· Melakukan
refleksi dan mendiskusikan hak dan kewajiban tentang kegiatan menanam dan
merawat tumbuhan
· Membaca
dan mencermati keterampilan dan sikap yang baik dalam melakukan wawancara
· Menyusun
daftar pertanyaan tentang hak dan kewajiban untuk memelihara hewan dan
tumbuhan
|
IPA KD
3.8
IPA KD
4.8
PPKn KD 1.2
PPKn KD 2.2
PPKn KD 3.2
PPKn KD 4.2
|
· Keseimbangan
dan pelestarian sumber daya alam
· Kewajiban dan hak memanfaatkan tumbuhan
|
|
|
|
|
|
|
· Melakukan
simulasi wawancara kepada masyarakat sekitar sesuai pertanyaan yang telah
disusun
· Melakukan
penaksiran bilangan desimal, pecahan (menggunakan media tumbuhan atau hewan
yang ada disekitar)
|
BI KD
3.3
BI KD
4.3
|
· Wawancara
|
|
|
|
· Mengamati
dan mengidentifikasi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya (tumbuhan yang ada
di sekitar)
|
IPA KD
3.1
IPA KD
4.1
|
· Bagian-bagian
tumbuhan dan fungsinya
|
· Menanam
satu jenis tanaman dan merawatnya
· Membuat
jadwal merawat tanaman
· Membuat
tabel pengamatan untuk mencatat pertumbuhan tanaman yang
dirawatnya(dibutuhkan waktu untuk dapat mengisi dan melaporkannya)
|
IPA KD
3.8
IPA KD
4.8
|
· Keseimbangan
dan pelestarian sumber daya alam
|
|
|
|
|
|
|
· Melakukan
pengamatan bentang alam Indonesia (pantai,dataran rendah dan dataran tinggi)
· Menggali
informasi tentang karakteristik tempat tinggal dan pemanfaatan sumber daya
alam
|
IPS KD
3.1
IPS KD
4.1
|
· Karakteristik
tiga bentang alam yaitu pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi
· Karakteristik
tempat tinggal dan pemanfaatan sumber daya alam
|
· Berkreasi
membuat kolase dari bahan alam tentang
hewan atau tumbuhan di sekitarnya
|
SBdP KD
3.4
SBdP KD
4.4
|
· Kolase
· Apresiasi
terhadap karya seni
|
· Menuliskan
apresiasi dan saran atas hasil karya
temannya
|
|
|
Subtema
2 : Keberagaman Makhluk Hidup Di Lingkunganku
(22 jam
pelajaran)
|
|
|
· Mengamati
gambar hewan atau tumbuhan di Indonesia yang dilindungi dan langka (Misalnya.
Komodo, Badak Bercula, bunga bangkai)
· Berdiskusi
tentang pentingnya menjaga kelestarian hewan dan tumbuhan
· Menuliskan
saran menurut siswa upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian
hewan dan tumbuhan
· Membaca
teks tentang hewan dan tumbuhan langka yang dilindungi
· Mengumpulkan
gambar tentang hewan dan tumbuhan langka yang dilindungi
· Membuat
poster tentang upaya menjaga kelestarian hewan dan tumbuhan langka dan
dilindungi
· Melakukan
kampanye ajakan untuk meletarikan hewan menggunakan poster yang telah dibuat
|
IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
|
· Hewan
dan tumbuhan langka yang dilindungi
· Keseimbangan
dan pelestarian sumber daya alam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Membaca
teks tentang cara membuat pertanyaan dan hasil wawancara
· Membuat
daftar pertanyaan untuk persiapan wawancara kepada pengelola kebun binatang
setempat (bila memungkinkan) atau peternak atau petani tentang pemeliharaan
hewan atau tanaman
· Melakukan
wawancara
|
BI KD 3.3
BI KD 4.3
|
· Wawancara
|
|
|
|
|
|
|
· Mengamati
hewan peliharaan dan menjawab pertanyaan
· Menuliskan
pengalaman merawat hewan peliharaan atau pengalaman menyayangi hewan di
sekitarnya
|
IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
|
· Kegunaan
hewan bagi manusia
|
|
||
· Mengidentifikasi
bagian-bagian tubuh hewan dan fungsinya, perbedaan dari tubuh hewan beserta
fungsinya dalam pelestarian lingkungan
|
IPA KD
3.1
IPA KD
4.1
|
· Bagian
tubuh hewan dan fungsinya
|
