Mengenai Saya

Foto saya
Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Saya berasal dari Singkawang Kalimantan Barat. Saya anak Suku Dayak Salako Garantukng Sakawokng. Saya cinta perdamaian. Saya cinta Indonesia.

Sabtu, 02 November 2019

RPP BAHASA INDONESIA KELAS 4 TEMA PAHLAWANKU


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan         :  SD Negeri 13 Singkawang
Kelas / Semester              :  4 / 1   (Dua)
Tema 5                             :  Pahlawanku
Subtema 1                        :  Perjuangan Para Pahlawan
Pembelajaran                  :  4
Alokasi Waktu                :  1 x Pertemuan (2 x 35 menit)

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.5     Menggali pengetahuan baru yang terdapat  pada teks nonfiksi
4.7     Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi  ke dalam  tulisan dengan bahasa sendiri.
PKN
3.1     Memahami makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila.
4.1      Menjelaskan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
Matematika
3.10   Menjelaskan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret.
4.10  Mengidentifikasi hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret.
C. Indikator :
1.    Mengidentifkasi informasi dari teks nonfiksi yang dibaca dengan terperinci.
2.    Menuliskan informasi dari teks nonfiksi dengan terperinci.
3.    Menjelaskan sikap dari tokoh yang sesuai dengan makna sila keempat dengan terperinci.
4.    Menceritakan refleksi diri dalam melaksanakan sila keempat Pancasila dengan terperinci.
5.    Menjelaskan konsep garis sejajar dan berpotongan dengan benda kongkret dengan benar.
6.    Menemukan garis sejajar dan berpotongan dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Setelah membaca teks, siswa mampu mengidentifkasi informasi dari teks nonfiksi yang dibaca dengan terperinci.
2.      Setelah membaca teks, siswa mampu menuliskan informasi dari teks nonfiksi dengan terperinci.
3.      Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan sikap dari tokoh yang sesuai dengan makna sila keempat dengan terperinci.
4.      Setelah berdiskusi, siswa mampu menceritakan refleksi diri dalam melaksanakan sila keempat Pancasila dengan terperinci.
5.      Setelah bereksplorasi, siswa mampu menjelaskan konsep garis sejajar dan berpotongan dengan benda kongkret dengan benar.
6.      Setelah bereksplorasi, siswa mampu menemukan garis sejajar dan berpotongan dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Mengenal Tentang Kepahlawanan Bala Putra Dewa dari Kerajaan Sriwijaya.
¡  Kaitan sikap kepahlawanan Bala Putra Dewa dengan nilai-nilai pancasila terutama sila keempat kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.

Bacalah teks berikut!
Bala Putra Dewa Raja Kerajaan Sriwijaya
Bala putra dewa menjadi raja di Kerajaan Sriwijaya sekitar tahun 850 M. Pada saat pemerintahan Raja Bala putra dewa, Kerajaan Sriwijaya mencapai puncak kejayaannya dalam bidang ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan.
 
Balaputradewa berjuang membangun armada laut yang kuat. Tindakan itu bertujuan supaya jalur pelayaran di wilayah Sriwijaya menjadi aman. Banyak pedagang merasa aman ketika singgah. Peningkatan ekonomi diperoleh dari pembayaran upeti, pajak, maupun keuntungan dari hasil perdagangan. Dengan demikian, Sriwijaya berkembang menjadi kerajaan yang besar dan makmur. salah satu bukti bahwa kerajaan sriwijaya ada dapat dilihat dari situs Candi Muara Takus di daerah Sumatera selatan.
¡  Konsep Garis Pada Suatu Bidang





F.      MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
1)      Model Pembelajaran
a.      Informations search
b.      Peer lesson
c.      Listening team
2)      Metode Pembelajaran
a.    Presentasi
b.    Diskusi
c.    Tanya Jawab
d.    Penugasan
G.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Pahlawanku Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Buku Siswa Tema : Pahlawanku Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Gambar  
¡  Teks tentang kepahlawanan
H.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPahlawanku”.
¡   Guru mengajak siswa untuk menyanyikan  lagu
         ” Gending Sriwijaya”
Di kalaku merindukan keluhuran dulu kala,
Kutembangkan nyanyi dari lagu gending sriwijaya,
Dalam seni kunikmati lagi jaman bahagia,
Kuciptakan kembali dari kandungan maha kala

Sri wijaya dengan asmara agung sang maha guru,
Tutur sabda dharma pala khirti dharma khirti
Berkumandang dari puncaknya si guntang maha meru
Menaburkan tuntunan suci gautama buddha sakti.

¡   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran serta tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

Inti
¡   Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kecil, setiap kelompok terdiri atas 4–5 siswa. (Mengekplorasi)
¡   Guru menanya tentang kerajaan yang ada dan pernah ada di wilayah nusantara.
¡   Siswa menjawab pertanyaan guru  dengan  pengetahuan  yang dimiliki lalu menuliskannya pada white board.
¡   Siswa diminta mengamati beberapa gambar yang terdapat pada white board. (Mengamati)
¡   Selanjutnya siswa diminta untuk berkomentar tentang gambar tersebut dengan satu orang yang mewakili dalam kelompoknya.
¡   Siswa bersama anggota kelompoknya mengamati gambar dan bacaan tentang  Bala Putra Dewa Raja Kerajaan Sriwijaya serta mengidentifikasibentuk bangunan , berupa garis  sejajar, garis lengkung, garis tegak lurus, garis berotongan yang ada pada gambar  situs candi muara takus.
¡   Siswa bersama anggota kelompoknya diminta untuk mengungkapan perjuangan yang telah dilakukan oleh tokoh pada gambar dan mengaitkannya dengan sila keempat Pancasila, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan  perwakilan.
¡   Siswa bersama anggota kelompoknya diminta untuk menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan  dan gambar yang telah dipersiapkan guru. (Menanya)
¡   Siswa mengomunikasikan jawaban mereka di depan kelas. (Mengkomunikasikan)
¡   Guru bersama siswa membuat kesimpulan dari materi pelajaran. (Mengkomunikasikan)
45 menit
Penutup
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Guru mengajak siswa bernyanyi lagu
¡   ”Ade Irma Suryani”
Akan  kuingat selalu,
Ade irma suryani,
Waktu dipeluk,dipangku  ibu
Dengan segala kasih ......
Reff.
Kini Dia kembali,
Kepangkuan Tuhan
Senang dan bahagia hatinya,
Kini dia kembali
kepangkuan Tuhan
Senang dan bahagia hatinya .......
       
Di fajar Ade terjaga,
Dari Mimpi terbangun
Tampak olehnya,
Sinar Ilahi turun bersama Embun.....
Reff.
Kini dia terbaring,
Dipangkuan Tuhan
Senang dan bahagia hatinya,
Kini dia terbaring,
Dipangkuan Tuhan
Senang dan bahagia hatinya .....        
¡   Guru menyampaikan bahwa kegiatan pembelajaran telah berakhir.
¡   Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit

I.       PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Rubrik Bahasa Indonesia.
Kriteria
Baik Sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan
(1)
Informasi
Menemukan
seluruh informasi
penting pada
teks
Menemukan
sebagian besar
informasi
penting pada
teks
Menemukan
sebagaian
informasi
penting pada
teks
Menemukan
sebagaian
kecil informasi
penting pada
teks
Mengolah
informasi
Mengolah
semua informasi
berdasarkan
kriteria
(pertanyaan)
yang diminta
dengan benar
Mengolah
sebagian besar
informasi
berdasarkan
kriteria
(pertanyaan)
yang diminta
dengan benar
Mengolah
sebagian
informasi
berdasarkan
kriteria
(pertanyaan)
yang diminta
dengan benar
Mengolah
sebagian kecil
informasi
berdasarkan
kriteria
(pertanyaan)
yang diminta
dengan benar
Menyajikan
informasi
Semua informasi ditulis dalam
peta pikiran
dengan
sistematis,
runtut, dan
mudah dipahami
Sebagian besar
Informasi ditulis
dalam peta
pikiran dengan
sistematis,
runtut, dan
mudah dipahami
Sebagian
Informasi ditulis
dalam peta
pikiran dengan
sistematis,
runtut, dan
mudah dipahami
Sebagian kecil
Informasi ditulis
dalam peta
pikiran dengan
sistematis,
runtut, dan
mudah dipahami
Penilaian : Jumlah skor perolehan x 10 = ……..
12                                 
                  
