Mengenai Saya

Foto saya
Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Saya berasal dari Singkawang Kalimantan Barat. Saya anak Suku Dayak Salako Garantukng Sakawokng. Saya cinta perdamaian. Saya cinta Indonesia.

Sabtu, 02 November 2019

LAMPIRAN 4. SILABUS


LAMPIRAN 4. SILABUS


SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SD NEGERI 13 SINGKAWANG

Kelas               : IV ( Empat)
Semester            : I (Ganjil)
Tahun Pelajaran : 2017/2018

1.      Tema 1                             : Indahnya Kebersamaan
Alokasi waktu                       : 66 jam pelajaran

Pembelajaran
Kompetensi Dasar yang akan dicapai
Materi Pokok

Subtema 1: Keberagaman Budaya Bangsaku (22 jam pelajaran)


·      Mengamati gambar keragaman budaya Indonesia
·      Mengidentifikasi (mengumpulkan data) keberagaman social,  ekonomi, budaya, etnis  di lingkungan sekolah melalui wawancara warga sekolah (komunikasi)
·      Mendiskusikan hasil wawancara tentang keberagaman social,  ekonomi, budaya, etnis  dalam kelompok (berfikir kritis)
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang keberagaman social,  ekonomi, budaya baik secara lisan maupun tulisan (Komunikasi dan kolaborasi)
IPS KD 3.2
IPS KD 4.2
PPKn KD 1.4
PPKn KD 2.4
PPKn KD 3.4
PPKn KD 4.4
·    Keberagaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di lingkungan sekitar
·      Melakukan percobaan cara menghasilkan bunyi dari berbagai alat musik dan perambatan bunyi
·      Menjelaskan tentang cara alat musik tersebut dibunyikan (dipukul, ditiup, digoyang, dipetik, digesek, dsb) serta berbagai alat yang menunjukkan  perambatan bunyi (Komunikasi)
·      Memainkan alat music daerah sebagai inspirasi sikap kerjasama (kreatifitas)
IPA KD 3.6
IPA KD 4.6

·    Syarat terjadinya bunyi
·    Cara menghasilkan bunyi
PPKn KD 1.4
PPKn KD 2.4
PPKn KD 3.4
PPKn KD 4.4

·         Keberagaman budaya daerah




·      Membaca teks tentang keberagaman tarian daerah di Indonesia
·      Berdiskusi untuk mnemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang dibaca
·      Mendiskusikan penyusunan kerangka penulisan berdasarkan gagasan pokok dan pendukung (berfikir kritis)
BI KD 3.1
BI KD 4.1
·    Gagasan pokok dan pendukung pada teks


·      Mengamati tarian daerah sebagai salah satu bentuk kecintaan terhadap keberagaman budaya Indonesia melalui video
·      Mendiskusikan hasil pengamatan video untuk melakukan langkah langkah menampilkan tari daerah
·      Memainkan dan menampilkan tarian daerah sebagai salah satu bentuk kecintaan terhadap keberagaman budaya Indonesia
SBdP KD 3.3
SBdP KD 4.3
·    Gerak tari
Subtema 2: Kebersamaan dalam
Keberagaman  (22 jam pelajaran)





·      Menyimak teks/gambar/ paparan/vidio tentang sikap toleransi dan kerjasama dalam keragaman suku, budaya, dan agama
·      Mendiskusikan sikap toleransi dan kerjasama dalam keragaman suku, budaya, dan agama yang ditampilkan dalam teks/ gambar/ vidio
·      Menceritakan atau menuliskan pengalaman siswa tentang sikap toleransi yang pernah dialaminya

IPS KD 3.2
IPS KD 4.2
·    Keberagaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di lingkungan sekitar
·      Melakukan diskusi kelompok tentang pentingnya kerjasama dalam keberagaman
·      Mempraktikkan kembali kerjasama dengan sarana memainkan alat musik daerah
PPKn KD 1.4
PPKn KD 2.4
PPKn KD 3.4
PPKn KD 4.4
·    Keberagaman yang terikat persatuan




·      Melakukan percobaan sederhana untuk membukti­kan tentang asal sumber bunyi hingga sampai ke telinga dan perambatan bunyi dalam medium berbeda (benda padat, cair, dan gas), pemantulan dan penyerapan bunyi, tinggi-rendah bunyi, dan keras-lemah bunyi
·      Mendiskusi kan dalam kelompok sifat-sifat bunyi dari beragam sumber bunyi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang sifat-sifat bunyi dari beragam sumber bunyi

IPA KD 3.6
IPA KD 4.6
·    Sumber bunyi
·    Syarat terjadinya bunyi


·      Melakukan tanya jawab dengan tokoh masyarakat yang didatangkan ke kelas tentang budaya masyarakat setempat
·      Membuat tulisan tentang keragaman budaya masyarakat setempat

IPS KD 3.2
IPS KD 4.2
·    Keberagaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di lingkungan sekitar


·      Mengamati tari kreasi daerah melalui demonstrasi oleh guru atau vidio
·      Melakukan gerak dasar tari kreasi daerah

SBdP KD 3.3
SBdP KD 4.3

·    Gerak tari



Subtema 3: Bersyukur atas Keberagaman  (32 jam pelajaran)