· Mendiskusikan
ciri-ciri khas hewan dan mengaitkan ciri-ciri khusus hewan dengan
karakteristik tempat hidupnya
· Berdiskusi
tentang pentingnya peran hewan atau tumbuhan sebagai sumber daya alam hayati
· Membaca
teks tentang karakteristik tempat hidup hewan, pengaruh keadaan alam (iklim
dan bentuk muka bumi) terhadap kehidupan hewan
|
IPA KD
3.8
IPA KD
4.8
|
· Habitat
hidup hewan
|
|
|
|
|
|
|
· Mengidentifikasi
karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan sekitar
mereka
· Menyajikan
informasi tentang karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam di
lingkungan sekitar mereka
|
IPS KD 3.1
IPS KD 4.1
|
· Karakteristik
ruang dan pemanfaatan sumber daya alam
|
|
|
|
· Berkreasi
membuat mozaik dari bahan alam dengan tema keberagaman hewan dan tumbuhan
· Mengapresiasi
karya seni mozaik
|
SBdP KD 3.4
SBdP KD 4.4
|
· Teknik
tempel: kolase, mozaik, motase
· Apresiasi
terhadap karya seni
|
|
|
|
Subtema
3 : Ayo Cintai Lingkungan
(22 jam
pelajaran)
|
|
|
· Mengamati
gambar/ paparan/tayangan tentang lingkungan hidup
· Mendiskusikan
hak dan kewajiban masyarakat terhadap lingkungan
· Memberikan
contoh tindakan yang dapat dilakukan untuk menjaga lingkungannya
(melaksanakan hak dan kewajiban)
|
PPKn KD 1.2
PPKn KD 2.2
PPKn KD 3.2
PPKn KD 4.2
|
· Kewajiban
dan hak sebagai warga
|
|
|
|
|
|
|
· Mengamati
gambar dan menjelaskan dampak dari melalaikan kewajiban menjaga lingkungan
· Melakukan
pengamatan dan menyajikan laporan kesadaran masyarakat menjaga lingkungan di
tempat tinggalnya
· Melakukan
refleksi kebiasaan peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan
dalam bentuk tabel
|
IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
|
· Keseimbangan
dan pelestarian lingkungan
|
|
|
|
|
|
|
· Membaca,
mencermati langkah-langkah, dan berlatih menjelaskan cara menyajikan laporan
hasil wawancara secara lisan
· Menggali
informasi tentang pelestarian alam melalui kegiatan wawancara
· Menyajikan
laporan tertulis menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif
|
BI KD 3.3
BI KD 4.3
|
· Wawancara
|
|
|
|
|
|
|
· Melakukan observasi dan diskusi untuk menjelaskan pentingnya penghijauan sebagai
salah satu upaya pelestarian sumber daya alam menanam tanaman (praktik nyata
untuk melestarikan sumber daya alam dan lingkungan )
· Menjelaskan
dan menyajikan informasi pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam di
lingkungan sekitar
· Menjelaskan
manfaat dari peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan
|
IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
|
· Keseimbangan
dan pelestarian lingkungan
|
|
|
|
|
|
|
· Mengidentifikasi
pemanfatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat
· Menyajikan
informasi hasil identifikasi pemanfataan sumber daya alam hayati bagi
kesejahteraan masyarakat
· Membuat diagram frayer untuk manyebutkan contoh
sikap dalam melestarikan lingkungan sebagai kewajiban sebagai warga, mengomunikasikan ajakan untuk melestarikan
sebagai bentuk kewajiban sebagai warga
|
IPS KD 3.1
IPS KD 4.1
IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
|
· Pemanfaatan
sumberdaya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat
|
|
|
|
|
|
|
· Membuat
montase dari bahan alam dengan tema menjaga lingkungan
|
SBdP KD 3.4
SBdP KD 4.4
|
· Teknik
tempel: kolase, mozaik, motase
· Apresiasi
terhadap karya seni
|
Alokasi waktu :
66 jam pelajaran
Kompetensi Dasar yang
akan dicapai
|
Materi Pokok
|
|
Subtema 1: Jenis-jenis pekerjaan