Matematika : Pengamatan tentang garis
Kriteria
Baik Sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan
(1)
Identifikasi
Menemukan 10
garis dengan
benar
Menemukan
minimal 7 garis
dengan benar
Menemukan
minimal 4 garis
dengan benar
Hanya mampu
menemukan
maksimal 3 garis
Mengelompokkan
(garis
berpotongan dan
sejajar)
Bisa
mengelompokkan
10 garis yang
ditemukkan ke
dalam garis
sejajar dan
berpotongan
dengan benar
Bisa
mengelompokkan
minimal 7 garis
yang ditemukkan
ke dalam garis
sejajar dan
berpotongan
dengan benar
Bisa
mengelompokkan
minimal 4 garis
yang ditemukkan
ke dalam garis
sejajar dan
berpotongan
dengan benar
Hanya mampu
mengelompokkan
maksimal 3 garis
Komunikasi
Mengomunikasi
kan hasil
pekerjaan
dengan logis,
sistematis dan
menggunakan
kalimat
matematika
dengan benar.
Mengomunikasikan
hasil pekerjaan
dengan logis, dan
menggunakan
kalimat
matematika
dengan benar
namun kurang
sistematis.
Mengomunikasi
kan hasil
pekerjaan
dengan logis
namun kurang
sistematis atau
menggunakan
kalimat
matematika yang
tidak tepat.
Hanya mampu
mengelompokkan
maksimal 3 garis
Penilaian : Skor perolehan  x 100= ….
                           12
PKN
Kriteria
Baik Sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu
Pendampingan
(1)
Sikap yang
sudah baik
Menuliskan tiga
sikap sesuai
dengan sila
keempat yang
sudah dilakukan
Menuliskan dua
sikap sesuai
dengan sila
keempat yang
sudah dilakukan
Menuliskan satu
sikap sesuai
dengan sila
keempat yang
sudah dilakukan
Belum mampu
menuliskan
sikap yang
sesuai dengan
sila keempat
Rencana tindak
lanjut
Menuliskan
tiga rencana
tindak lanjut
untuk lebih
mengamalkan
sila
keempat dalam
kehidupan
sehari- hari
Menuliskan
dua rencana
tindak lanjut
untuk lebih
mengamalkan
sila
keempat dalam
kehidupan
sehari- hari
Menuliskan
satu rencana
tindak lanjut
untuk lebih
mengamalkan
sila
keempat dalam
kehidupan
sehari- hari
Belum mampu
menuliskan
rencana tindak
lanjut

Nilai = Skor perolehan X 100
                      8
J. INSTRUMENT PENILAIAN
Bahasa Indonesia
Bacalah teks berikut
Bala Putra Dewa Raja Kerajaan Sriwijaya
Bala putra dewa menjadi raja di Kerajaan Sriwijaya sekitar tahun 850 M. Pada saat pemerintahan Raja Bala putra dewa, Kerajaan Sriwijaya mencapai puncak kejayaannya dalam bidang ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan.
 
Balaputradewa berjuang membangun armada laut yang kuat. Tindakan itu bertujuan supaya jalur pelayaran di wilayah Sriwijaya menjadi aman. Banyak pedagang merasa aman ketika singgah. Peningkatan ekonomi diperoleh dari pembayaran upeti, pajak, maupun keuntungan dari hasil perdagangan. Dengan demikian, Sriwijaya berkembang menjadi kerajaan yang besar dan makmur. salah satu bukti bahwa kerajaan sriwijaya ada dapat dilihat dari situs Candi Muara Takus di daerah Sumatera selatan.

1.         Siapa nama Raja yang memerintah di Kerajaan Sriwijaya?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

2.         Apa tindakan yang dilakukan oleh raja tersebut untuk memajukan kerajaannya?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

3.         Bagaimana pendapatmu tentang Raja Bala Putra dewa?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

PKN
1.      Apa saja sikap yang sesuai dengan sila keempat Pancasila dari perjuangan Raja Bala Putra Dewa, Jelaskan pendapatmu!
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

2.      Apabila kelak menjadi seorang pemimpin di daerah Singkawang,.Apa saja contoh sikap yang harus dimiliki yang berkaitan dengan sila keempat pancasila? Jelaskan pendapatmu!
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
           

MATEMATIKA
Perhatikan Gambar berikut!