·      Melakukan pendataan semua teman yang ada di kelas, misalnya suku bangsa, agama, dan kebiasaan
·      Mendiskusikan tentang bentuk-bentuk kerjasama yang membangun persatuan dan kesatuan
·      Menuliskan hasil diskusi tentang bentuk-bentuk kerjasama yang membangun persatuan dan kesatuan

PPKn KD 1.4
PPKn KD 2.4
PPKn KD 3.4
PPKn KD 4.4
·    Keberagaman yang terikat persatuan




·      Membaca teks tentang keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya yang ada di Indonesia
·      Menceritakan kembali teks tentang keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya yang ada di Indonesia
·      Membuat kliping tentang keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya yang ada di Indonesia

IPS KD 3.2
IPS KD 4.2
·    Keberagaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di lingkungan sekitar




·      Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil diskusi tentang bagaimana indera pendengaran manusia bekerja dan bagaimana manusia yang tidak memiliki indera pendengaran dapat berkomunikasi

IPA KD 3.6
IPA KD 4.6
·    Telinga sebagai indera pendengar dan cara merawatnya
·      Mengamati dan memperagakan tari kreasi daerah dengan penuh penjiwaan

SBdP KD 3.3
SBdP KD 4.3

·    Gerak tari


Alokasi waktu                       :66 jam pelajaran

Pembelajaran
Kompetensi Dasar yang akan dicapai
Materi Pokok
Subtema 1: Sumber Energi
(22 jam pelajaran )


·      Mengamati gambar tentang penggunaan sumber energi (misalnya air dan listrik)
·      Mendiskusikan tentang hak dan kewajiban penggunaan sumber energi (misalnya air dan listrik)

IPA KD 3.5
IPA KD 4.5
·   Sumber energi
·      Menuliskan hak dan kewajiban individu terkait penggunaan energi (misalnya air dan listrik)
·      Mengomunikasikan pentingnya kerja sama dalam melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari

PPKn KD 1.2
PPKn KD 2.2
PPKn KD 3.2
PPKn KD 4.2
·   Kewajiban dan hak sebagai anggota masyarakat


·      Mengamati teks visual/gambar tentang sumber energi, mendiskusikan, dan menjelaskan isi teks/ gambar
·      Menuliskan kembali teks visual/gambar tentang sumber energi menggunakan bahasa sendiri
·      Membaca dan mempraktikkan teks prosedur tentang membuat kincir angin sederhana sebagai sumber energi
IPA KD 3.5
IPA KD 4.5
BI KD 3.2
BI KD 4.2
·   Sumber energi
·   Perubahan bentuk energi






·      Mengamati konsumsi air minum dalam botol yang dibawa teman-teman dalam satu kelas
·      Mengamati tumbuhan dan cuaca, melihat keterkaitan antara tumbuhan dan sinar matahari sebagai sumber energi  (manfaat matahari dalam kehidupan)
·      Menuliskan hasil pengamatan tentang  perubahan bentuk  energi matahari  dalam kehidupan dengan sistematis
·      Menuliskan manfaat sinar matahari bagi kehidupan di bumi dalam bentuk peta pikiran dalam bentuk tulisan maupun gambar 
·      Melakukan percobaan tentang perubahan bentuk energi angin  dalam kehidupan sehari-hari : Membuat kincir angin dan kincir air sederhana berdasarkan teks prosedur
·      Mengamati gambar, membaca teks, dan mendiskusikan tentang sumber energi yang digunakan untuk mengelola sumber daya alam

IPA KD 3.5
IPA KD 4.5
BI KD 3.2
BI KD 4.2
·   Sumber energi
·   Matahari sebagai sumber energi
·   Hubungan antara tumbuhan dan cuaca
·   Perubahan bentuk energi










·      Diskusi tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya di daerah sekitar

IPS KD 3.1
IPS KD 4.1
·   Kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya alam
·      Membaca teks kemudian menyanyikan lagu “Menanam jagung” sesuai tinggi rendah nada dengan aba-aba ketukan dari guru
·      Menyanyikan lagu Menanam Jagung dengan nada dan tempo yang tepat, seperti yang dicontohkan guru

SBdP KD 3.2
SBdP KD 4.2
·   Tanda tempo
·   Tinggi rendah nada





Subtema 2: Manfaat  Energi
(22 jam pelajaran)


·     Membaca teks dan berdiskusi tentang penggunaan  sumber daya alam yang terbatas (misalnya penggunaan kertas)

IPS KD 3.1
IPS KD 4.1
·   Kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya alam
·     Berdiskusi tentang hak dan kewajiban terkait pemafaatan energi
·     Menceritakan pengalaman diri melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dalam kehidupan masyarakat dengan benar

PPKn KD 1.2
PPKn KD 2.2
PPKn KD 3.2
PPKn KD 4.2
·   Kewajiban dan hak sebagai anggota masyarakat




·     Membuat poster tentang penggunaan energi yang benar sebagai hak dan kewajiban sebagai individu Melakukan kampanye tentang hemat energi di lingkungan sekolah menggunakan poster
·     Mendiskusikan tentang pemanfaatan limbah
·     Mengamati gambar dan membaca teks prosedur tentang membuat produk dari limbah
·     Mempraktikkan teks prosedur tentang membuat produk dari limbah