(22 jam pelajaran)
|
|
|
• Mengamati
burung Garuda Pancasila dan menyebutkan simbol serta sila sila pancasila
• Mendiskusikan
dalam kelompok tentang makna sila pertama Pancasila dan contohnya dalam
kegiatan sehari hari
• Menuliskan
pengalaman diri melaksanakan sila pertama Pancasila yaitu sifat jujur
• Mendiskusikan
nilai-nilai yang harus dimiliki untuk mendapatkan pekerjaan salah satunya
jujur
• Menganalis
dan menyampaikan pendapat pribadi tentang sikap tokoh dalam cerita yang
berhubungan dengan nilai-nilai
Pancasila
• Menilai
dan mendeskripsikan tokoh yang ada di dalam cerita
• Membaca
teks tentang “Pemimpin Idola, Pemimpin yang Jujur” dan mendiskusikannya
dihubungkan dengan sila pertama Pancasila
• Menuliskan
pendapat pribadi teks yang telah dibaca tentang “pemimpin Idola, Pemimpin
yang Jujur”
|
PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
|
·
Makna hubungan simbol dengan sila-sila
Pancasila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
• Mendiskusikan
tentang pentingnya menjaga kelestarian tumbuhan sebagai upaya menjaga
keseimbangan sumber daya alam
• Menuliskan
dan mempresentasikan contoh kegiatan yang dapat menjaga keseimbangan dan
kelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitar
• Menyusun
3 rencana kegiatan untuk menjaga kelestarian sumber daya alam di sekitar
lingkungan agar terlindungi
• Memilih
satu kegiatan menjaga kelestarian alam, menuliskan laporannya dan
mempresentasikan hasil kegiatan tersebut
|
IPA
KD 3.8
IPA KD 4.8
|
·
Keseimbangan dan pelestarian sumber daya
alam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
• Membaca
teks tentang pekerjaan di lingkungannya dan mendiskusikannya
• Mengidentifikasi
jenis jenis pekerjaan yang dibutuhkan di masyarakat
• Mendiskusikan
tentang jenis pekerjaan tertentu
• Mengidentifikasi
pekerjaan di sekitar lingkungan
·
Membandingkan pekerjaan yang ada di
lingkungan tertentu dengan pekerjaan di lingkungan lain dengan menggunakan
diagram Venn secara berkelompok
• Menyusun laporan dari diagram Venn dalam bentuk
tulisan dan mempresentasikannya secara berkelompok
• Menggali
informasi (wawancara) tentang kegiatan ekonomi dan berbagai pekerjaan yang
ada dilingkungan sekitar
• Mempresentasikan
hasil wawancara tentang kegiatan ekonomi dan
berbagai pekerjaan
|
IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
|
·
Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja
(produksi, distribusi, konsumsi)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
• Menggambar
tiga dimensi tentang bangunan idaman
|
SBdP KD 3.1
SBdP KD 4.1
|
·
Gambar bentuk dan membentuk berdasarkan
objek
|
Subtema 2: Pekerjaan diSekitar Kita (22 jam pelajaran)
|
|
|
• Mengamati simbol dan mendeskripsikan makna sila ke
dua Pancasila dengan benar
• Mengidentifikasi
aktifitas yang mencerminkan sila kedua Pancasila dan juga aktifitas yang
bertentangan dengan sila kedua pancasila
• Berdiskusi
dan menuliskan kesepakatan kelas
tentang pengamalan sila ke dua Pancasila
· Membedakan
sikap yang baik dan sikap yang tidak baik terkait nilai-nilai yang terkandung
dalam Pancasila
|
PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
|
·
Makna hubungan simbol dengan sila-sila
pacasila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
• Membaca
cerita pendek, mendiskusikannya dan menjawab pertanyaannya
• Menyampaikan
pendapat secara tulisan dan lisan tentang cerita tersebut
• Menyampaikan
pendapatnya mengenai suatu cerita secara lisan maupun tulisan
