KISI-KISI SOAL UAS : BAHASA
INDONESIA
KELAS :
X (SEPULUH)
SEMESTER :
GENAP
TAHUN PELAJARAN : 2018/2019
PENULIS :
HENDRASIUS, S.Pd.
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
|
Pokok
Materi
|
Submateri
|
Bentuk
Soal
|
Indikator Soal
|
No Soal
|
Kunci
|
Lev. Kog.
|
3.10 Mengevaluasi pengajuan, penawaran, dan
persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tulisan
|
Siswa mampu
menjelaskan tujuan dan ciri dari teks negosiasi
|
Membuat
kesepakatan dengan melakukan negosiasi
|
Evaluasi teks
negosiasi secara lisan maupu tertulis
|
PG
|
Disajikan teks negosiasi, peserta didik
menentukan bagian permintaan dari teks negosiasi
|
1
|
A
|
C3
|
Siswa mampu menjelaskan tujuan dan ciri dari teks
negosiasi
|
Membuat kesepakatan dengan melakukan negosiasi
|
Pengajuan,
penawaran, dan persetujuan dalam teks negosiasi
|
PG
|
Disajikan
teks negosiasi, peserta didik menentukan argumen yag logis.
|
3
|
E
|
C3
|
|
Siswa mampu
menjelaskan tujuan dan ciri dari teks negosiasi
|
Membuat
kesepakatan dengan melakukan negosiasi
|
Pengajuan, penawaran, dan persetujuan
dalam teks negosiasi
|
PG
|
Disajikan teks negosiasi, peserta didik
menentukan bagian kalimat persetujuan.
|
5
|
E
|
C3
|
|
Siswa
mampu menentukan bagian-bagian struktur teks negosiasi
|
Membuat kesepakatan dengan melakukan negosiasi
|
Pengajuan,
penawaran, dan persetujuan dalam teks negosiasi
|
PG
|
Peserta didik dapat
menentukan bagian penutup surat penawaran yang tepat
|
9
|
C
|
C1
|
|
Siswa mampu menentukan bagian-bagian
struktur teks negosiasi
|
Membuat
kesepakatan dengan melakukan negosiasi
|
Pengajuan, penawaran, dan persetujuan
dalam teks negosiasi
|
PG
|
Disajikan teks percakapan, peserta
didik menentukan bagian persetujuan.
|
13
|
E
|
C2
|
|
Siswa mampu
mengidentifikasi sikap yang dapat dilakukan dalam bernegosiasi.
|
Membuat kesepakatan dengan melakukan negosiasi
|
Pengajuan,
penawaran, dan persetujuan dalam teks negosiasi
|
PG
|
Peserta
didik menentukan sikap yang dapat dilakukan dalam bernegosiasi.
|
14
|
D
|
C3
|
|
Siswa mampu mmenentukan kriteria seorang negosiator
|
Membuat
kesepakatan dengan melakukan negosiasi
|
Pengajuan, penawaran, dan persetujuan
dalam teks negosiasi
|
PG
|
Peserta didik menentukan kriteria
seorang negosiator.
|
15
|
C
|
C1
|
|
Siswa mampu menentukan contoh bahasa dalam proses
negosiasi.
|
Membuat kesepakatan dengan melakukan negosiasi
|
Pengajuan,
penawaran, dan persetujuan dalam teks negosiasi
|
PG
|
Peserta
didik menentukan contoh bahasa dalam proses negosiasi.
|
16
|
E
|
C2
|
|
3.11
Menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan,
penutup), dan kebahasaan teks negosiasi
|
Siswa mampu menentukan bagian teks
negosiasi
|
Membuat
kesepakatan dengan melakukan negosiasi
|
Menganalisis
isi teks negosiasi
|
PG
|
Disajikan teks negosiasi, peserta didik
menentukan bagian tertentu dari teks negosiasi yang disajikan
|
2
|
C
|
C3
|
Siswa
mampu menentukan pasangan tuturan dalam teks negosiasi
|
Membuat kesepakatan dengan melakukan negosiasi
|
Menganalisis struktur teks negosiasi
|
PG
|
Disajikan
teks negosiasi, peserta didik menentukan bagian tertentu dari teks negosiasi
|
4
|
B
|
C3
|
|
Siswa mampu menentukan bagian penawaran pada teks
|
Membuat
kesepakatan dengan melakukan negosiasi
|
Menganalisis
isi teks negosiasi
|
PG
|
Disajikan teks negosiasi, peserta didik
menentukan bagian penawaran pada teks.
|
6
|
C
|
C3
|
|
Siswa mampu menentukan bagian alamat surat
penawaran.
|
Membuat kesepakatan dengan melakukan negosiasi
|
Menganalisis struktur teks negosiasi
|
PG
|
Disajikan
teks negosiasi, peserta didik menentukan bagian alamat surat penawaran.
|
7
|
A
|
C3
|
|
Siswa mampu menentukan hal-hal yang perlu daalam
surat penawaran.
|
Membuat
kesepakatan dengan melakukan negosiasi
|
Menganalisis kaidah kebahasaan teks negosiasi
|
PG
|
Peserta didik dapat
menentukan bagian yang
tidak perlu dalam surat penawaran
|
8
|
C
|
C3
|
|
Siswa mampu menentukan bagian bagian isi surat.
|
Membuat kesepakatan dengan melakukan negosiasi
|
Menganalisis kaidah kebahasaan teks negosiasi
|
PG
|
Disajikan
teks negosiasi, peserta didik menentukan bagian isi surat.
|
10
|
A
|
C3
|
|
|
Siswa mampu
menjelaskan ciri-ciri negosiasi.
|
Membuat
kesepakatan dengan melakukan negosiasi
|
Menganalisis
kaidah kebahasaan teks negosiasi
|
PG
|
Disajikan teks negosiasi, peserta didik
menentukan hal yang tidak termasuk ciri-ciri negosiasi.
|
11
|
B
|
C2
|
Siswa mampu menjelaskan unsur pembangun teks negosiasi
|
Membuat kesepakatan dengan melakukan negosiasi
|
Menganalisis kaidah kebahasaan teks negosiasi
|
PG
|
Peserta didik
menentukan unsur pembangun teks negosiasi
|
12
|
D
|
C2
|
|
Siswa mampu menentukan trik bernegosiasi.
|
Membuat
kesepakatan dengan melakukan negosiasi
|
Menganalisis
kaidah kebahasaan teks negosiasi
|
PG
|
Disajikan
teks negosiasi, pesera didik
menentukan trik bernegosiasi.
|
17
|
C
|
C1
|
|
Siswa mampu menganalisis informasi pokok
dalam kutipan teks negosiasi
|
Membuat kesepakatan dengan melakukan negosiasi
|
Menganalisis kaidah kebahasaan teks negosiasi
|
PG
|
Disajikan teks negosiasi, menganalisis informasi pokok dalam kutipan
teks negosiasi.
|
18
|
C
|
C1
|
|
3.12 Menghubungkan permasalahan/isu, sudut pandang, dan
argumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari
debat
|
Siswa mampu menentukan
mosi berdasarkan isu atau permasalahan yang berkembang
|
Berdebat dengan
indah
|
Menemukan
esensi debat
|
PG
|
Disajikan teks terkait mosi, peserta didik
menentukan mosi yang sesuai dengan permasalahan.
|
19
|
A
|
C2
|
Siswa mampu menganalisa pendapat tim oposisi berupa
pernyataan sanggahan.
|
Berdebat dengan indah
|
Menemukan esensi debat
|
PG
|
Disajikan teks
terkait mosi, peserta didik menganalisa pernyataan sanggahan yang sesuai.
|
20
|
D
|
C1
|
|
Siswa mampu
menganalisa pendapat tim pro berupa pernyataan persetujuan
|
Berdebat dengan
indah
|
Menemukan
esensi debat
|
PG
|
Disajikan
teks terkait mosi, peserta didik menentukan pernyataan persetujuan
berdasarkan kutipan teks.
|
21
|
D
|
C2
|
|
Siswa mampu mengidentifikasi unsur-unsur debat
terutama dalam penyampaian mosi dapat berupa
paragraf argumentasi.
|
Berdebat dengan indah
|
Menemukan esensi debat
|
PG
|
Peserta didik
mengidentifikasi pernyataan yang tepat mengenai paragraf argumentasi
|
28
|
E
|
C2
|
|
3.13 Menganalisis isi debat
|
Siswa mampu menganalisis
mosi berdasarkan permasalahan
|
Berdebat dengan
indah
|
Mengontruksi
bagian-bagian dalam berdebat
|
PG
|
Disajikan
teks terkait mosi, peserta didik menganalisis mosi yang sesuai berdasarkan
permasalahan yang terdapat pada teks yang disajikan.
|
22
|
B
|
C1
|
Siswa mampu menentukan pendapat yang bersifat kontra
dalam suatu mosi permasalahan
|
Berdebat dengan indah
|
Mengontruksi bagian-bagian dalam berdebat
|
PG
|
Disajikan teks terkait mosi, peserta
didik menganalisis pendapat yang bersifat kontra pada kutipan.
|
23
|
C
|
C1
|
|
Siswa mampu
menentukan mosi yang sesuai berdasarkan permasalahan pada teks.
|
Berdebat dengan
indah
|
Mengontruksi
bagian-bagian dalam berdebat
|
PG
|
Disajikan
teks, peserta didik menganalisis mosi debat yang sesuai dengan teks.
|
24
|
A
|
C2
|
|
Siswa mampu mengidentifikasi ragam bahasa debat
|
Berdebat dengan indah
|
Ragam bahasa debat
|
PG
|
Disajikan teks terkait mosi, peserta
didik menentukan kalimat yang tepat untuk menanggapi suatu pernyataan.
|
25
|
C
|
C3
|
|
Siswa mampu mengidentifikasi mosi yang tepat
berdasarkan sebuah argumen.
|
Berdebat dengan
indah
|
Ragam bahasa
debat
|
PG
|
Disajikan teks terkait mosi, peserta
didik menentukan mosi terhadap argumen yang sampaikan.
|
26
|
C
|
C1
|
|
Siswa mampu mengidentifikasi ragam bahasa berupa
kalimat sanggahan yang tepat.
|
Berdebat dengan indah
|
Ragam bahasa debat
|
PG
|
Disajikan
teks terkait mosi, peserta didik menentukan kalimat sanggahan yang sesuai.
|
27
|
D
|
C2
|
|
3.14
Menilai
hal yang dapat diteladani dari teks biografi.
|
Siswa mampu Mengidentifikasi
ciri dan struktur teks biografi
|
Belajar dari
biografi
|
Menelaah teks
biografi
|
PG
|
Mengidentifikasi
ciri dan struktur teks biografi
|
29
|
D
|
C1
|
·
Siswa mampu mengidentifikasi
struktur teks biografi.
Ø Orientasi/pengenalan
tokoh
Ø Peristiwa
dan masalah
Ø Reorientasi
Mengidentifikasi
pola
|
Belajar dari biografi
|
Menelaah teks biografi
|
PG
|
Disajikan teks biografi, peserta didik menemukan
aspek menarik dari tokoh yang terdapat dalam teks.
|
30
|
B
|
C2
|
|
·
Siswa
mampu mengidentifikasi struktur teks biografi.
Ø Orientasi/pengenalan
tokoh
Ø Peristiwa
dan masalah
Ø Reorientasi
Mengidentifikasi
pola
|
Belajar dari
biografi
|
Menelaah teks
biografi
|
PG
|
Disajikan teks
biografi, peserta didik menemukan ide pokok yang dibahas dalam teks biografi
|
31
|
C
|
C3
|
|
·
Siswa mampu mengidentifikasi
struktur teks biografi.
Ø Orientasi/pengenalan
tokoh
Ø Peristiwa
dan masalah
Ø Reorientasi
Mengidentifikasi
pola
|
Belajar dari biografi
|
Menelaah teks biografi
|
PG
|
Disajikan teks biografi, peserta didik menemukan
pernyataan yang tidak sesuai dalam teks biografi
|
32
|
A
|
C3
|
|
|
·
Siswa
mampu mengidentifikasi struktur teks biografi.
Ø Orientasi/pengenalan
tokoh
Ø Peristiwa
dan masalah
Ø Reorientasi
Mengidentifikasi
pola
|
Belajar dari
biografi
|
Mengungkapkan
kembali keteladanan dalam teks biografi
|
PG
|
Disajikan teks
biografi, peserta didik menemukan hal yang istimewa pada tokoh yang ada dalam
teks biografi.
|
33
|
E
|
C2
|
·
Siswa mampu mengidentifikasi
struktur teks biografi.
Ø Orientasi/pengenalan
tokoh
Ø Peristiwa
dan masalah
Ø Reorientasi
Mengidentifikasi
pola
|
Belajar dari biografi
|
Mengungkapkan kembali keteladanan dalam teks
biografi
|
PG
|
Disajikan teks biografi, peserta didik menemukan
permasalahan yang dihadapi tokoh dalam
teks biografi
|
34
|
C
|
C1
|
|
3.15 Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi.
|
Siswa mampu menemukan karakter unggul tokoh yang
patut diteladani dalam teks biografi
|
Belajar dari
biografi
|
Mengungkapkan
kembali keteladanan dalam teks biografi
|
PG
|
Disajikan teks
biografi, peserta didik menemukan karakter unggul tokoh yang patut diteladani
dalam teks biografi
|
35
|
B
|
C3
|
Siswa mampu mengidentifikasi struktur teks
|
Belajar dari biografi
|
Menganalisis makna dan kebahasaan teks biografi
|
PG
|
Peserta didik
mengidentifikasi struktur teks yang tidak perlu ada dalam teks biografi
|
36
|
C
|
C3
|
|
3.16 Mengidentifikasi suasana, tema,
dan makna beberapa puisi yang terkandung dalam antologi puisi yang
diperdengarkan atau dibaca.
|
Siswa mampu mengidentifikasi
pengertian puisi,
ciri puisi, dan
jenis puisi
|
Mendalami puisi
|
Mengidentifikasi
komponen penting dalam puisi
|
PG
|
Peserta didik
mengidentifikasi komponen penting dalam puisi
|
37
|
E
|
C3
|
Siswa mampu
menentukan tema puisi.
|
Mendalami puisi
|
Mengidentifikasi komponen penting dalam puisi
|
PG
|
Disajikan teks puisi, peserta didik
mengidentifikasi tema dalam puisi
|
38
|
E
|
C2
|
|
Siswa mampu menentukan tema puisi.
|
Mendalami puisi
|
Mengidentifikasi
komponen penting dalam puisi
|
PG
|
Disajikan teks
puisi, peserta didik mengidentifikasi
tema dalam puisi
|
42
|
E
|
C3
|
|
Siswa mampu menentukan
tema puisi.
|
Mendalami puisi
|
Mengidentifikasi komponen penting dalam puisi
|
PG
|
Disajikan teks
puisi, peserta didik mengidentifikasi
tema dalam puisi
|
45
|
D
|
C3
|
|
Siswa mampu Menentukan suasana puisi.
|
Mendalami puisi
|
Mengidentifikasi
komponen penting dalam puisi
|
PG
|
Disajikan teks puisi, peserta didik
mengidentifikasi suasana dalam
puisi
|
39
|
A
|
C3
|
|
Siswa mampu menentukanmakna puisi
|
Mendalami puisi
|
Mengidentifikasi komponen penting dalam puisi
|
PG
|
Disajikan teks puisi,
peserta didik mengidentifikasi makna
dalam puisi
|
40
|
B
|
C1
|
|
Siswa mampu
mengidentifikasi diksi dalam puisi
|
Mendalami puisi
|
Mengidentifikasi
komponen penting dalam puisi
|
PG
|
Disajikan teks puisi, peserta didik
mengidentifikasi diksi dalam puisi
|
41
|
A
|
C3
|
|
Siswa mampu mengidentifikasi aspek diksi dalam puisi
mengidentifikasi aspek diksi dalam
puisi
|
Mendalami puisi
|
Mengidentifikasi komponen penting dalam puisi
|
PG
|
Disajikan teks puisi, peserta didik
mengidentifikasi aspek diksi dalam
puisi
|
47
|
E
|
C2
|
|
Siswa mampu
mengidentifikasi perlambangan dan
simbol dalam puisi
|
Mendalami puisi
|
Mengidentifikasi
komponen penting dalam puisi
|
PG
|
Disajikan teks
puisi, peserta didik mengidentifikasi
perlambangan dan simbol dalam puisi
|
48
|
A
|
C3
|
|
Siswa mampu mengidentifikasi penggunaan gaya bahasa dalam puisi
|
Mendalami puisi
|
Mengidentifikasi komponen penting dalam puisi
|
PG
|
Disajikan teks puisi, peserta didik
mengidentifikasi penggunaan gaya
bahasa dalam puisi
|
46
|
B
|
C2
|
|
3.17
Menganalisis unsur pembangun puisi.
|
Siswa mampu mengidentifikasi imajinasi (pengalaman
indrawi) dalam puisi.
|
Mendalami puisi
|
Keindahan puisi
|
PG
|
Disajikan teks
puisi, peserta didik mengidentifikasi
jenis imajinasi dalam puisi
|
43
|
A
|
C1
|
Siswa mampu mengidentifikasi
intonasi dalam puisi.
|
Mendalami puisi
|
Keindahan puisi
|
PG
|
Disajikan teks puisi, peserta didik
mengidentifikasi intonasi dalam puisi
|
44
|
C
|
C3
|
|
Siswa mampu mengidentifikasi intonasi dalam puisi.
|
Mendalami puisi
|
Keindahan puisi
|
PG
|
Disajikan teks
puisi, peserta didik mengidentifikasi
intonasi yang tepat dalam puisi
|
49
|
E
|
C3
|
|
Siswa mampu menganalisis ilustrasi yang sesuai
dengan puisi.
|
Mendalami puisi
|
Keindahan puisi
|
PG
|
Disajikan teks bacaan, peserta didik menganalisis ilustrasi
dan suasana yang sesuai mengenai puisi.
|
50
|
A
|
C1
|
KETERANGAN
C1: SUKAR
C2: MENENGAH
C3: MUDAH
PEDOMAN PENSKORAN
UAS BAHASA
INDONESIA
KELAS: X
SMA NEGERI 8
SINGKAWANG TAHUN 2018/2019
NO
|
BAB
|
KD
|
JUMLAH BUTIR SOAL
|
NO BUTIR SOAL
|
RUMUS
|
SKOR
|
1
|
I. TEKS NEGOSIASI
|
3.10
|
8
|
1, 3, 5, 9, 13, 14, 15, 16
|
|
8 =100
7 =87,5
6 =75
5 =62,5
4 =50
3 =37,5
2 =25
1 =12,5
|
|
|
3.11
|
10
|
2,4,6,7,8,10,11,12,17,18
|
|
10 = 100
9=90
8=80
7=70
6=60
5=50
4=40
3=30
2=20
1=10
|
|
2. ESENSI DEBAT
|
3.12
|
4
|
19, 20, 21, 28
|
|
4=100
3=75
2=50
1=25
|
|
|
3.13
|
6
|
22, 23, 24, 25, 26, 27
|
|
6=100
5=83,3
4=66,67
3=50
2=33,3
1=16,6
|
|
3. BIOGRAFI
|
3.14
|
6
|
29, 30, 31, 32, 33, 34
|
|
6=100
5=83,3
4=66,67
3=50
2=33,3
1=16,6
|
|
|
3.15
|
2
|
35, 36
|
|
2=100
1=50
|
|
4. PUISI
|
3.16
|
10
|
37, 38, 42, 45, 39, 40, 41,
46, 47, 48
|
|
10 = 100
9=90
8=80
7=70
6=60
5=50
4=40
3=30
2=20
1=10
|
|
|
3.17
|
4
|
43, 44, 49, 50
|
|
4=100
3=75
2=50
1=25
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar