Mengenai Saya

Foto saya
Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia
Saya berasal dari Singkawang Kalimantan Barat. Saya anak Suku Dayak Salako Garantukng Sakawokng. Saya cinta perdamaian. Saya cinta Indonesia.

Sabtu, 16 November 2019

kisi-kisi soal bahasa indonesia


KISI-KISI SOAL UAS          : BAHASA INDONESIA                                                                                                    
KELAS                                    : X (SEPULUH)
SEMESTER                           : GENAP
TAHUN PELAJARAN         : 2018/2019
PENULIS                                : HENDRASIUS, S.Pd.


Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian
Pokok
 Materi
Submateri
Bentuk
Soal
Indikator Soal
No Soal
Kunci
Lev. Kog.
3.10 Mengevaluasi pengajuan, penawaran, dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tulisan
Siswa mampu menjelaskan tujuan dan ciri dari teks negosiasi
Membuat kesepakatan dengan melakukan negosiasi
Evaluasi teks negosiasi secara lisan maupu tertulis
PG
Disajikan teks negosiasi, peserta didik menentukan bagian permintaan dari teks negosiasi
1
A
C3
Siswa mampu menjelaskan tujuan dan ciri dari teks negosiasi
Membuat kesepakatan dengan melakukan negosiasi
Pengajuan, penawaran, dan persetujuan dalam teks negosiasi
PG
Disajikan teks negosiasi, peserta didik menentukan argumen yag logis.
3
E
C3
Siswa mampu menjelaskan tujuan dan ciri dari teks negosiasi
Membuat kesepakatan dengan melakukan negosiasi
Pengajuan, penawaran, dan persetujuan dalam teks negosiasi
PG
Disajikan teks negosiasi, peserta didik menentukan bagian kalimat persetujuan.
5
E
C3
Siswa mampu menentukan bagian-bagian struktur teks negosiasi
Membuat kesepakatan dengan melakukan negosiasi
Pengajuan, penawaran, dan persetujuan dalam teks negosiasi
PG
Peserta didik dapat menentukan bagian penutup surat penawaran yang tepat
9
C
C1
Siswa mampu menentukan bagian-bagian struktur teks negosiasi
Membuat kesepakatan dengan melakukan negosiasi
Pengajuan, penawaran, dan persetujuan dalam teks negosiasi
PG
Disajikan teks percakapan, peserta didik menentukan bagian persetujuan.
13
E
C2
Siswa mampu mengidentifikasi sikap yang dapat dilakukan dalam bernegosiasi.
Membuat kesepakatan dengan melakukan negosiasi
Pengajuan, penawaran, dan persetujuan dalam teks negosiasi
PG
Peserta didik menentukan sikap yang dapat dilakukan dalam bernegosiasi.
14
D
C3
Siswa mampu mmenentukan kriteria seorang negosiator
Membuat kesepakatan dengan melakukan negosiasi
Pengajuan, penawaran, dan persetujuan dalam teks negosiasi
PG
Peserta didik menentukan kriteria seorang negosiator.
15
C
C1
Siswa mampu menentukan contoh bahasa dalam proses negosiasi.
Membuat kesepakatan dengan melakukan negosiasi
Pengajuan, penawaran, dan persetujuan dalam teks negosiasi
PG
Peserta didik menentukan contoh bahasa dalam proses negosiasi.
16
E
C2
3.11 Menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup), dan kebahasaan teks negosiasi
Siswa mampu menentukan bagian teks negosiasi
Membuat kesepakatan dengan melakukan negosiasi
Menganalisis isi teks negosiasi
PG
Disajikan teks negosiasi, peserta didik menentukan bagian tertentu dari teks negosiasi yang disajikan
2
C
C3
Siswa mampu menentukan pasangan tuturan dalam teks negosiasi
Membuat kesepakatan dengan melakukan negosiasi
Menganalisis struktur teks negosiasi
PG
Disajikan teks negosiasi, peserta didik menentukan bagian tertentu dari teks negosiasi
4
B
C3
Siswa mampu menentukan bagian penawaran pada teks
Membuat kesepakatan dengan melakukan negosiasi
Menganalisis isi teks negosiasi
PG
Disajikan teks negosiasi, peserta didik menentukan bagian penawaran pada teks.
6
C
C3
Siswa mampu menentukan bagian alamat surat penawaran.
Membuat kesepakatan dengan melakukan negosiasi
Menganalisis struktur teks negosiasi
PG
Disajikan teks negosiasi, peserta didik menentukan bagian alamat surat penawaran.
7
A
C3
Siswa mampu menentukan hal-hal yang perlu daalam surat penawaran.
Membuat kesepakatan dengan melakukan negosiasi
Menganalisis  kaidah kebahasaan teks negosiasi
PG
Peserta didik dapat menentukan bagian yang tidak perlu dalam surat penawaran
8
C
C3
Siswa mampu menentukan bagian bagian isi surat.
Membuat kesepakatan dengan melakukan negosiasi
Menganalisis kaidah kebahasaan teks negosiasi
PG
Disajikan teks negosiasi, peserta didik menentukan bagian isi surat.
10
A
C3

Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri negosiasi.
Membuat kesepakatan dengan melakukan negosiasi
Menganalisis kaidah kebahasaan teks negosiasi
PG
Disajikan teks negosiasi, peserta didik menentukan hal yang tidak termasuk ciri-ciri negosiasi.
11
B
C2
Siswa mampu menjelaskan unsur pembangun teks negosiasi
Membuat kesepakatan dengan melakukan negosiasi
Menganalisis kaidah kebahasaan teks negosiasi
PG
Peserta didik menentukan unsur pembangun teks negosiasi
12
D
C2
Siswa mampu menentukan trik bernegosiasi.
Membuat kesepakatan dengan melakukan negosiasi
Menganalisis kaidah kebahasaan teks negosiasi
PG
Disajikan teks negosiasi, pesera didik  menentukan trik bernegosiasi.
17
C
C1
Siswa mampu menganalisis informasi pokok dalam kutipan teks negosiasi
Membuat kesepakatan dengan melakukan negosiasi
Menganalisis kaidah kebahasaan teks negosiasi
PG
Disajikan teks negosiasi,  menganalisis informasi pokok dalam kutipan teks negosiasi.
18
C
C1
3.12 Menghubungkan permasalahan/isu, sudut pandang, dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat
Siswa mampu menentukan mosi berdasarkan isu atau permasalahan yang berkembang
Berdebat dengan indah
Menemukan esensi debat
PG
Disajikan teks terkait mosi, peserta didik menentukan mosi yang sesuai dengan permasalahan.
19
A
C2
Siswa mampu menganalisa pendapat tim oposisi berupa pernyataan sanggahan.
Berdebat dengan indah
Menemukan esensi debat
PG
Disajikan teks terkait mosi, peserta didik menganalisa pernyataan sanggahan yang sesuai.
20
D
C1
Siswa mampu menganalisa pendapat tim pro berupa pernyataan persetujuan
Berdebat dengan indah
Menemukan esensi debat
PG
Disajikan teks terkait mosi, peserta didik menentukan pernyataan persetujuan berdasarkan kutipan teks.
21
D
C2
Siswa mampu mengidentifikasi unsur-unsur debat terutama dalam penyampaian mosi dapat berupa  paragraf argumentasi.
Berdebat dengan indah
Menemukan esensi debat
PG
Peserta didik mengidentifikasi pernyataan yang tepat mengenai paragraf argumentasi
28
E
C2
3.13 Menganalisis isi debat
Siswa mampu menganalisis mosi berdasarkan permasalahan
Berdebat dengan indah
Mengontruksi bagian-bagian dalam berdebat
PG
Disajikan teks terkait mosi, peserta didik menganalisis mosi yang sesuai berdasarkan permasalahan yang terdapat pada teks yang disajikan.
22
B
C1
Siswa mampu menentukan pendapat yang bersifat kontra dalam suatu mosi permasalahan
Berdebat dengan indah
Mengontruksi bagian-bagian dalam berdebat
PG
Disajikan teks terkait mosi, peserta didik menganalisis pendapat yang bersifat kontra pada kutipan.
23
C
C1
Siswa mampu menentukan mosi yang sesuai berdasarkan permasalahan pada teks.
Berdebat dengan indah
Mengontruksi bagian-bagian dalam berdebat
PG
Disajikan teks, peserta didik menganalisis mosi debat yang sesuai dengan teks.
24
A
C2
Siswa mampu mengidentifikasi ragam bahasa debat
Berdebat dengan indah
Ragam bahasa debat
PG
Disajikan teks terkait mosi, peserta didik menentukan kalimat yang tepat untuk menanggapi suatu pernyataan.
25
C
C3
Siswa mampu mengidentifikasi mosi yang tepat berdasarkan sebuah argumen.
Berdebat dengan indah
Ragam bahasa debat
PG
Disajikan teks terkait mosi, peserta didik menentukan mosi terhadap argumen yang sampaikan.
26
C
C1
Siswa mampu mengidentifikasi ragam bahasa berupa kalimat sanggahan yang tepat.
Berdebat dengan indah
Ragam bahasa debat
PG
Disajikan teks terkait mosi, peserta didik menentukan kalimat sanggahan yang sesuai.
27
D
C2
3.14
Menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi.

Siswa mampu Mengidentifikasi ciri dan struktur teks biografi
Belajar dari biografi
Menelaah teks biografi
PG
Mengidentifikasi ciri dan struktur teks biografi
29
D
C1
·         Siswa mampu mengidentifikasi struktur teks biografi.
Ø  Orientasi/pengenalan tokoh
Ø  Peristiwa dan masalah
Ø  Reorientasi
Mengidentifikasi pola
Belajar dari biografi
Menelaah teks biografi
PG
Disajikan teks biografi, peserta didik menemukan aspek menarik dari tokoh yang terdapat dalam teks.
30
B
C2
·         Siswa mampu mengidentifikasi struktur teks biografi.
Ø  Orientasi/pengenalan tokoh
Ø  Peristiwa dan masalah
Ø  Reorientasi
Mengidentifikasi pola
Belajar dari biografi
Menelaah teks biografi
PG
Disajikan teks biografi, peserta didik menemukan ide pokok yang dibahas dalam teks biografi
31
C
C3
·         Siswa mampu mengidentifikasi struktur teks biografi.
Ø  Orientasi/pengenalan tokoh
Ø  Peristiwa dan masalah
Ø  Reorientasi
Mengidentifikasi pola
Belajar dari biografi
Menelaah teks biografi
PG
Disajikan teks biografi, peserta didik menemukan pernyataan yang tidak sesuai dalam teks biografi
32
A
C3

·         Siswa mampu mengidentifikasi struktur teks biografi.
Ø  Orientasi/pengenalan tokoh
Ø  Peristiwa dan masalah
Ø  Reorientasi
Mengidentifikasi pola
Belajar dari biografi
Mengungkapkan kembali keteladanan dalam teks biografi
PG
Disajikan teks biografi, peserta didik menemukan hal yang istimewa pada tokoh yang ada dalam teks biografi.
33
E
C2
·         Siswa mampu mengidentifikasi struktur teks biografi.
Ø  Orientasi/pengenalan tokoh
Ø  Peristiwa dan masalah
Ø  Reorientasi
Mengidentifikasi pola
Belajar dari biografi
Mengungkapkan kembali keteladanan dalam teks biografi
PG
Disajikan teks biografi, peserta didik menemukan permasalahan yang  dihadapi tokoh dalam teks biografi
34
C
C1
3.15 Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi.
Siswa mampu menemukan karakter unggul tokoh yang patut diteladani dalam teks biografi
Belajar dari biografi
Mengungkapkan kembali keteladanan dalam teks biografi
PG
Disajikan teks biografi, peserta didik menemukan karakter unggul tokoh yang patut diteladani dalam teks biografi
35
B
C3
Siswa mampu mengidentifikasi struktur teks
Belajar dari biografi
Menganalisis makna dan kebahasaan teks biografi
PG
Peserta didik mengidentifikasi struktur teks yang tidak perlu ada dalam teks biografi
36
C
C3
3.16 Mengidentifikasi suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca.
Siswa mampu mengidentifikasi
pengertian puisi,
ciri puisi, dan
jenis puisi

Mendalami puisi
Mengidentifikasi komponen penting dalam puisi
PG
Peserta didik mengidentifikasi komponen penting dalam puisi
37
E
C3
Siswa mampu menentukan tema puisi.

Mendalami puisi
Mengidentifikasi komponen penting dalam puisi
PG
Disajikan teks puisi, peserta didik mengidentifikasi  tema dalam puisi
38
E
C2
Siswa mampu menentukan tema puisi.

Mendalami puisi
Mengidentifikasi komponen penting dalam puisi
PG
Disajikan teks puisi, peserta didik mengidentifikasi   tema dalam puisi
42
E
C3
Siswa mampu menentukan tema puisi.

Mendalami puisi
Mengidentifikasi komponen penting dalam puisi
PG
Disajikan teks puisi, peserta didik mengidentifikasi  tema dalam puisi
45
D
C3
Siswa mampu Menentukan suasana puisi.

Mendalami puisi
Mengidentifikasi komponen penting dalam puisi
PG
Disajikan teks puisi, peserta didik mengidentifikasi     suasana dalam puisi
39
A
C3
Siswa mampu menentukanmakna puisi
Mendalami puisi
Mengidentifikasi komponen penting dalam puisi
PG
Disajikan teks puisi, peserta didik mengidentifikasi  makna dalam puisi
40
B
C1
Siswa mampu mengidentifikasi  diksi dalam puisi
Mendalami puisi
Mengidentifikasi komponen penting dalam puisi
PG
Disajikan teks puisi, peserta didik mengidentifikasi  diksi dalam puisi
41
A
C3
Siswa mampu mengidentifikasi  aspek diksi dalam puisi mengidentifikasi  aspek diksi dalam puisi
Mendalami puisi
Mengidentifikasi komponen penting dalam puisi
PG
Disajikan teks puisi, peserta didik mengidentifikasi  aspek diksi dalam puisi
47
E
C2
Siswa mampu mengidentifikasi  perlambangan dan simbol dalam puisi
Mendalami puisi
Mengidentifikasi komponen penting dalam puisi
PG
Disajikan teks puisi, peserta didik mengidentifikasi  perlambangan dan simbol dalam puisi
48
A
C3
Siswa mampu mengidentifikasi  penggunaan gaya bahasa dalam puisi
Mendalami puisi
Mengidentifikasi komponen penting dalam puisi
PG
Disajikan teks puisi, peserta didik mengidentifikasi  penggunaan gaya bahasa dalam puisi
46
B
C2
3.17
 Menganalisis unsur pembangun puisi.
Siswa mampu mengidentifikasi imajinasi (pengalaman indrawi) dalam puisi.

Mendalami puisi
Keindahan puisi
PG
Disajikan teks puisi, peserta didik mengidentifikasi  jenis imajinasi dalam puisi
43
A
C1
Siswa mampu mengidentifikasi intonasi dalam puisi.

Mendalami puisi
Keindahan puisi
PG
Disajikan teks puisi, peserta didik mengidentifikasi  intonasi dalam puisi
44
C
C3
Siswa mampu mengidentifikasi intonasi dalam puisi.

Mendalami puisi
Keindahan puisi
PG
Disajikan teks puisi, peserta didik mengidentifikasi  intonasi  yang tepat dalam puisi
49
E
C3
Siswa mampu menganalisis ilustrasi yang sesuai dengan puisi.
Mendalami puisi
Keindahan puisi
PG
Disajikan teks bacaan, peserta didik menganalisis ilustrasi dan suasana yang sesuai mengenai puisi.
50
A
C1

KETERANGAN
C1: SUKAR
C2: MENENGAH
C3: MUDAH









PEDOMAN PENSKORAN
UAS BAHASA INDONESIA
KELAS: X
SMA NEGERI 8 SINGKAWANG TAHUN 2018/2019
NO
BAB
KD
JUMLAH  BUTIR SOAL
NO BUTIR SOAL
RUMUS
SKOR
1
I. TEKS NEGOSIASI
3.10
8
1, 3, 5, 9, 13, 14, 15, 16

8 =100
7 =87,5
6 =75
5 =62,5
4 =50
3 =37,5
2 =25
1 =12,5


3.11
10
2,4,6,7,8,10,11,12,17,18


10 = 100
9=90
8=80
7=70
6=60
5=50
4=40
3=30
2=20
1=10

2. ESENSI DEBAT
3.12
4
19, 20, 21, 28


4=100
3=75
2=50
1=25


3.13
6
22, 23, 24, 25, 26, 27


6=100
5=83,3
4=66,67
3=50
2=33,3
1=16,6

3. BIOGRAFI
3.14
6
29, 30, 31, 32, 33, 34


6=100
5=83,3
4=66,67
3=50
2=33,3
1=16,6


3.15
2
35, 36


2=100
1=50

4. PUISI
3.16
10
37, 38, 42, 45, 39, 40, 41, 46, 47, 48


10 = 100
9=90
8=80
7=70
6=60
5=50
4=40
3=30
2=20
1=10


3.17
4
43, 44, 49, 50


4=100
3=75
2=50
1=25



Tidak ada komentar:

Puisi Ngauk Kapalo karya Hendra Bahari Singkawang 2024

 Ngauk Kapalo (Hendra Bahari Singkawang)   Nanang mato ka oncok bukit, Maok ijook gaik taraboh, Antoh mato dameo, Mato urok taraboh, Ka puhu...