|
BI KD 3.5
BI KD 4.5
|
·
Menyampaikan pendapat pribadi
|
|
|
|
|
|
|
• Membaca
cerita tentang pekerjaan tertentu dan memberikan pendapat
• Menilai
unsur cerita (pesan moral), menuliskan dan menceritakannya
|
IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
|
·
Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja
(produksi, distribusi, konsumsi)
|
|
|
|
• Mendiskusikan
dan membandingkan penggunaan teknologi penangkapan ikan baik tradisional
ataupun modern
• Menganalisis
dan menuliskan pemanfaatan teknologi modern serta dampaknya bagi pemanfaatan
sumber daya alam
·
Menuliskan tentang sumberdaya alam yang
dimanfaatkan oleh kita dan bagaimana membatasi penggunaan sumber daya alam
dalam kehidupan sehari-hari
|
IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
|
·
Dampak penggunaan teknologi dalam
pemanfaatan sumber daya alam
|
|
|
|
|
|
|
• Mengamati
gambar kegiatan ekonomi mulai dari produsen sampai konsumen (misalnya ikan
yang ditangkap nelayan sampai di konsumsi masyarakat)
• Mendiskusikan
dan mempresentasikan dalam kelompok:
jenis kegiatan ekonomi, Jenis barang yang dijualbelikan, Jenis pekerjaan yang
terlibat pada kegiatan tersebut, dan hasil dari setiap pekerjaan
• Mendiskusikan
gambar tentang jenis barang yang diperjualbelikan dan jenis pekerjaan yang
terlibat
• Mempresentasikan
hasil diskusi tentang jenis barang yang diperjualbelikan dan jenis pekerjaan
yang terlibat
|
IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
|
·
Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja
(produksi, distribusi, konsumsi)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
• Menggambar/melukis
kegiatan yang menunjukkan pengamalan sila ke dua Pancasila dengan kreatif
• Mempresentasikan
gambar hasil karyanya sebagai seorang pelukis
• Mengamati
karya gambar tiga dimensi yang telah dibuat pada pertemuan sebelumnya
• Menuliskan
hasil apresiasi terhadap karya gambar tiga dimensi
•
|
PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
SBdP KD 3.1
SBdP KD 4.1
|
·
Makna hubungan simbol dengan sila-sila
pacasila
|
·
Gambar bentuk dan membentuk berdasarkan
objek
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Subtema 3: Pekerjaan orang tuaku
(22 jam pelajaran)
|
|
|
• Membaca
teks tentang ‘sikap gotong royong dari nelayan’ dan menjawab pertanyaan
|
PPKn KD 1.2
PPKn KD 2.2
PPKn KD 3.2
PPKn KD 4.2
|
·
Pelaksanaan kewajiban dan hak
|
• Mengamati
gambar simbol sila ke tiga pancasila, mencari informasi tentang makna sila
ketiga Pancasila
• Menganalisis
masalah dalam kehidupan sehari-hari
yang berkaitan dengan pengamalan sila ketiga Pancasila
• Menghubungkan
sikap tokoh dengan pengamalan sila ketiga Pancasila
• Menceritakan
kegiatan yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari dalam rangka
pengamalan sila ketiga Pancasila
|
PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
|
·
Makna hubungan simbol dengan sila-sila
Pancasila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
• Membaca
teks tentang dongeng di daerahnya yang berkaitan dengan kerja keras/pekerjaan
• Menilai
dan menyajikan pesan moral berdasarkan pendapat pribadi
• Menemukan
unsur-unsur cerita dalam dongeng dan menuliskannya
• Mengidentifikasi
unsur instrinsik dari cerita yang dibaca dan menuliskannya dalam bentuk peta
pikiran
|
BI KD 3.5
BI KD 4.5
|
·
Pendapat pribadi tentang isi buku sastra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
• Mengamati
gambar kenampakan hutan di Kalimantan dan mendiskusikan kondisi penurunan