IPA KD 3.5
IPA KD 4.5
BI KD 3.4
BI KD 4.4

·   Penggunaa energi
·   Hemat energi



·     Membaca teks tentang sumber energi dan perubahan bentuk energi  dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
·     Mengidentifikasi  penggunaan beragam benda elektronik di rumah  (daya yang dibutuhkan dan waktu yang penggunaannya)
·     Menyajikan dalam bentuk tabel penggunaan benda elektronik di rumah

IPA KD 3.5
IPA KD 4.5

·   Sumber energi
·   Perubahan bentuk energi
·   Manfaat energi dalam kehidupan




·     Membaca teks/gambar/ paparan mengenai sumber daya  alam yang digunakan sebagai sumber energi (misalnya: batu bara, minyak bumi, dan gas alam) 
·     Mencari informasi untuk membuat peta sumber energi (batu bara, minyak bumi, dan gas alam) di Indonesia dengan menggunakan simbol-simbol

IPA KD 3.5
IPA KD 4.5
IPS KD 3.1
IPS KD 4.1

·   Sumber energi
·   Perubahan bentuk energi
·   Manfaat energi dalam kehidupan
·   Kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya alam

·     Menyanyikan lagu “Menanam Jangung” sesuai dengan tempo (sedang) diiringi ketukan dan tepuk tangan
·     Menyanyikan lagu Aku Anak Indonesia dengan tempo dan tinggi rendah nada

SBdP KD 3.2
SBdP KD 4.2
·   Tanda tempo
·   Tinggi rendah nada






Subtema 3: Energi Alternatif
(22 jam pelajaran)


·      Membaca teks tentang ayo hemat energi
·      Melakukan pengamatan di lingkungan sekitar tentang perilaku hemat energi

IPA KD 3.5
IPA KD 4.5

·   Hemat energi
·   Energi alternatif


·      Mendiskusikan pelaksanaan hak dan kewajiban dari masyarakat di lingkungannya dengan benar terkait hemat energi
·      Membaca teks/gambar/paparan tentang ketersediaan sumber energi dari alam yang terbatas
·      Membaca teks/gambar/paparan tentang energi alternatif
·      Membuat ringkasan tentang hubungan ketersediaan sumber energi alam dan energi alternatif
·      Membuat teks petunjuk hemat energi sesuai dengan masalah yang ditemukan di lingkungan
IPA KD 3.5
IPA KD 4.5
PPKn KD 1.2
PPKn KD 2.2
PPKn KD 3.2
PPKn KD 4.2


·   Hemat energi
·   Energi alternatif
·   Kewajiban dan hak sebagai warga negara
IPA KD 3.5
IPA KD 4.5
BI KD 3.2
BI KD 4.2


·   Hemat energi
·   Energi alternatif






·      Membaca teks informasi dan melakukan percobaan tentang sumber energi alternatif dari kentang yang mampu menghasilkan arus listrik bertegangan rendah 
·      Mengidentifikasi manfaat kentang sebagai sumber energi alternatif  dengan tepat
·      Menyajikan laporan dalam bentuk peta pikiran  hasil pengamatan tentang  perubahan bentuk   energi  alternatif dalam kehidupan  sehari-hari

IPA KD 3.5
IPA KD 4.5
BI KD 3.2
BI KD 4.2

·   Sumber energi
·   Perubahan bentuk energi
·   Manfaat energi dalam kehidupan




·      Menemukan dan menuliskan informasi tentang karakteristik bentang alam: pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi
·      Membaca teks, mengamati gambar, menjawab pertanyaan, berdiskusi dan menuliskan sumber daya alam dan manfaatnya sebagai pangan lokal dan energi alternatif

IPS KD 3.1
IPS KD 4.1

·   Manfaat energi dalam kehidupan
·   Kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya alam


·      Menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia” sesuai dengan tempo (sedang) diiringi ketukan dan tinggi rendah nada
·      Menyanyikan syair lagu Kring Kring Ada Sepeda secara berpasangan dengan tempo dan tinggi rendah nada seperti contoh yang diberikan guru

SBdP KD 3.2
SBdP KD 4.2

·   Tanda tempo
·   Tinggi rendah nada




Alokasi waktu                       : 66 jam pelajaran

Untuk mencapai sejumlah Kompetensi Dasar tersebut di atas dilakukan melalui Materi Pokok dan Pembelajaran pada beberapa subtema berikut ini.


Pembelajaran
Kompetensi Dasar yang akan dicapai
Materi Pokok

Subtema 1: Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku  (22 jam pelajaran)


·      Mengamati teks/gambar tentang hewan dan tumbuhan di lingkungan sekitar
·      Berdiskusi dan tanya jawab tentang hak dan kewajiban secara seimbang ketika memanfaatkan hewan dan tumbuhan di lingkungan sekitar
IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
·   Keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam


·      Melakukan refleksi dan mendiskusikan hak dan kewajiban tentang kegiatan menanam dan merawat tumbuhan
·      Membaca dan mencermati keterampilan dan sikap yang baik dalam melakukan wawancara
·      Menyusun daftar pertanyaan tentang hak dan kewajiban untuk memelihara hewan dan tumbuhan

IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
PPKn KD 1.2
PPKn KD 2.2
PPKn KD 3.2
PPKn KD 4.2

·   Keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam
·   Kewajiban  dan hak memanfaatkan tumbuhan




·      Melakukan simulasi wawancara kepada masyarakat sekitar sesuai pertanyaan yang telah disusun
·      Melakukan penaksiran bilangan desimal, pecahan (menggunakan media tumbuhan atau hewan yang ada disekitar)

BI KD 3.3
BI KD 4.3
·   Wawancara


·      Mengamati dan mengidentifikasi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya (tumbuhan yang ada di sekitar)

IPA KD 3.1
IPA KD 4.1
·   Bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya
·      Menanam satu jenis tanaman dan merawatnya
·      Membuat jadwal merawat tanaman
·      Membuat tabel pengamatan untuk mencatat pertumbuhan tanaman yang dirawatnya(dibutuhkan waktu untuk dapat mengisi dan melaporkannya)

IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
·   Keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam




·      Melakukan pengamatan bentang alam Indonesia (pantai,dataran rendah dan dataran tinggi)
·      Menggali informasi tentang karakteristik tempat tinggal dan pemanfaatan sumber daya alam
IPS KD 3.1
IPS KD 4.1
·   Karakteristik tiga bentang alam yaitu pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi
·   Karakteristik tempat tinggal dan pemanfaatan sumber daya alam

·      Berkreasi membuat kolase  dari bahan alam tentang hewan atau tumbuhan di sekitarnya
SBdP KD 3.4
SBdP KD 4.4
·   Kolase
·   Apresiasi terhadap karya seni
·      Menuliskan apresiasi dan saran  atas hasil karya temannya



Subtema 2 : Keberagaman Makhluk Hidup Di Lingkunganku
(22 jam pelajaran)


·      Mengamati gambar hewan atau tumbuhan di Indonesia yang dilindungi dan langka (Misalnya. Komodo, Badak Bercula, bunga bangkai)
·      Berdiskusi tentang pentingnya menjaga kelestarian hewan dan tumbuhan
·      Menuliskan saran menurut siswa upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian hewan dan tumbuhan
·      Membaca teks tentang hewan dan tumbuhan langka yang dilindungi
·      Mengumpulkan gambar tentang hewan dan tumbuhan langka yang dilindungi
·      Membuat poster tentang upaya menjaga kelestarian hewan dan tumbuhan langka dan dilindungi
·      Melakukan kampanye ajakan untuk meletarikan hewan menggunakan poster yang telah dibuat

IPA KD 3.8
IPA KD 4.8


·   Hewan dan tumbuhan langka yang dilindungi
·   Keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam












·      Membaca teks tentang cara membuat pertanyaan dan hasil wawancara
·      Membuat daftar pertanyaan untuk persiapan wawancara kepada pengelola kebun binatang setempat (bila memungkinkan) atau peternak atau petani tentang pemeliharaan hewan atau tanaman
·      Melakukan wawancara

BI KD 3.3
BI KD 4.3
·   Wawancara




·      Mengamati hewan peliharaan dan menjawab pertanyaan
·      Menuliskan pengalaman merawat hewan peliharaan atau pengalaman menyayangi hewan di sekitarnya

IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
·   Kegunaan hewan bagi manusia

·      Mengidentifikasi bagian-bagian tubuh hewan dan fungsinya, perbedaan dari tubuh hewan beserta fungsinya dalam pelestarian lingkungan

IPA KD 3.1
IPA KD 4.1
·   Bagian tubuh hewan dan fungsinya
·      Mendiskusikan ciri-ciri khas hewan dan mengaitkan ciri-ciri khusus hewan dengan karakteristik tempat hidupnya
·      Berdiskusi tentang pentingnya peran hewan atau tumbuhan sebagai sumber daya alam hayati
·      Membaca teks tentang karakteristik tempat hidup hewan, pengaruh keadaan alam (iklim dan bentuk muka bumi) terhadap kehidupan hewan

IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
·   Habitat hidup hewan




·      Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan sekitar mereka
·      Menyajikan informasi tentang karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan sekitar mereka

IPS KD 3.1
IPS KD 4.1
·   Karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam


·      Berkreasi membuat mozaik dari bahan alam dengan tema keberagaman hewan dan tumbuhan
·      Mengapresiasi karya seni mozaik
SBdP KD 3.4
SBdP KD 4.4
·   Teknik tempel: kolase, mozaik, motase
·   Apresiasi terhadap karya seni


Subtema 3 : Ayo Cintai Lingkungan
(22 jam pelajaran)


·      Mengamati gambar/ paparan/tayangan tentang lingkungan hidup
·      Mendiskusikan hak dan kewajiban masyarakat terhadap lingkungan
·      Memberikan contoh tindakan yang dapat dilakukan untuk menjaga lingkungannya (melaksanakan hak dan kewajiban)

PPKn KD 1.2
PPKn KD 2.2
PPKn KD 3.2
PPKn KD 4.2
·   Kewajiban dan hak sebagai warga




·      Mengamati gambar dan menjelaskan dampak dari melalaikan kewajiban menjaga lingkungan
·      Melakukan pengamatan dan menyajikan laporan kesadaran masyarakat menjaga lingkungan di tempat tinggalnya
·      Melakukan refleksi kebiasaan peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan dalam bentuk tabel

IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
·   Keseimbangan dan pelestarian lingkungan




·      Membaca, mencermati langkah-langkah, dan berlatih menjelaskan cara menyajikan laporan hasil wawancara secara lisan
·      Menggali informasi tentang pelestarian alam melalui kegiatan wawancara
·      Menyajikan laporan tertulis menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif

BI KD 3.3
BI KD 4.3
·   Wawancara




·      Melakukan  observasi dan diskusi untuk  menjelaskan pentingnya penghijauan sebagai salah satu upaya pelestarian sumber daya alam menanam tanaman (praktik nyata untuk melestarikan sumber daya alam dan lingkungan )
·      Menjelaskan dan menyajikan informasi pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitar
·      Menjelaskan manfaat dari peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan

IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
·   Keseimbangan dan pelestarian lingkungan




·      Mengidentifikasi pemanfatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat
·      Menyajikan informasi hasil identifikasi pemanfataan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat
·      Membuat  diagram frayer untuk manyebutkan contoh sikap dalam melestarikan lingkungan sebagai kewajiban sebagai warga,  mengomunikasikan ajakan untuk melestarikan sebagai bentuk kewajiban sebagai warga

IPS KD 3.1
IPS KD 4.1
IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
·   Pemanfaatan sumberdaya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat




·      Membuat montase dari bahan alam dengan tema menjaga lingkungan
SBdP KD 3.4
SBdP KD 4.4
·   Teknik tempel: kolase, mozaik, motase
·   Apresiasi terhadap karya seni






4.      Tema 4                             : Berbagai pekerjaan
Alokasi waktu                       : 66 jam pelajaran

Kompetensi Dasar  yang akan dicapai
Materi Pokok
Subtema 1: Jenis-jenis pekerjaan
(22 jam pelajaran)


  Mengamati burung Garuda Pancasila dan menyebutkan simbol serta sila sila pancasila
  Mendiskusikan dalam kelompok tentang makna sila pertama Pancasila dan contohnya dalam kegiatan sehari hari
  Menuliskan pengalaman diri melaksanakan sila pertama Pancasila yaitu sifat jujur
  Mendiskusikan nilai-nilai yang harus dimiliki untuk mendapatkan pekerjaan salah satunya jujur
  Menganalis dan menyampaikan pendapat pribadi tentang sikap tokoh dalam cerita yang berhubungan  dengan nilai-nilai Pancasila
  Menilai dan mendeskripsikan tokoh yang ada di dalam cerita
  Membaca teks tentang “Pemimpin Idola, Pemimpin yang Jujur” dan mendiskusikannya dihubungkan dengan sila pertama Pancasila
  Menuliskan pendapat pribadi teks yang telah dibaca tentang “pemimpin Idola, Pemimpin yang Jujur”

PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
·   Makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila














  Mendiskusikan tentang pentingnya menjaga kelestarian tumbuhan sebagai upaya menjaga keseimbangan sumber daya alam
  Menuliskan dan mempresentasikan contoh kegiatan yang dapat menjaga keseimbangan dan kelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitar
  Menyusun 3 rencana kegiatan untuk menjaga kelestarian sumber daya alam di sekitar lingkungan agar terlindungi
  Memilih satu kegiatan menjaga kelestarian alam, menuliskan laporannya dan mempresentasikan hasil kegiatan tersebut 

IPA  KD 3.8
IPA KD 4.8
·   Keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam






  Membaca teks tentang pekerjaan di lingkungannya dan mendiskusikannya
  Mengidentifikasi jenis jenis pekerjaan yang dibutuhkan di masyarakat
  Mendiskusikan tentang jenis pekerjaan tertentu
  Mengidentifikasi pekerjaan di sekitar lingkungan
·   Membandingkan pekerjaan yang ada di lingkungan tertentu dengan pekerjaan di lingkungan lain dengan menggunakan diagram Venn secara berkelompok
  Menyusun  laporan dari diagram Venn dalam bentuk tulisan dan mempresentasikannya secara berkelompok
  Menggali informasi (wawancara) tentang kegiatan ekonomi dan berbagai pekerjaan yang ada dilingkungan sekitar
  Mempresentasikan hasil wawancara tentang kegiatan ekonomi dan  berbagai pekerjaan

IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
·   Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja (produksi, distribusi, konsumsi)














  Menggambar tiga dimensi tentang bangunan idaman
SBdP KD 3.1
SBdP KD 4.1
·   Gambar bentuk dan membentuk berdasarkan objek

Subtema 2: Pekerjaan diSekitar Kita (22 jam pelajaran)


Mengamati  simbol dan mendeskripsikan makna sila ke dua Pancasila dengan benar
Mengidentifikasi aktifitas yang mencerminkan sila kedua Pancasila dan juga aktifitas yang bertentangan dengan sila kedua pancasila
Berdiskusi dan menuliskan  kesepakatan kelas tentang pengamalan sila ke dua Pancasila
· Membedakan sikap yang baik dan sikap yang tidak baik terkait nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila

PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
·   Makna hubungan simbol dengan sila-sila pacasila






Membaca cerita pendek, mendiskusikannya dan menjawab pertanyaannya
Menyampaikan pendapat secara tulisan dan lisan tentang cerita tersebut
Menyampaikan pendapatnya mengenai suatu cerita secara lisan maupun tulisan

BI KD 3.5
BI KD 4.5
·   Menyampaikan pendapat pribadi




Membaca cerita tentang pekerjaan tertentu dan memberikan pendapat
Menilai unsur cerita (pesan moral), menuliskan dan menceritakannya
IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
·   Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja (produksi, distribusi, konsumsi)


   Mendiskusikan dan membandingkan penggunaan teknologi penangkapan ikan baik tradisional ataupun modern
   Menganalisis dan menuliskan pemanfaatan teknologi modern serta dampaknya bagi pemanfaatan sumber daya alam
·   Menuliskan tentang sumberdaya alam yang dimanfaatkan oleh kita dan bagaimana membatasi penggunaan sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari

IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
·   Dampak penggunaan teknologi dalam pemanfaatan sumber daya alam




  Mengamati gambar kegiatan ekonomi mulai dari produsen sampai konsumen (misalnya ikan yang ditangkap nelayan sampai di konsumsi masyarakat)
  Mendiskusikan dan mempresentasikan  dalam kelompok: jenis kegiatan ekonomi, Jenis barang yang dijualbelikan, Jenis pekerjaan yang terlibat pada kegiatan tersebut, dan hasil dari setiap pekerjaan
  Mendiskusikan gambar tentang jenis barang yang diperjualbelikan dan jenis pekerjaan yang terlibat
  Mempresentasikan hasil diskusi tentang jenis barang yang diperjualbelikan dan jenis pekerjaan yang terlibat

IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
·   Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja (produksi, distribusi, konsumsi)






  Menggambar/melukis kegiatan yang menunjukkan pengamalan sila ke dua Pancasila dengan kreatif
  Mempresentasikan gambar hasil karyanya sebagai seorang pelukis
  Mengamati karya gambar tiga dimensi yang telah dibuat pada pertemuan sebelumnya
  Menuliskan hasil apresiasi terhadap karya gambar tiga dimensi 
   

PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
SBdP KD 3.1
SBdP KD 4.1
·   Makna hubungan simbol dengan sila-sila pacasila
·   Gambar bentuk dan membentuk berdasarkan objek







Subtema 3: Pekerjaan orang tuaku
(22 jam pelajaran)


Membaca teks tentang ‘sikap gotong royong dari nelayan’ dan menjawab pertanyaan

PPKn KD 1.2
PPKn KD 2.2
PPKn KD 3.2
PPKn KD 4.2
·   Pelaksanaan kewajiban dan hak
Mengamati gambar simbol sila ke tiga pancasila, mencari informasi tentang makna sila ketiga Pancasila 
Menganalisis masalah dalam kehidupan sehari-hari  yang berkaitan dengan pengamalan sila ketiga  Pancasila
Menghubungkan sikap tokoh dengan pengamalan sila ketiga Pancasila
Menceritakan kegiatan yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari dalam rangka pengamalan sila ketiga Pancasila

PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
·   Makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila






Membaca teks tentang dongeng di daerahnya yang berkaitan dengan kerja keras/pekerjaan
Menilai dan menyajikan pesan moral berdasarkan pendapat pribadi
Menemukan unsur-unsur cerita dalam dongeng dan menuliskannya
Mengidentifikasi unsur instrinsik dari cerita yang dibaca dan menuliskannya dalam bentuk peta pikiran

BI KD 3.5
BI KD 4.5
·   Pendapat pribadi tentang isi buku sastra






Mengamati gambar kenampakan hutan di Kalimantan dan mendiskusikan kondisi penurunan pohon dihutan kalimantan
Mengidentifikasi kegiatan terkait pengontrolan dalam pemanfaatan sumber daya alam
Mewarnai peta hutan Kalimantan dan menginformasikan dampak pemanfaatan sumber daya alam yang tidak terkontrol dalam kehidupan sehari-hari  dan upaya pencegahan langkanya ketersediaan sumber daya alam
Membaca teks tentang ‘Pengrajin cendera mata’ dan menjawab pertannyaan
· Membaca teks tentang ‘Pengolahan Sampah’ dan membuat peta pikiran

IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
·   Ketersediaan sumber-sumber ekonomi








· Menuliskan upaya pengolahan sampah sebagai upaya pelestarian sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari

IPA KD 3.8
IPA KD 4.8
·   Pengolahan sampah
Membaca teks tentang pengrajin kayu dan menjawab pertanyaannya
Berdiskusi dalam kelompok tentang proses pengolahan kayu: dari bahan baku menjadi suatu produk, jenis pekerjaan dan produk yang dihasilkannya

IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
·   Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja (produksi, distribusi, konsumsi)


Mengamati bagan tentang proses pembuatan sarung Samarinda



Mengidentifikasi berbagai kegiatan ekonomi dan perkerjaan yang ada di lingkungan sekitar

IPS KD 3.3
IPS KD 4.3
·   Kegiatan ekonomi dan lapangan kerja
Menggambar perahu nelayan
Mengamati karya gambar tiga dimensi yang telah dibuat sebelumnya
Memberikan apresiasi terhadap karya gambar tiga dimensi  yang dibuat oleh teman-temannya
Menyajikan hasil apresiasi terhadap karya gambar tiga dimensi 

SBdP KD 3.1
SBdP KD 4.1
·   Gambar bentuk dan membentuk berdasarkan objek







Alokasi waktu                       :66 jam pelajaran

Pembelajaran
Kompetensi Dasar yang akan dicapai
Materi Pokok
Subtema: 1 Perjuangan Para Pahlawan  (22 jam pelajaran)


·      Membaca teks tentang perjuangan Raja Purnawarman, kemudian menjawab pertanyaan, dan mengulas kembali tentang sikap kepahlawanannya terkait dengan makna sila keempat Pancasila
·      Menuliskan hasil diskusi tentang sikap kepahlawanan dalam bentuk tabel

IPS KD 3.4
IPS KD 4.4
·     Kerajaan Hindu dan Buddha


·      Mengamati gambar, membaca teks, membuat peta pikiran dan mempresentasikan tentang pahlawan yang dikenal di daerahnya, perjuangannya, dan sikap kepahlawanannya dikaitkan dengan makna sila keempat Pancasila
·      Berdiskusi dan memberikan contoh tentang sikap sehari-hari dikaitkan dengan pengamalan sila-sila dalam Pancasila. Misalnya: belajar giat yang termasuk sikap-sikap pahlawan yang harus dicontoh

PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
·     Makna hubungan simbol dan sila Pancasila


·      Membaca teks dan menceritakan kembali isi cerita tentang penguasa yang dianggap sebagai pahlawan didaerahnya dengan menggunakan bahasanya sendiri secara rinci

BI KD 3.7
BI KD 4.7
·     Teks nonfiksi
·      Menceritakan contoh sikap-sikap kepahlawanan yang terjadi di lingkungan sekitar

PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
·     Makna hubungan simbol dan sila Pancasila
·      Melakukan percobaan tentang cahaya, menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan: cahaya yang merambat lurus, menembus benda bening, dipantulkan, dibiaskan
·      Menulis laporan tentang sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan rinci dan benar
·      Menyebutkan sifat-sifat cahaya terkait dengan cakram warna

IPA KD 3.7
IPA KD 4.7
·     Sifat-sifat cahaya




·      Membaca prosedur tentang membuat cakram warna, kemudian melakukan percobaan membuat cakram warna, dan mengomunikasikan hasilnya dengan detail

IPA KD 3.7
IPA KD 4.7
·     Membuat cakra
·      Membaca teks, mengamati gambar, mengidentifikasi, berdiskusi dan mengomunikasikan peninggalan kerajaan di masa Hindu, Buddha, dan Islam serta pengaruhnya bagi wilayah setempat
·      Mengamati salah satu bukti peninggalan sejarah Kerajaan Sriwijaya yang masih  tersisa yaitu candi Muara Takus
·      Membaca teks tentang kerajaaan di zaman Hindu Buddha, dan pengaruhnya pada budaya bangsa
IPS KD 3.4
IPS KD 4.4





·     Kerajaan Hindu Buddha
·      Mengamati teks lagu, mengenal notasi, mengamati contoh yang diberikan guru, dan menyanyikan lagu Maju Tak Gentar dengan tinggi rendah nada dan tempo yang tepat
SBdP KD 3.2
SBdP KD 4.2
·     Tanda tempo dan tinggi rendah nada
·      Mengamati paranada dalam lagu, menemukan garis sejajar dan garis berpotongan dalam paranada






Subtema 2: Pahlawanku Kebanggaanku
(22 jam pelajaran)


·      Berdiskusi dan  menjelaskan hubungan simbol dengan makna sila ke lima Pancasila
·      Memberikan contoh pengamalan dari sila ke lima Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
·      Menjelaskan sikap dari tokoh yang sesuai dengan makna sila kelima, dan menceritakan refleksi diri dalam melaksanakan sila kelima Pancasila
·      Berdiskusi, mengamati gambar, membaca teks, dan menyebutkan informasi yang diketahui tentang salah satu pahlawan nasional Indonesia
·      Melakukan simulasi, menjelaskan kaitan sikap kepahlawanan dengan makna sila Pancasila

PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
·     Makna hubungan simbol dan sila Pancasila








·      Membaca teks dan menyebutkan informasi yang sudah diketahui dan yang ingin diketahui, dan mempresentasikannya melalui bahasa lisan dan tulisan
·      Berdiskusi dan mempresentasikan informasi dengan menggunakan tabel KW (know–what do you want to know)

BI KD 3.8
BI KD 4.8
·     Menyampaikan informasi


·      Melakukan percobaan tentang lup, menyimpulkan, dan menulis laporan tentang sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan, kemudian dipresentasikan melalui bahasa lisan dan tulisan

IPA KD 3.7
IPA KD 4.7
·     Sifat-sifat cahaya
·      Membaca teks dan menambah informasi terhadap yang sudah diketahui dan yang ingin diketahui

BI KD 3.8
BI KD 4.8
·     Menyampaikan informasi
·      Melakukan percobaan tentang cahaya dan cermin, kemudian menyimpulkan dan menulis laporan tentang sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan

IPA KD 3.7
IPA KD 4.7
·     Cahaya dan penglihatan
·      Mengamati gambar dan mengidentifikasi peninggalan kerajaan Islam serta pengaruhnya bagi wilayah setempat
·      Berdiskusi dan mengomunikas-ikan peninggalan kerajaan di masa Islam dan pengaruhnya di wilayah setempat dengan menggunakan peta pikiran

IPS KD 3.4
IPS KD 4.4
·     Kerajaan Islam


·      Mengamati gambar, membaca teks, dan menyajikan informasi tentang sikap kepahlawanan dan pengaruhnya terhadap masa kini bagi masyarakat di wilayah setempat dalam bentuk peta pikiran
·      Menyajikan informasi dalam bentuk peta pikiran tentang sikap kepahlawanan dan pengaruhnya terhadap masa kini bagi masyarakat di wilayah setempat

BI KD 3.8
BI KD 4.8
·     Menyampaikan informasi


·      Mengamati teks lagu, mengidentifikasi, mengamati contoh yang diberikan guru, berlatih, dan menyanyikan lagu Maju Tak Gentar dengan tinggi rendah nada dan tempo yang tepat

SBdP KD 3.2
SBdP KD 4.2
·     Tanda tempo dan tinggi rendah nada



Subtema 3: Sikap Kepahlawanan
(22 jam pelajaran)


·      Berdiskusi dan menuliskan sikap kepahlawan dan menghubungkan dengan nilai-nilai Pancasila
·      Memberikan pendapat terhadap tindakan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila

PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
·     Makna hubungan simbol dan sila Pancasila


·      Membaca teks non fiksi, mengamati gambar, berdiskusi, dan menyebutkan informasi yang diketahui tentang salah satu sosok yang memiliki jiwa kepahlawanan di sekitar kita
·      Mempresentasikan informasi yang diketahui tentang salah sosok yang memiliki jiwa kepahlawanan di sekitar kita dalam bentuk simulasi, mempresentasikan kaitan antara sikap kepahlawanan dengan makna sila Pancasila

BI KD 3.7
BI KD 4.7
BI KD 3.8
BI KD 4.8
·     Menyampaikan informasi


·      Menceritakan pengalaman diri dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila

PPKn KD 1.1
PPKn KD 2.1
PPKn KD 3.1
PPKn KD 4.1
·     Makna hubungan simbol dan sila Pancasila
·      Mengamati gambar peta pahlawan nasional
·      Menyebutkan informasi tentang sikap kepahlawanan dari pahlawan nasional yang sudah diketahui dan yang ingin diketahui lebih lanjut
·      Mengumpulkan informasi yang sudah dan ingin diketahui lebih lanjut
·      Membaca teks tentang dan mengisi peta pikiran tentangnya

BI KD 3.8
BI KD 4.8
·     Menyampaikan informasi




·      Mengidentifikasi sikap kepahlawanan yang dimilikinya
·      Mempresentasikan sikap kepahlawanan yang dimilikinya dan yang dimiliki oleh Raja dimasa Islam serta pengaruhnya pada sikap masyarakat di sekitar dengan rinci

IPS KD 3.4
IPS KD 4.4
·     Kerajaan Islam


·      membaca teks tentang Pahlawan Tanpa Tanda Jasa, menulis informasi tentang apa yang sudah diketahui dan yang ingin diketahui lebih lanjut
·      Berdiskusi dan mempresentasikan informasi yang ditulis melalui Bahasa lisan dan tulisan

BI KD 3.8
BI KD 4.8
·     Menyampaikan informasi


·      Melakukan percobaan dengan berbagai jenis cermin cekung, cermin cembung dan cermin datar
·      Menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan benar.
·      Menulis laporan tentang sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan rinci dan benar
·      Menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan
·      Menulis laporan tentang sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan

IPA KD 3.7
IPA KD 4.7
·     Cermin
·     Cahaya dan indera penglihatan




·      Membuat periskop dan melakukan percobaan

IPA KD 3.7
IPA KD 4.7
·     Membuat meriskop
·      Mempresentasikan sikap kepahlawanan sebagai peninggalan sikap kepahlawanan raja-raja di masa Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya
·      Mengamati gambar, membaca teks, menyajikan informasi tentang sikap kepahlawanan dan pengaruhnya terhadap masa kini bagi masyarakat di wilayah setempat dalam bentuk peta pikiran

IPS KD 3.4
IPS KD 4.4
·     Kerajaan Hindu – Buddha
·     Kerajaan Islam


·      Mengamati teks lagu, mengidentifikasi,  berlatih, dan menyanyikan syair lagu panjang
·      Menyanyikan lagu Hari Merdeka dengan tinggi rendah dan tempo

SBdP KD 3.2
SBdP KD 4.2
·     Tanda tempo dan tinggi rendah nada





Tidak ada komentar:

Puisi Ngauk Kapalo karya Hendra Bahari Singkawang 2024

 Ngauk Kapalo (Hendra Bahari Singkawang)   Nanang mato ka oncok bukit, Maok ijook gaik taraboh, Antoh mato dameo, Mato urok taraboh, Ka puhu...