1.      Tentukan berapa  jumlah:
a.       Garis Lurus
b.      Garis Lengkung
c.       Garis Tegak Lurus
d.      Garis Berpotongan
e.       Garis Sejajar
2.      Coba kalian lingkari garis berpotongan dan  sejajar!
3.      Komunikasikan  di depan kelas hasil kerja kelompokmu oleh salah seorang perwakilan kelompok!






K. RUBRIK PENILAIAN

Bahasa Indonesia
No
Nama Siswa
Kriteria
Jumlah Skor
Nilai Akhir
J.B/16X100=
Kkm (70)
S. Baik
Baik
Cukup
Prlu Bimbingan
T/TT
Keterangan
1
Ahmad Rafi Nurrahman








2
Angga Rizki








3
Arnisa Fitri








4
Astika








5
Asyrafa








6
Cahyo Anugerah








7
Dara Lestari








8
Davin Kurniawan








9
Dinda Ivory








10
Ezira Ramadhanti








11
Farel Novianto








12
Father Rosi








13
Fidha Anandha








14
Indah Syahputri








15
Marsyabila Aisyah








16
Melda Anisa








17
Nur Askies








18
Nyi Laula Lihan








19
Revand Pratama








20
Suci Hidaya








21
Vincentia








22
Yasir Riswan Suwandi








23
Zweta Tiara Rhisya








24
Ahmad Rafi Nurrahman








Jumlah









PKN
No
Nama Siswa
Kriteria
Jumlah Skor
Nilai Akhir
J.B/16X100=
Kkm (70)
S. Baik
Baik
Cukup
Prlu Bimbingan
T/TT
Keterangan
1
Ahmad Rafi Nurrahman








2
Angga Rizki








3
Arnisa Fitri








4
Astika








5
Asyrafa








6
Cahyo Anugerah








7
Dara Lestari








8
Davin Kurniawan








9
Dinda Ivory








10
Ezira Ramadhanti








11
Farel Novianto








12
Father Rosi








13
Fidha Anandha








14
Indah Syahputri








15
Marsyabila Aisyah








16
Melda Anisa








17
Nur Askies








18
Nyi Laula Lihan








19
Revand Pratama








20
Suci Hidaya








21
Vincentia








22
Yasir Riswan Suwandi








23
Zweta Tiara Rhisya








24
Ahmad Rafi Nurrahman








Jumlah









MATEMATIKA
No
Nama Siswa
Kriteria
Jumlah Skor
Nilai Akhir
J.B/16X100=
Kkm (70)
S. Baik
Baik
Cukup
Prlu Bimbingan
T/TT
Keterangan
1
Ahmad Rafi Nurrahman








2
Angga Rizki








3
Arnisa Fitri








4
Astika








5
Asyrafa








6
Cahyo Anugerah








7
Dara Lestari








8
Davin Kurniawan








9
Dinda Ivory








10
Ezira Ramadhanti








11
Farel Novianto








12
Father Rosi








13
Fidha Anandha








14
Indah Syahputri








15
Marsyabila Aisyah








16
Melda Anisa








17
Nur Askies








18
Nyi Laula Lihan








19
Revand Pratama








20
Suci Hidaya








21
Vincentia








22
Yasir Riswan Suwandi








23
Zweta Tiara Rhisya








24
Andika








Jumlah









Catatan:  ………………………………

Mengetahui
Guru Pamong,



IDAWATI,S.Pd.
NIP. 196004171980092001

Singkawang, …  Nov  2017
Praktikan,



HENDRASIUS
NIM. 11308504140059



Tidak ada komentar:

Puisi Ngauk Kapalo karya Hendra Bahari Singkawang 2024

 Ngauk Kapalo (Hendra Bahari Singkawang)   Nanang mato ka oncok bukit, Maok ijook gaik taraboh, Antoh mato dameo, Mato urok taraboh, Ka puhu...