pohon dihutan kalimantan
• Mengidentifikasi
kegiatan terkait pengontrolan dalam pemanfaatan sumber daya alam
• Mewarnai
peta hutan Kalimantan dan menginformasikan dampak pemanfaatan sumber daya
alam yang tidak terkontrol dalam kehidupan sehari-hari dan upaya pencegahan langkanya ketersediaan
sumber daya alam
• Membaca
teks tentang ‘Pengrajin cendera mata’ dan menjawab pertannyaan
· Membaca
teks tentang ‘Pengolahan Sampah’ dan membuat peta pikiran
|
IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
|
·
Ketersediaan sumber-sumber ekonomi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Menuliskan
upaya pengolahan sampah sebagai upaya pelestarian sumber daya alam dalam kehidupan
sehari-hari
|
IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
|
·
Pengolahan sampah
|
• Membaca
teks tentang pengrajin kayu dan menjawab pertanyaannya
• Berdiskusi
dalam kelompok tentang proses pengolahan kayu: dari bahan baku menjadi suatu
produk, jenis pekerjaan dan produk yang dihasilkannya
|
IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
|
·
Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja
(produksi, distribusi, konsumsi)
|
|
|
|
• Mengamati
bagan tentang proses pembuatan sarung Samarinda
|
|
|
• Mengidentifikasi
berbagai kegiatan ekonomi dan perkerjaan yang ada di lingkungan sekitar
|
IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
|
·
Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja
|
• Menggambar
perahu nelayan
• Mengamati
karya gambar tiga dimensi yang telah dibuat sebelumnya
• Memberikan
apresiasi terhadap karya gambar tiga dimensi
yang dibuat oleh teman-temannya
• Menyajikan
hasil apresiasi terhadap karya gambar tiga dimensi
|
SBdP KD 3.1
SBdP KD 4.1
|
·
Gambar bentuk dan membentuk berdasarkan
objek
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Alokasi waktu :66
jam pelajaran
Pembelajaran
|
Kompetensi
Dasar yang akan dicapai
|
Materi
Pokok
|
Subtema: 1 Perjuangan Para Pahlawan (22 jam pelajaran)
|
|
|
· Membaca teks tentang perjuangan
Raja Purnawarman, kemudian menjawab pertanyaan, dan mengulas kembali tentang
sikap kepahlawanannya terkait dengan makna sila keempat Pancasila
· Menuliskan hasil diskusi
tentang sikap kepahlawanan dalam bentuk tabel
|
IPS KD 3.4
IPS KD 4.4
|
· Kerajaan Hindu dan Buddha
|
|
|
|
· Mengamati gambar, membaca teks,
membuat peta pikiran dan mempresentasikan tentang pahlawan yang dikenal di
daerahnya, perjuangannya, dan sikap kepahlawanannya dikaitkan dengan makna
sila keempat Pancasila
· Berdiskusi dan memberikan
contoh tentang sikap sehari-hari dikaitkan dengan pengamalan sila-sila dalam
Pancasila. Misalnya: belajar giat yang termasuk sikap-sikap pahlawan yang
harus dicontoh
|
PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
|
· Makna hubungan simbol dan sila
Pancasila
|
|
|
|
· Membaca teks dan menceritakan
kembali isi cerita tentang penguasa yang dianggap sebagai pahlawan
didaerahnya dengan menggunakan bahasanya sendiri secara rinci
|
BI KD 3.7
BI KD 4.7
|
· Teks nonfiksi
|
· Menceritakan contoh sikap-sikap
kepahlawanan yang terjadi di lingkungan sekitar
|
PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
|
· Makna hubungan simbol dan sila
Pancasila
|
· Melakukan percobaan tentang
cahaya, menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan:
cahaya yang merambat lurus, menembus benda bening, dipantulkan, dibiaskan
· Menulis laporan tentang sifat
cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan rinci dan benar
· Menyebutkan sifat-sifat cahaya
terkait dengan cakram warna
|
IPA KD 3.7
IPA KD 4.7
|
· Sifat-sifat cahaya
|
|
|
|
|
|
|
· Membaca prosedur tentang
membuat cakram warna, kemudian melakukan percobaan membuat cakram warna, dan mengomunikasikan
hasilnya dengan detail
|
IPA KD 3.7
IPA KD 4.7
|
· Membuat cakra
|
· Membaca teks, mengamati gambar,
mengidentifikasi, berdiskusi dan mengomunikasikan peninggalan kerajaan di
masa Hindu, Buddha, dan Islam serta pengaruhnya bagi wilayah setempat
· Mengamati salah satu bukti
peninggalan sejarah Kerajaan Sriwijaya yang masih tersisa yaitu candi Muara Takus
· Membaca teks tentang kerajaaan
di zaman Hindu Buddha, dan pengaruhnya pada budaya bangsa
|
IPS KD 3.4
IPS KD 4.4
|
· Kerajaan Hindu Buddha
|
· Mengamati teks lagu, mengenal
notasi, mengamati contoh yang diberikan guru, dan menyanyikan lagu Maju Tak
Gentar dengan tinggi rendah nada dan tempo yang tepat
|
SBdP KD 3.2
SBdP KD 4.2
|
· Tanda tempo dan tinggi rendah
nada
|
· Mengamati paranada dalam lagu,
menemukan garis sejajar dan garis berpotongan dalam paranada
|
|
|
|
|
|
Subtema 2: Pahlawanku Kebanggaanku
(22 jam pelajaran)
|
|
|
· Berdiskusi
dan menjelaskan hubungan simbol dengan
makna sila ke lima Pancasila
· Memberikan
contoh pengamalan dari sila ke lima Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
· Menjelaskan
sikap dari tokoh yang sesuai dengan makna sila kelima, dan menceritakan refleksi
diri dalam melaksanakan sila kelima Pancasila
· Berdiskusi,
mengamati gambar, membaca teks, dan menyebutkan informasi yang diketahui
tentang salah satu pahlawan nasional Indonesia
· Melakukan
simulasi, menjelaskan kaitan sikap kepahlawanan dengan makna sila Pancasila
|
PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
|
· Makna hubungan simbol dan sila
Pancasila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Membaca
teks dan menyebutkan informasi yang sudah diketahui dan yang ingin diketahui,
dan mempresentasikannya melalui bahasa lisan dan tulisan
· Berdiskusi
dan mempresentasikan informasi dengan menggunakan tabel KW (know–what do you want to know)
|
BI KD 3.8
BI KD 4.8
|
· Menyampaikan
informasi
|
|
|
|
· Melakukan
percobaan tentang lup, menyimpulkan, dan menulis laporan tentang sifat-sifat
cahaya dan hubungannya dengan penglihatan, kemudian dipresentasikan melalui
bahasa lisan dan tulisan
|
IPA KD 3.7
IPA KD 4.7
|
· Sifat-sifat
cahaya
|
· Membaca
teks dan menambah informasi terhadap yang sudah diketahui dan yang ingin
diketahui
|
BI KD 3.8
BI KD 4.8
|
· Menyampaikan
informasi
|
· Melakukan
percobaan tentang cahaya dan cermin, kemudian menyimpulkan dan menulis
laporan tentang sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan
|
IPA KD 3.7
IPA KD 4.7
|
· Cahaya
dan penglihatan
|
· Mengamati
gambar dan mengidentifikasi peninggalan kerajaan Islam serta pengaruhnya bagi
wilayah setempat
· Berdiskusi
dan mengomunikas-ikan peninggalan kerajaan di masa Islam dan pengaruhnya di
wilayah setempat dengan menggunakan peta pikiran
|
IPS KD 3.4
IPS KD 4.4
|
· Kerajaan
Islam
|
|
|
|
· Mengamati
gambar, membaca teks, dan menyajikan informasi tentang sikap kepahlawanan dan
pengaruhnya terhadap masa kini bagi masyarakat di wilayah setempat dalam
bentuk peta pikiran
· Menyajikan
informasi dalam bentuk peta pikiran tentang sikap kepahlawanan dan
pengaruhnya terhadap masa kini bagi masyarakat di wilayah setempat
|
BI KD 3.8
BI KD 4.8
|
· Menyampaikan
informasi
|
|
|
|
· Mengamati teks lagu,
mengidentifikasi, mengamati contoh yang diberikan guru, berlatih, dan
menyanyikan lagu Maju Tak Gentar dengan tinggi rendah nada dan tempo yang
tepat
|
SBdP KD 3.2
SBdP KD 4.2
|
· Tanda tempo dan tinggi rendah
nada
|
|
|
|
Subtema 3: Sikap Kepahlawanan
(22 jam pelajaran)
|
|
|
· Berdiskusi
dan menuliskan sikap kepahlawan dan menghubungkan dengan nilai-nilai
Pancasila
· Memberikan
pendapat terhadap tindakan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
|
PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
|
· Makna hubungan simbol dan sila
Pancasila
|
|
|
|
· Membaca
teks non fiksi, mengamati gambar, berdiskusi, dan menyebutkan informasi yang
diketahui tentang salah satu sosok yang memiliki jiwa kepahlawanan di sekitar
kita
· Mempresentasikan
informasi yang diketahui tentang salah sosok yang memiliki jiwa kepahlawanan
di sekitar kita dalam bentuk simulasi, mempresentasikan kaitan antara sikap
kepahlawanan dengan makna sila Pancasila
|
BI KD 3.7
BI KD 4.7
BI KD 3.8
BI KD 4.8
|
· Menyampaikan
informasi
|
|
|
|
· Menceritakan
pengalaman diri dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila
|
PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
|
· Makna hubungan simbol dan sila
Pancasila
|
· Mengamati
gambar peta pahlawan nasional
· Menyebutkan
informasi tentang sikap kepahlawanan dari pahlawan nasional yang sudah
diketahui dan yang ingin diketahui lebih lanjut
· Mengumpulkan
informasi yang sudah dan ingin diketahui lebih lanjut
· Membaca
teks tentang dan mengisi peta pikiran tentangnya
|
BI KD 3.8
BI KD 4.8
|
· Menyampaikan
informasi
|
|
|
|
|
|
|
· Mengidentifikasi
sikap kepahlawanan yang dimilikinya
· Mempresentasikan
sikap kepahlawanan yang dimilikinya dan yang dimiliki oleh Raja dimasa Islam
serta pengaruhnya pada sikap masyarakat di sekitar dengan rinci
|
IPS KD 3.4
IPS KD 4.4
|
· Kerajaan
Islam
|
|
|
|
· membaca
teks tentang Pahlawan Tanpa Tanda Jasa, menulis informasi tentang apa yang
sudah diketahui dan yang ingin diketahui lebih lanjut
· Berdiskusi
dan mempresentasikan informasi yang ditulis melalui Bahasa lisan dan tulisan
|
BI KD 3.8
BI KD 4.8
|
· Menyampaikan
informasi
|
|
|
|
· Melakukan
percobaan dengan berbagai jenis cermin cekung, cermin cembung dan cermin
datar
· Menyimpulkan
sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan benar.
· Menulis
laporan tentang sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan rinci
dan benar
· Menyimpulkan
sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan
· Menulis
laporan tentang sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan
|
IPA KD 3.7
IPA KD 4.7
|
· Cermin
· Cahaya
dan indera penglihatan
|
|
|
|
|
|
|
· Membuat
periskop dan melakukan percobaan
|
IPA KD 3.7
IPA KD 4.7
|
· Membuat
meriskop
|
· Mempresentasikan
sikap kepahlawanan sebagai peninggalan sikap kepahlawanan raja-raja di masa
Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya
· Mengamati
gambar, membaca teks, menyajikan informasi tentang sikap kepahlawanan dan
pengaruhnya terhadap masa kini bagi masyarakat di wilayah setempat dalam
bentuk peta pikiran
|
IPS KD 3.4
IPS KD 4.4
|
· Kerajaan
Hindu – Buddha
· Kerajaan
Islam
|
|
|
|
· Mengamati
teks lagu, mengidentifikasi, berlatih,
dan menyanyikan syair lagu panjang
· Menyanyikan
lagu Hari Merdeka dengan tinggi rendah dan tempo
|
SBdP KD 3.2
SBdP KD 4.2
|
· Tanda tempo dan tinggi rendah
nada
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar